Agar Bangun Subuh dengan Segar, Ini Amalannya

Rabu, 17 Juni 2020 - 16:33 WIB
loading...
Agar Bangun Subuh dengan Segar, Ini Amalannya
Keutamaan bangun dan Salat Subuh berjamaah salah satunya mendapat jaminan dan perlindungan Allah Taala. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Beratnya untuk bangun Subuh merupakan persoalan serius bagi umat Islam masa kini. Padahal, banyak dalil yang menganjurkan untuk bangun dan mendirikan salat Subuh berjamaah di masjid.

Di antara keutamaan salat Subuh di masjid adalah sebagaimana sabda Rasulullah SAW : "Orang yang melakukan shalat shubuh, maka dia berada di dalam perlindungan Allah”. (HR Muslim). (Baca Juga: 7 Keutamaan Salat Shubuh Berjamaah di Masjid )

Beliau juga bersabda: "Orang yang ikut salat Isya (berjamaah), seolah-olah telah salat setengah malam. Orang yang ikut salat Subuh (berjamaah), seolah-olah dia telah melaksanakan salat sepanjang malam (qiyamullail). (HR Muslim)

Masih banyak lagi keutamaan terkait salat Subuh berjamaah. Mengapa harus bangun di waktu Subuh? Setidaknya dua alasan, pertama karena adanya ketentuan syariat (kewajiban) untuk mendirikan salat Subuh. Kedua, waktu Subuh adalah waktu yang diberkahi Allah Ta'ala. Tidur di waktu Subuh akan menghalangi rezeki, karena waktu shubuh adalah waktu dibagikannya rezeki.[Baca Juga: Inilah Hadis-hadis yang Membangkitkan Semangat Mencari Rezeki (1) ]

Cara Agar Bangun Subuh dengan Segar
Berikut tips dan cara agar bangun Subuh dengan segar sebagaimana pernah disampaikan Al-Habib Munzir Al-Musawa (pengasuh Majelis Rasulullah SAW ).

1. Hindari makan malam semampunya, atau kurangi, dan siapkan alarm.
2. Jika anda tidak makan malam kecuali makanan ringan seperti buah-buahan sedikit saja.
3. Tidur dengan zikir: Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, Allahu Akbar 33 kali. Diakhiri Laa ilaaha illallahu wahdahu Laa Syariika lah, lahul mulku walahul hamd, yuhyi wayumiit, wahuwa ala kulli syayin qadiir 1 kali.
4. Tetap menyiapkan alarm.
5. Berdoa.

Siapa yang mengamalkannya insya Allah akan bangun subuh dengan segar, tentunya berkat pertolongan Allah Ta'ala.
(Baca Juga: Belajar Mencintai Salat Tahajjud )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3734 seconds (10.101#12.26)