Dzikir Pendek Penghapus Dosa dan Dijauhkan dari Bencana

loading...
Dzikir Pendek Penghapus Dosa dan Dijauhkan dari Bencana
Umat muslim dapat mengisi hari-hari terakhir Ramadhan ini dengan memperbanyak dzikir dan doa. Foto/Ist
Tak terasa bulan Ramadhan telah memasuki malam ke-25 bertepatan dengan Selasa malam (26/4/2022). Hendaknya umat muslim memperbanyak amal saleh dan menghidupkan dzikir pada hari-hari terakhir ini.

Ada beberapa dzikir pendek namun fadilahnya dapat menghapus dosa dan dijauhkan dari bencana. Zikir ini merupakan anjuran Rasulullah SAW dan sangat baik dibaca pada bulan Ramadhan.

Lafaz dzikir ini bukan hal yang asing bagi umat muslim karena sering dibaca setelah sholat fardhu. Namun ada baiknya kita mengetahui keutamaannya.

لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ وَ هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

La ilaha illallahu wahdahu laa syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kuli syai-in qadir.

Artinya: "Tidak ada Tuhan melainkan Allah sendiri-Nya, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya-lah segala kerajaan dan bagiNya lah segala puji-pujian. Dan Dia berkuasa atas segala sesuatu."

Dalam Kitab Al-Adzkar disebutkan bahwa Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa membaca dzikir ini seratus kali sehari, samalah pahala yang diperolehnya dengan memerdekakan sepuluh orang budak dan dituliskan baginya seratus kebaikan dan dihapuskan daripadanya seratus kejahatan. Dan dzikir ini seolah-olah menjadi benteng baginya sepanjang hari itu."

Dzikir selanjutnya yaitu:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ

Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar.

Artinya: "Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, Tiada tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar."

Menurut sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa membaca dzikir ini, terpeliharalah dia dari segala bencana."

Itulah dzikir yang bisa kita amalkan pada hari-hari terakhir Ramadhan ini dengan harapan Allah berkenan mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Aamiin!

Baca Juga: Doa dan Dzikir Malam Lailatul Qadar Lengkap Arab dan Latin
(rhs)
preload video