Bacaan Sholawat Ibrahimiyah dan Keutamaannya

Rabu, 18 Mei 2022 - 19:42 WIB
loading...
Bacaan Sholawat Ibrahimiyah dan Keutamaannya
Sholawat Ibrahimiyah adalah sholawat yang paling sempurna shighatnya dibanding sholawat-sholawat lain. Foto/Ist
A A A
Setiap muslim pasti mengenal dan bahkan hafal sholawat yang satu ini. Sholawat ini selalu dibaca pada saat duduk tasyahud di dalam sholat. Sholawat yang dibaca saat sholat ini dinamakan sholawat Ibrahimiyah.

Dilansir dari NU Online, Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani mengatakan Sholawat Ibrahimiyah adalah shalawat paling sempurna shighatnya dibanding sholawat-sholawat yang lain, baik yang ma'tsurah (diriwayatkan dari Nabi) maupun yang tidak ma'tsurah.

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma sholli 'alaa Muhammadin wa’alaa Aali Muhammadin, Kamaa shallaita ‘alaa Ibraahiima wa’alaa Aali Ibrahiima, wa Baarik ‘alaa Muhammadin wa 'alaa Aali Muhammadin, Kamaa Baarakta ‘alaa Ibraahima wa ‘alaa Aali Ibraahima, Fil 'Aalamiina innaka hamiidun Majiidun.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung."

Sebagai umat Islam memang diperintahkan untuk membaca sholawat. Perintah untuk membaca sholawat sendiri ada dalam ayat Al-Qur'an: "Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (QS. Al Ahzab: Ayat 56)

Keutamaan Sholawat Ibrahimiyah
Rasulullah SAW memerintahkan umatnya membaca sholawat Ibrahimiyah karena dapat mendatangkan syafaat di hari kiamat. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya:

"Barangsiapa yang membaca sholawat ini (sholawat Ibrahimiyah), maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksianku, dan aku akan memberi syafaat baginya." (HR Al-Bukhari)

Selain mendapatkan syafaat di hari kiamat, Allah akan menghapus 10 kesalahan dan mengangkat derajat hamba-Nya yang membaca sholawat. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat." (HR. An-Nasa'i)

Selain keutamaan di atas, sholawat juga dapat menenangkan hati dan pikiran. Bahkan dapat mempermudah dikabulkannya doa dan hajat-hajat kita.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)