Inilah Perbuatan yang Mendatangkan Ridha Allah Ta'ala

Senin, 15 Juni 2020 - 14:29 WIB
loading...
Inilah Perbuatan yang Mendatangkan Ridha Allah Taala
Dai yang juga Founder Syameela Ustaz Oemar Mita. Foto/istimewa
A A A
Banyak cara untuk meraih ridha Allah Ta'ala, salah satunya dengan menepis keinginan dan nafsu . Terkadang Allah Ta'ala meridhai seseorang bukan karena ritual ibadahnya, tetapi karena pengorbanannya untuk orang lain.

"Sebuah ketaatan harganya menjadi melambung di sisi Allah Ta'ala ketika ketaatan itu berbanding lurus dengan pengorbanan keinginan diri dan perasaan jiwa," kata Dai yang juga Founder Syameela Ustaz Oemar Mita dalam akun IG-nya @oemar_mita belum lama ini. ( )

Adapun pengorbanan yang mendatangkan ridha Allah bisa kita lihat dari kisah nyata orang-orang mulia di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Mereka rela menahan keinginan mereka demi untuk meraih ridha Allah Ta'ala.

Di antaranya, seorang sahabat Nabi membuat Allah tersenyum ketika ia menjamu tamu. Padahal ia tak punya makanan apapun kecuali untuk keluarganya. Maka keluarganya ditidurkan dalam kondisi lapar supaya ia bisa menjamu tamu tersebut. Sahabat itu mematikan lampu rumahnya supaya tamunya tak menyadari kalau pemilik rumah tidak makan apapun. Ia merelakan keinginan untuk makan malam, maka Allah pun tersenyum.

Ummul Mukminin Sayyidah Khodijah radhiyallahu'anha merelakan rumahnya ramai setiap waktu. Beliau merelakan zona nyamannya hilang karena khidmat beliau kepada Rasulullah , sang suami. Maka Allah pun menitipkan salam dan membangunkan rumah di surga dan mensifatinya dengan kata hening, membayar kontan keriuhan di waktu hidup. (Baca Juga: Inilah Dosa yang Dianggap Biasa di Zaman Sekarang)

Selain itu, ada seorang yang selalu memberikan air susu kepada ibu bapaknya setiap malam. Lalu pada satu malam ia terlambat pulang dan mendapati bapak ibunya tertidur. Ia pun menahan keinginan untuk tidak memberikan air susu kecuali kepada ibu bapaknya dahulu walaupun anak-anaknya merengek semalaman, dan Allah pun meridhai yang ia perbuat.

"Terkadang ketaatan, Allah hadirkan dalam teras kehidupan kita head to head dengan semua kenyamanan dan keinginan hati kita, karena sejatinya ingin menaikkan nilai tukarnya dengan surga seluas langit dan bumi," demikian pesan Ustaz Oemar Mita. (Baca Juga: Siapakah Muslim yang Paling Baik? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)