Doa Tawakkal Dibaca Pagi Hari Sebelum Memulai Aktivitas

loading...
Doa Tawakkal Dibaca Pagi Hari Sebelum Memulai Aktivitas
Umat muslim diperintahkan berdoa kepada Allah memohon kebaikan sebelum memulai aktivitas pada pagi hari. Foto ilustrasi/Ist
Kebanyakan manusia mengandalkan urusannya kepada dirinya, kepintarannya dan amal perbuatannya. Lupa bahwa dunia dan seisinya ada dalam genggaman Allah 'Azza wa Jalla. Karena itu, umat muslim diperintahkan untuk tawakkal (berserah diri penuh kepada Allah).

Berikut doa tawakkal Imam Abu Al-Hasan Asy-Syadzili (wafat 656 H) yang dapat kita amalkan sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Doa Imam Abul Hasan Asy-Syadzili ini disebutkan dalam Kitab Syarh Al-Hikam.

Imam Abul Hasan Syadzili, ulama pendiri tarekat Syadziliyyah dan seorang wali agung yang namanya selalu disandingkan dengan Syekh Abdul Qadir Al-Jilani. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki derajat kewalian yang sama.

Berikut Doanya:

اَللَّهُمَّ اِنَّ الأَمْرَ عِنْدَكَ وَهُوَ مَحْجُوْبٌ عَنِّىْ وَلاَ اَعْلَمُ َمْرًا اَخْتَارُهُ لِنَفْسِىْ فَكُنْ اَنْتَ الْمُخْتَارُ لِى وَاحْمِلْنِىْ فِى اَجْمَلِ الأُمُوْرِعِنْدَكَ وَاحْمَدِهَا عَاقِبَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ


Allohumma innal-amro 'indaka wa Huwa mahjuubun 'annii walaa a'lamu Amron akhtaa-ruhu linafsii fakun antal-mukhtaarulii, wah-milnii fii-ajmalil umuuri 'indaka wahmadihaa 'Aa-qibatan fiddiini waddun-ya wal Aakhiroh, innaka 'Alaa kulli Syai'in Qodiir.

Artinya: "Ya Allah, sungguh segala sesuatu ada di tangan-Mu, dan tertutup dari padaku, dan aku tidak mengetahui apa yang harus aku pilih untuk diriku, maka pilihkanlah apa yang baik bagiku, dan bawalah aku dalam hal yang amat baik serta terpuji akibatnya dalam agama, dunia dan akhirat, sesungguhnnya Engkau berkuasa atas segalasesuatu."

Baca Juga: Doa yang Diajarkan Nabi Agar Tetap Tawakkal
(rhs)
preload video