Kisah Sayyidina Ali Bersedekah 6 Dirham Dibalas Kontan 300 Dirham

Jum'at, 25 Maret 2022 - 05:15 WIB
loading...
A A A
"Hai putri Rasulullah! Aku membeli unta dengan membayar belakangan dengan harga 100 Dirham. Kemudian aku menjual unta itu dengan harga 300 Dirham dan dibayar kontan," jelas Ali.

"Sungguh kamu diberi taufik," lanjut Fathimah.

Setelah itu, Ali keluar hendak menemui Rasulullah SAW. Ketika ia sampai di pintu masjid, Rasulullah melihatnya dan tersenyum kepadanya. Ketika saling berhadapan, beliau berkata: "Hai bapak Hasan! Akankah kamu yang bercerita kepadaku atau aku yang bercerita kepadamu?"

"Anda yang bercerita kepadaku wahai Rasulullah!" jawab Ali.

Rasulullah bertanya: "Hai bapak Hasan! Apakah kamu mengenal orang Baduwi yang menjual unta kepadamu dan orang Baduwi yang membeli unta darimu?" "Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu," jawab Ali.

Rasulullah menjelaskan: "Beruntung sekali kamu hai Ali! Kamu mengutangi Allah 6 Dirham. Kemudian Allah memberimu 300 Dirham sebagai ganti dari masing-masing 6 Dirham adalah 50 Dirham. Baduwi yang pertama itu adalah Malikat Jibril 'alaihissalam dan Baduwi yang kedua adalah Isrofil 'alaihissalam."

Dalam riwayat lain disebutkan "Baduwi yang kedua adalah Mikail 'alaihissalam."

Demikian kisah Ali yang sangat mengagumkam dan membuat Rasulullah SAW bangga padanya. Inilah keutamaan orang yang suka bersedekah. Barang siapa yang meminjami atau menginfakkan hartanya di jalan Allah dengan pinjaman yang baik disertai niat yang ikhlas, maka Allah melipatgandakan ganti atau balasan yang berlipat kepadanya.

مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يُقۡرِضُ اللّٰهَ قَرۡضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗۤ اَضۡعَافًا کَثِيۡرَةً 

Artinya: "Barang siapa mengutangi Allah dengan utang yang baik maka Allah akan melipatgandakan ganti yang banyak baginya..." (QS Al-Baqarah Ayat 245)

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)