Inilah Keutamaan dan Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Rabu, 25 Mei 2022 - 23:48 WIB
loading...
Inilah Keutamaan dan Manfaat Wudhu Sebelum Tidur
Wudhu tidak hanya disyariatkan untuk sholat saja, tetapi juga dianjurkan ketika hendak tidur. Foto/ist
A A A
Wudhu merupakan amalan yang tidak dapat dipisah dari aktivitas seorang muslim. Wudhu tidak hanya disyariatkan untuk sholat saja, tetapi juga dianjurkan ketika hendak tidur.

Ada banyak keutamaan dan manfaat wudhu sebelum tidur. Berikut keutamaan dan manfaat wudhu sebelum tidur:

1. Didoakan Malaikat
Keutamaan dan manfaat wudhu sebelum tidur yang pertama adalah didoakan Malaikat. Hal ini dijelaskan dalam Hadits berikut: "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka Malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga Malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.' (HR Ibnu Hibban 3/329)

2. Mengangkat Derajat di Sisi Allah
Dengan berwudhu sebelum tidur kita akan mengangkat derajat seseorang di sisi Allah. Rasulullah SAW pernah bersabda: "Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya. Para sahabat berkata: 'Tentu, wahai Rasulullah.' Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wassallam bersabda: 'Menyempurnakan wudhu walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu sholat setelah sholat, maka itulah yang disebut dengan ar-Ribath." (HR Muslim)

3. Menghilangkan Dosa-dosa
Keutamaan dan manfaat berwudhu sebelum tidur selanjutnya dapat menghilangkan dosa. Berikut sabda Nabi yang artinya: "Apabila seorang Muslim atau mukmin berwudhu kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu atau bersama tetesan akhir air wudhu, hingga ia selesai dari wudhunya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa." (HR Muslim Nomor 244)

4. Mempermudah Dikabulkannya Doa
Berwudhu juga memiliki keutamaan dapat mempermudah terkabulnya doa dan permintaan. Salah satunya harus menjaga kesucian karena Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Dalam riwayat sahabat Mu;adz bin Jabal, Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seorang Muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya."

Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur
Berwudhu sebelum tidur juga memiliki beberapa manfaat. Dikutip dari NU Online, berwudhu yang baik dan sempurna dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Alasannya, orang yang berwudhu secara otomatis pasti membersihkan anggota tubuh dan kulitnya.

Ia selalu menjaga kebersihan hidungnya (dengan istinsyaq), tangannya, wajahnya, hingga kedua kakinya. Berwudhu yang benar juga bisa mencegah kanker kulit. Setiap hari orang pasti bersentuhan dengan banyak elemen, termasuk bahan-bahan kimia. Dengan berwudhu, maka bahan kimia yang menempel di kulit tersebut akan larut dan hilang.

Sarjana-sarjana luar negeri juga banyak yang meneliti tentang manfaat wudhu. Salah satunya adalah psikiater dan neurolog berkebangsaan Austria, Leopold Werner von Ehrenfels. Berdasarkan hasil penelitiannya, Von Ehrenfels mengatakan bahwa berwudhu menjadikan tubuh selalu sehat. Air wudhu merangsang saraf-saraf tubuh manusia. Hasilnya, tubuh orang yang sering berwudhu selalu sehat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)