Bacaan Niat Puasa Sunnah Dzulqa'dah Lengkap Arab dan Latin

Selasa, 31 Mei 2022 - 20:16 WIB
loading...
Bacaan Niat Puasa Sunnah Dzulqadah Lengkap Arab dan Latin
Rasulullah SAW memerintahkan umatnya mengisi bulan-bulan haram dengan puasa sunnah dan amal saleh. Foto/dok SINDOnews
A A A
Malam ini kita memasuki awal bulan Dzulqa'dah 1443 Hijriyah menurut kalender Islamic Global. Bagi yang ingin menunaikan puasa sunnah Dzulqa'dah besok hari, berikut bacaan niat lengkap Arab dan latinnya.

Dzulqa'dah adalah bulan ke-11 dalam kalender Islam yang termasuk bulan-bulan haram yang dimuliakan Allah. (QS At-Taubah ayat 36)

Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan-bulan haram ini adalah menghidupkan puasa sunnah. Perlu diketahui, tidak ada Nash khusus memerintahkan puasa Dzulqa'dah. Namun, Rasulullah SAW memerintahkan agar umatnya memperbanyak puasa sunnah di bulan-bulan haram.

Dalam satu Hadis Nabi yang diriwayatkan Abu Dawud, dari Mujibah Al-Bahili, dari ayahnya atau pamannya bahwa ia datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kemudian pergi. Kemudian ia datang kepada beliau setelah satu tahun, dan keadaan serta penampilannya telah berubah.

Kemudian ia berkata; wahai Rasulullah , apakah engkau mengenalku? Beliau berkata: "Siapa kamu?" Ia berkata: saya adalah Al-Bahili yang telah datang kepada engkau pada tahun pertama.

Nabi berkata: "Apakah yang telah mengubahmu? Dahulu penampilanmu baik." Ia berkata: saya tidak makan kecuali pada malam hari semenjak saya berpisah dengan engkau. Kemudian Rasulullah bersabda: "Kenapa engkau menyiksa dirimu?"

Kemudian Nabi berkata: "Berpuasalah pada bulan yang penuh kesabaran (Ramadhan), dan satu hari setiap bulan." Ia berkata: tambahkan untukku, karena sesungguhnya saya kuat. Beliau bersabada: "Berpuasalah dua hari!" Ia berkata; tambahkan untukku! Beliau bersabda: "Berpuasalah tiga hari!" Ia berkata; tambahkan untukku! Beliau bersabda: "Berpuasalah sebagian dari bulan haham (Rajab, Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram)." Beliau mengatakannya dengan memberi isyarat menggunakan ketiga jari-jarinya, beliau menggenggamnya kemudian membukanya. (Hadis Sunan Abu Dawud No 2073)

Niat Puasa Sunnah Dzulqa'dah
Niat tempatnya di hati. Mazhab Syafi'i menganjurkan melafazkan niat karena melafazkan niat dapat membantu kekhusuan hati dan mengusir was-was (gangguan setan).

Berikut bacaan niat puasa sunnah Dzulqa'dah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ذُو ٱلْقَعْدَة لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Shauma Ghadin 'an Adaa-i Sunnati Dzulqa'dah Lillahi Ta'ala.

Artinya: "Aku berniat puasa sunnah Dzulqa'dah besok hari karena Allah Taala."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)