Lebih Afdhal Mana, Kurban Sapi Atau Kambing? Ini Penjelasannya

loading...
Lebih Afdhal Mana, Kurban Sapi Atau Kambing? Ini Penjelasannya
Umat Islam perlu mengetahui fiqih berkurban termasuk hewan yang paling afdhol untuk dikurbankan. Foto ilustrasi/Ist
Umat muslim di Indonesia biasanya berkurban dengan sapi, kambing dan domba. Adapun kurban sapi makimal atas nama 7 orang (kolektif), sedangkan kambing dan domba hanya boleh atas nama 1 orang saja.

Lalu, manakah yang paling afdhal (utama) dari 3 hewan itu untuk dijadikan hewan kurban? Lebih utama yang mana, kurban sapi atau kambing?

Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib dalam bukunya "Fiqih Qurban Perspektif Madzhab Syafi'i".

1. Jika berkurban masing-masing 1 orang (unta atas nama 1 orang, sapi atas nama 1 orang, kambing atas nama 1 orang), maka urutan yang paling afdhal adalah berkurban unta, sapi, domba, baru kemudian kambing.

2. Jika perbandingannya adalah 1 sapi atas nama 7 orang dengan kambing atas nama 1 orang, maka yang afdhal adalah yang berkurban kambing atas nama 1 orang daripada sapi atas nama 7 orang. Hal ini diterangkan Imam an-Nawawi (wafat 676 H) dalam Kitab al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab:

المجموع شرح المهذب (396/ 8(
البدنة ٍأفضل ٍمن ٍالبقرة ٍوالبقرةٍأفضل ٍمن ٍالشاة ٍوالضأن ٍأفضل ٍمنٍ
المعز ٍفجذعة ٍالضأن ٍأفضل ٍمن ٍثنية ٍالمعز. وهذاٍكله ٍمتفق ٍعليهٍ
عندنا. التضحية بشاةٍأفضلٍمنٍالمشاركةٍبسبعٍبدنةٍأوٍبسبعٍبقرةٍ
باالتفاق.ٍ

Artinya: "Kurban unta lebih afdhal daripada sapi, kurban sapi lebih afdhal daripada kambing. Dan domba 1 tahun lebih afdhal daripada kambing 2 tahun, hal ini disepakati para ulama Syafi'iyah. Adapun kurban 1 ekor kambing lebih afdhal daripada kurban 1 ekor unta atau sapi atas nama 7 orang (kolektif)."

3. Jika perbandingannya 1 sapi atas nama 1 orang dengan 7 ekor kambing atas nama 1 orang maka yang afdhal adalah berkurban 7 ekor kambing atas nama 1 orang dari pada 1 sapi atas nama 1 orang.

Sebab, yang dinilai adalah dalam hal menumpahkan darah dari beberapa hewan. Semakin banyak menumpahkan darah dari beberapa hewan maka kurbannya semakin afdhal.

Imam an-Nawawi menyebutkan:

المجموع شرح المهذب )8 /693)
وسبعٍمنٍالغنمٍأفضلٍمنٍبدنةٍأوٍبقرةٍعلىٍأصحٍالوجهينٍلكثرةٍ
إراقةٍالدم.

Artinya: "Kurban dengan 7 ekor kambing lebih afdhal daripada kurban 1 ekor sapi atau unta, disebabkan karena banyaknya jumlah menumpahkan darah hewan (lebih afdhal)." (Al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab, hal 396 jilid 8)

4. Jika perbandingannya 1 kambing gemuk dengan 2 ekor kambing kurus, maka yang afdhal adalah berkurban dengan 1 ekor kambing gemuk.

المجموع شرح المهذب )8 /693)
قالٍالبغويٍوغيره: حتىٍإنٍالتضحيةٍبشاةٍسمينةٍأفضلٍمنٍشاتينٍ
دونها.

Artinya: "Imam al-Baghawi dan ulama lainnya berkata: berkurban 1 ekor kambing yang gemuk lebih afdhal daripada kurban 2 ekor kambing yang kurus." (An-Nawawi, Al Majmu' Syarh al-Muhadzdzab, hal 396 jilid. 8)

Baca Juga: Bolehkan Patungan untuk Berkurban? Ini Penjelasan Ustaz Ajib
(rhs)
preload video