2 Kegembiraan Bagi Orang yang Berpuasa

Selasa, 22 Maret 2022 - 15:12 WIB
loading...
2 Kegembiraan Bagi Orang yang Berpuasa
Berbuka puasa termasuk salah satu kegembiraan bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Foto/Ist
A A A
Bulan Ramadhan 2022 segera tiba, sepatutnya kita menyambut tamu agung ini dengan hati gembira. Ada dua kegembiraan yang diperoleh orang yang berpuasa.

Dalam Kitab An-Nashoihud Diniyah karya Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad (wafat 1132 H) diterangkan, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda (dari Allah Ta'ala): "Setiap amal anak Adam dibalas kebaikannya sepuluh kali lipat, kecuali puasa. Karena puasa itu untukKu dan aku yang membalasnya. Ia tinggalkan makanan dan minuman serta syahwatnya demi aku."



Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Orang yang berpuasa mendapatkan dua kegembiraan. Satu kegembiraan ketika berbuka dan satu kegembiraan ketika ia berjumpa Tuhannya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau misik."

Renungkanlah perkataan Allah Ta'ala: "Kecuali puasa. Karena puasa itu untukKu dan Aku yang membalasnya." Renungkan pula bau mulut orang yang puasa lebih harum di sisi Allah daripada bau misik yang mencapai kedudukan ini.

قلت: ومن أجل فضل هذا الخُلُوف ومكانته عند الله تعالى كره الاستياك للصائم بعد الزوال حتى يفطر، لأن السواك يزيله أو يخففه. وقال عليه الصلاة والسلام في فضل الصوم: ((للجنة باب يقال له الريَّان لا يدخله إلا الصائمون، فإذا دخلوا منه أغلق)).

"Bau mulut ini mempunyai keutamaan dan kedudukan di sisi Allah Ta'ala, maka tidaklah disukai bila orang yang puasa bersiwak susudah matahari tergelincir hingga ia berbuka, karena siwak itu menghilangkan atau menguranginya. Nabi bersabda mengenai keutamaan puasa: "Surga mempunyai sebuah puntu bernama Ar-Rayyan. Tidak ada yang memasukinya, kecuali orang-orang yang puasa. Apabila mereka susah masuk di situ, pintu itu ditutup."

وقال عليه الصلاة والسلام :((الصوم نصف الصبر .ولكل شيء زكاة، وزكاة الجسد الصوم)). وقال عليه الصلاة والسلام :((الصوم جنة وحصن حصين من النار )).

Nabi juga bersabda: " Puasa itu separuh kesabaran." "Setiap sesuatu mempunyai zakat, dan zakat tubuh adalah puasa. Nabi bersabda: "Puasa itu perisai dan benteng yang kokoh sebagai pelindung dari api neraka."

Demikian besarnya keutamaan orang yang bepuasa di sisi Allah. Sebenarnya masih banyak fadhillah lain yang didapat dari ibadah puasa. Semoga Allah menyampaikan kita ke bulan Ramadhan tahun ini.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)