Abu Regal, Kaum Tsamud yang Selamat dari Azab karena Bersembunyi di Wilayah Haram

Rabu, 16 Februari 2022 - 05:15 WIB
loading...
Abu Regal, Kaum Tsamud yang Selamat dari Azab karena Bersembunyi di Wilayah Haram
Madain Shaleh, peninggalan kaum Tsamud (Foto/Ilustrasi: Arab News)
A A A
Abu Regal atau Abu Tsaqif adalah seorang dari Kaum Tsamud. Ia selamat dari azab Allah Taala yang menimpa kaumnya karena ia berlari dan bersembunyi di wilayah Haram (sekarang Masjidil Haram ). Hanya saja, begitu ia keluar dari wilayah suci itu, ia langsung tewas terkena azab yang sama.



Kisah ini disampaikan dalam beberapa hadits Rasulllah SAW. Ibnu Katsir dalam "Qashash al-Anbiya" menyebut hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Jabir:

Ketika Rasulullah SAW lewat di daerah Hijr, beliau bersabda, “Janganlah kalian meminta mukjizat, sebab kaum Nabi Shaleh pernah memintanya, dan dikeluarkanlah seekor unta dari tebing ini, namun kaum itu melanggar perintah Tuhan mereka dengan menyembelihnya.

Unta itu meminum persediaan air mereka dalam satu hari dan sebagai gantinya kaum itu dapat meminum persediaan susu unta itu dalam satu hari, namun mereka tetap membunuhnya, maka mereka pun diazab dengan suara yang menggelegar dari atas langit, hingga mereka semua binasa kecuali satu orang yang bersembunyi di dalam wilayah Haram (sekarang Masjidil Haram).”

Lalu para sahabat bertanya, “Siapakah orang itu wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab, “Ia adalah Abu Regal. Namun setelah ia keluar dari wilayah Haram ia juga dikenakan azab yang sama dengan azab yang dijatuhkan kepada kaumnya.”

Menurut Ibnu Katsir, sanad hadits ini shahih, namun tidak ada satupun dari Kutub AsSittah (kitab enam para imam hadits, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah) yang menyebutkannya dalam kitab mereka." Wallahu a'lam.

Diriwayatkan pula suatu hari Nabi SAW lewat di makam Abu Regal, lalu beliau berkata, “Apakah kalian tahu makam siapa ini?”

Para sahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya tentu lebih tahu.”

Lalu Nabi menerangkan, “Ini adalah makam Abu Regal, salah seorang dari kaum Tsamud. Dahulu (ketika diturunkannya azab kepada kaum Tsamud) ia bersembunyi di wilayah Haram, hingga ia terhindar dari dari azab tersebut, namun ketika ia keluar dari sana maka ia pun mendapatkan azab yang sama dengan azab yang dijatuhkan kepada kaumnya, lalu ia dikebumikan di sini, dan dikubur juga bersamanya sebongkah emas.”

Maka para sahabat pun berlomba-lomba menggali makam itu dengan pedang mereka untuk mencari emas tersebut, dan akhirnya mereka benar-benar menemukan emas itu di sana.

Abdurrazzaq setelah meriwayatkan hadits ini berkata, “Ma'mar menyampaikan bahwa Az-Zuhri mengatakan, “Abu Regal itu adalah Abu Tsaqif. hadits dengan sanad ini adalah hadits mursal.”



Lalu Abdurrazzaq melanjutkan, “Ada riwayat lain yang serupa dengan sanad yang berbeda, seperti disebutkan oleh Muhammad bin Ishaq dalam kitab sirahnya, dari Ismail bin Umayyah, dari Bujair bin Abi Bujair, dari Abdullah bin Umar, ia berkata:

Ketika kami bersama Rasulullah menuju Kota Thaif dan lewat di sebuah makam, aku mendengar beliau bersabda, “Sesungguhnya ini adalah makam Abu Regal, alias Abu Tsaqif, dan ia adalah salah seorang dari kaum Tsamud.

Wilayah Haram mencegahnya dari azab ketika itu, namun ketika ia keluar dari wilayah Haram maka ia pun mendapatkan azab yang sama dengan azab yang ditimpakan kepada kaumnya di tempat ini, lalu ia dikuburkan di sini. Bukti bahwa ia dikuburkan di sini adalah sebongkah emas yang dikuburkan bersamanya.

Apabila kalian menggalinya maka kalian akan menemukan emas itu. Maka para sahabat berlomba-lomba menggali makam tersebut dan mengeluarkan emas tersebut.

Riwayat inilah yang disebutkan oleh Abu Dawud, melalui Muhammad bin Ishaq, dan para perawi lainnya seperti sanad di atas."

Ibnu Katsir mengatakan hadits tersebut hanya diriwayatkan melalui Bujair bin Abi Bujair, dan ia tidak dikenali kecuali dari hadits itu, dan ia juga tidak diambil periwayatannya kecuali oleh Ismail bin Umayyah.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)