Bacaan Surat Pendek Sholat Witir 3 Rakaat

Jum'at, 01 April 2022 - 15:52 WIB
loading...
Bacaan Surat Pendek Sholat Witir 3 Rakaat
Bacaan surat pendek sholat witir 3 rakaat dicontohkan Rasulullah SAW. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Bacaan surat pendek sholat witir 3 rakaat yang dicontohkan Rasulullah SAW bisa disimak dari sejumlah hadis. Rasulullah SAW memang membaca surat-surat tertentu ketika sholat witir, akan tetapi ini hukumnya tidak wajib. Dan kita boleh membaca surat apa saja yang mudah bagi kita.



Laman Konsultasi Syariah melansir di antara surat yang disunnahkan dibaca:

1. Jika sholat witirnya 3 rakaat, membaca surat Al-A’laa pada rakaat pertama, surat Al-Kafirun pada rakaat kedua, surat Al-Ikhlas pada rakaat ketiga.

عن أبي بن كعب قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يوتر بسبح اسم ربك الأعلى وقل يا أيها الكافرون وقل هو الله أحد

“Dari ‘Ubay bin Ka’ab beliau berkata: Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sholat witir dengan membaca (Sabbihismarabbikal a’laa),dan (Qul yaa ayyuhal kafirun), dan (Qul huwallahu ahad).” (HR An-Nasai’y dan Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syeikh Al-Albany)



2. Atau Membaca surat Al-A’laa pada rakaat pertama, surat Al-Kafirun pada rakaat kedua, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas pada rakaat ketiga. Hal ini berdasar hadis:

عن عبد العزيز بن جريج قال: سألنا عائشة بأي شيء كان يوتر رسول الله صلى الله عليه و سلم ؟ قالت كان يقرأ في الركعة الأولى بسبح اسم ربك الأعلى . وفي الثانية قل يا أيها الكافرون . وفي الثالثة قل هو الله أحد والمعوذتين

“Dari Abdul Aziz bin Juraij beliau berkata: Kami bertanya kepada ‘Aisyah: Dengan apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sholat witir? Maka ‘Aisyah menjawab: Beliau membaca (sabbihismarabbikal a’la) pada rakaat pertama, dan (qul yaa ayyuhal kafirun) ada rakaat yang kedua, dan (qul huwallahu ahad) serta (al mu’awwidzatain/al-falaq dan An-Naas) pada rakaat yang ketiga.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzy, Ibnu Majah, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany)



3. Ketika sholat witir satu rakaat , membaca seratus ayat dari surat An-Nisa

عن أبي مجلز أن أبا موسى كان بين مكة والمدينة فصلى العشاء ركعتين ثم قام فصلى ركعة أوتر بها فقرأ فيها بمائة آية من النساء ثم قال ما ألوت أن أضع قدمي حيث وضع رسول الله صلى الله عليه و سلم قدميه وأنا أقرأ بما قرأ به رسول الله صلى الله عليه و سلم

“Dari Abu Majliz bahwasanya Abu Musa Al-Asy’ary berada di antara Mekkah dan Madinah, kemudian beliau sholat isya 2 rakaat, setelah itu sholat witir satu rakaat, membaca 100 ayat dari surat An-nisa, kemudian beliau mengatakan: Aku tidak akan meninggalkan untuk meletakkan kedua kakiku di tempat Rasulullah SAW meletakkan kedua kakinya, dan aku membaca apa yang dibaca Rasulullah SAW.” (HR. An-nasa’I, dan dishahihkan oleh Syeikh Al-Albany)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2996 seconds (0.1#10.140)