5 Keutamaan Sholat Tahajud Bagi Umat Muslim

Selasa, 12 April 2022 - 21:56 WIB
loading...
5 Keutamaan Sholat Tahajud Bagi Umat Muslim
Walaupun hukumnya sunnah, sholat Tahajud pada sepertiga malam memiliki keutamaan yang sangat mulia. Foto/ist
A A A
Ali Bastoni
Ketua Ramadhan 1443 H Dompet Dhuafa

Sebenarnya ada banyak keutamaan sholat tahajud. Walaupun bernilai sunnah, tapi sholat di malam hari setelah tidur ini sangat dianjurkan.

Hal ini juga disampaikan dalam Surat Al-Isra Ayat 79:

وَمِنَ الَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ‌ۖ عَسٰۤى اَنۡ يَّبۡعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا‏

Artinya: "Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Menurut tafsir Kementerian Agama, ayat ini bermakna bahwa Rasulullah SAW dan umat Islam diperintahkan untuk bangun di malam hari dan sholat menghadap Allah. Malam hari adalah waktu yang pas untuk merenung, mengevaluasi diri, dan mendekatkan diri kepada Allah.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW juga menyandingkan amalan yang utama dilakukan setelah sedekah, yaitu sholat tahajud. Untuk itulah bisa kita ketahui bahwa Rasulullah tidak pernah lepas untuk melaksanakan shalat di malam hari ini, tepatnya di sepertiga malam.

Berikut Keutamaan Sholat Tahajud:
Bangun di 1/3 malam memang sangat menantang. Tidak semua orang sanggup atau melaksanakannya dengan konsisten. Bagaimana sebenarnya keutamaan dari melaksanakan shalat tahajud itu sendiri bagi seorang muslim? Berikut keutamaannya:

1. Menjalankan Tradisi Orang-orang Shaleh
Sholat tahajud adalah kebiasaan bagi orang-orang shaleh. Mereka melakukannya secara konsisten untuk menghapus dosa, mencegah berbagai penyakit, dan mencegah perbuatan dosa. Diketahui juga bahwa bangun di sepertiga malam memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh, asalkan sebelumnya kita sudah tidur dengan cukup.

"Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shaleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit tubuh." (HR Tirmidzi)

2. Mendapatkan Keridhoan Allah
Orang-orang yang melaksanakan tahajud, mereka akan mendapatkan keridhoan Allah. Hatinya lebih tenang dan damai karena hidupnya bergantung kepada Allah. Seperti yang disampaikan oleh hadits berikut.

"Tiga orang yang diridhoi Allah yaitu orang yang pada tengah malam bangun dan sholat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk sholat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah." (HR Abu Ya’la)

3. Diampuni Dosa dan Dikabulkan Doanya
Dalam Hadis diterangkan: "Pada tiap malam, Tuhan Kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman: "Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Kuperkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepadaKu, akan Kuperkenankan permintaannya. Dan barangsiapa yang meminta ampunan kepadaKu, Aku ampuni dia". (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Hadis di atas juga menunjukkan bahwa sholat tahajud memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Islam. Siapa yang tidak ingin diampuni dosanya, dikabulkan permintaannya, dan diberikan keridhoan oleh Allah?

4. Masuk Surga dengan Damai
Dalam sebuah hadis disampaikan: "Dirikanlah sholat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian." (HR. Ahmad, Ibnu HIbban, dan Hakim).

Untuk itu, orang yang tahajud, tentu akan berpeluang dirinya masuk ke dalam surga. Hal ini karena mereka menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulullah SAW.

5. Memacu Imunitas dan Meredakan Stres
Shalat tahajud juga dapat meningkatkan respons ketahanan tubuh seperti disampaikan dalam buku Terapi Shalat Tahajud karya Dr Moh Sholeh. Dengan mengamalkan shalat tahajud, mampu menurunkan respons sekresi hormon kortisol. Dengan begitu daya tahan tubuh bisa lebih kuat dan meredakan tingkat stres.

Baca Juga: Tidak Sholat Karena Ketiduran, Bagaimana Hukumnya?
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2847 seconds (11.97#12.26)