Lebih Afdhal Mana, Kurban Sapi Atau Kambing? Ini Penjelasannya

Senin, 13 Juni 2022 - 07:30 WIB
loading...
Lebih Afdhal Mana, Kurban Sapi Atau Kambing? Ini Penjelasannya
Umat Islam perlu mengetahui fiqih berkurban termasuk hewan yang paling afdhol untuk dikurbankan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Umat muslim di Indonesia biasanya berkurban dengan sapi, kambing dan domba. Adapun kurban sapi makimal atas nama 7 orang (kolektif), sedangkan kambing dan domba hanya boleh atas nama 1 orang saja.

Lalu, manakah yang paling afdhal (utama) dari 3 hewan itu untuk dijadikan hewan kurban? Lebih utama yang mana, kurban sapi atau kambing?

Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib dalam bukunya "Fiqih Qurban Perspektif Madzhab Syafi'i".

1. Jika berkurban masing-masing 1 orang (unta atas nama 1 orang, sapi atas nama 1 orang, kambing atas nama 1 orang), maka urutan yang paling afdhal adalah berkurban unta, sapi, domba, baru kemudian kambing.

2. Jika perbandingannya adalah 1 sapi atas nama 7 orang dengan kambing atas nama 1 orang, maka yang afdhal adalah yang berkurban kambing atas nama 1 orang daripada sapi atas nama 7 orang. Hal ini diterangkan Imam an-Nawawi (wafat 676 H) dalam Kitab al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab:

المجموع شرح المهذب (396/ 8(
البدنة ٍأفضل ٍمن ٍالبقرة ٍوالبقرةٍأفضل ٍمن ٍالشاة ٍوالضأن ٍأفضل ٍمنٍ
المعز ٍفجذعة ٍالضأن ٍأفضل ٍمن ٍثنية ٍالمعز. وهذاٍكله ٍمتفق ٍعليهٍ
عندنا. التضحية بشاةٍأفضلٍمنٍالمشاركةٍبسبعٍبدنةٍأوٍبسبعٍبقرةٍ
باالتفاق.ٍ

Artinya: "Kurban unta lebih afdhal daripada sapi, kurban sapi lebih afdhal daripada kambing. Dan domba 1 tahun lebih afdhal daripada kambing 2 tahun, hal ini disepakati para ulama Syafi'iyah. Adapun kurban 1 ekor kambing lebih afdhal daripada kurban 1 ekor unta atau sapi atas nama 7 orang (kolektif)."

3. Jika perbandingannya 1 sapi atas nama 1 orang dengan 7 ekor kambing atas nama 1 orang maka yang afdhal adalah berkurban 7 ekor kambing atas nama 1 orang dari pada 1 sapi atas nama 1 orang.

Sebab, yang dinilai adalah dalam hal menumpahkan darah dari beberapa hewan. Semakin banyak menumpahkan darah dari beberapa hewan maka kurbannya semakin afdhal.

Imam an-Nawawi menyebutkan:

المجموع شرح المهذب )8 /693)
وسبعٍمنٍالغنمٍأفضلٍمنٍبدنةٍأوٍبقرةٍعلىٍأصحٍالوجهينٍلكثرةٍ
إراقةٍالدم.

Artinya: "Kurban dengan 7 ekor kambing lebih afdhal daripada kurban 1 ekor sapi atau unta, disebabkan karena banyaknya jumlah menumpahkan darah hewan (lebih afdhal)." (Al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab, hal 396 jilid 8)

4. Jika perbandingannya 1 kambing gemuk dengan 2 ekor kambing kurus, maka yang afdhal adalah berkurban dengan 1 ekor kambing gemuk.

المجموع شرح المهذب )8 /693)
قالٍالبغويٍوغيره: حتىٍإنٍالتضحيةٍبشاةٍسمينةٍأفضلٍمنٍشاتينٍ
دونها.

Artinya: "Imam al-Baghawi dan ulama lainnya berkata: berkurban 1 ekor kambing yang gemuk lebih afdhal daripada kurban 2 ekor kambing yang kurus." (An-Nawawi, Al Majmu' Syarh al-Muhadzdzab, hal 396 jilid. 8)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)