Doa Sholat Tahajud dan Waktu Mustajab Mengerjakannya

loading...
Doa Sholat Tahajud dan Waktu Mustajab Mengerjakannya
Sholat yang paling afdhol (utama) setelah sholat fardhu ialah sholat Tahajud. Foto/dok pecihitam
Doa sholat Tahajud dibaca setelah selesai membaca wirid dan zikir. Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sholat sunnah yang memiliki keutamaan besar.

Sholat Tahajud ini dikerjakan malam hari atau lebih utama sepertiga malam terakhir dengan minimal 2 rakaat sholat. Salah satu keutamaan sholat Tahajud disampaikan Allah melalui firman-Nya:

إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا

Artinya: "Sungguh, bangun di waktu malam itu lebih kuat (Mengisi jiwa) dan (bacaan di waktu itu) lebih berkesan.” (QS. Al-Muzzammil: 6)

Baca Juga: Perbedaan Antara Qiyamullail dan Tahajud

Niat Sholat Tahajud
Berikut bacaan niat dari Sholat Tahajud:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal tahajjudi rak'ataini lillahi ta'alaa.
Artinya: "Aku niat sholat sunnah Tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta'ala."

Doa Setelah Sholat Tahajud:

Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqqun wan-nabiyyuna haqqu wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallam haqqu wassaa’atu haqqun.

Allahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wabika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wamaa asrartu wamaa a’lantu wamaa anta a’lamu bihi minni. antal muqaddimu wa antal muakhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya:
Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagiMu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagiMu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagiMu segala puji, Engkau Maha benar, janjiMu adalah benar, pertemuan denganMu adalah benar, ucapanMu adalah benar, surga adalah benar (ada), neraka adalah benar (ada), para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar (ada).

Ya Allah, hanya kepadaMu aku berserah diri, kepadaMu aku beriman, kepadaMu aku bertawakal, hanya kepadaMu aku kembali (bertaubat), kepadaMu aku mengadu, dan kepadaMu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Waktu Mustajab Mengerjakan Sholat Tahajud
Beberapa waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan sholat Tahajud, di antaranya:

1. Sepertiga Malam Pertama
Waktu pertama yang dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud adalah sepertiga malam pertama. Sepertiga malam pertama adalah waktu yang berkisar antara setelah sholat Isya hingga pukul 22.00 atau jam 10 malam.

2. Sepertiga Malam Kedua
Waktu berikutnya yang dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud adalah sepertiga malam kedua. Sepertiga malam kedua merupakan waktu yang berkisar antara pukul 22.00 sampai 01.00 dinihari.

3. Sepertiga Malam Terakhir
Waktu yang paling dianjurkan dan banyak disebut waktu mustajab untuk mengerjakan sholat Tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir. Waktu sepertiga malam terakhir adalah rentang waktu antara pukul 01.00 hingga memasuki waktu Subuh.

Salah satu anjuran mengerjakan sholat tahajud pada sepertiga malam terakhir terdapat pada Hadits Riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim berikut:

"Setiap malam, Allah 'azza wa Jalla turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Dia (Allah) berkata, 'Adakah hambaKu yang meminta sehingga pasti akan Kuberikan apa yang dia minta? Adakah hambaKu yang berdoa hingga pasti Ku kabulkan doanya? Adakah hambaKu yang beristighfar sehingga Ku ampuni segala dosanya?"

Baca Juga: Doa Sholat Tahajud Lengkap Arab dan Artinya
(rhs)
preload video