7 Pengikut Dajjal, Nomor 4 Didominasi Kaum Wanita

loading...
7 Pengikut Dajjal, Nomor 4 Didominasi Kaum Wanita
Kemunculan Dajjal sebagai pertanda akhir zaman, yang juga akan muncul para pengikut-pengikutnya, salah satu pengikutnya ternyata didominasi kaum wanita. Foto ilustrasi/ist
Dajjal menjadifitnahterbesar dalam sejarah kehidupan manusia yang kemunculannya menjadi pertanda akhir zaman , serta akan ada beberapa kelompok pengikutnya. Dalam Islam, Dajjal digambarkan dalam hadis-hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam sebagai seorang pendusta yang sebelah matanya buta dan tertulis di keningnya huruf kaf, fa’ dan ra’ ((ك ف ر).

Dari Anas bin Malikradhiyallahu ‘anhu, NabiShallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

مَا بُعِثَ نَبِيٌّ إِلَّا أَنْذَرَ أُمَّتَهُ الأَعْوَرَ الكَذَّابَ، أَلاَ إِنَّهُ أَعْوَرُ، وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ، وَإِنَّ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مَكْتُوبٌ كَافِرٌ


“Tidaklah diutus seorang nabi, melainkan dia mengingatkan kaumnya tentang si buta sebelah, sang pendusta. Ketahuilah Dajjal itu buta sebelah dan Tuhan kalian tidak buta sebelah. Diantara dua matanya tertulis: Kafir” (HR. Bukhari).

Baca juga: Benarkah Pengikut Dajjal Didominasi Kaum Wanita?

Dijelaskan pula bahwa menjelangakhir zamanini, kemunculan Dajjal ini akan diikuti dengan beberapa kelompok pengikutnya. Lalu, siapa saja yang termasuk pengikut Dajjal? Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 pengikut Dajjal di akhir zaman ini, yakni:

1. Orang-orang Yahudi

Sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad Shallallahu alahi wassalam yang diriwayatkan Anas bin Malik, bahwa kelak Dajjal akan diikuti oleh 70 ribu orang yahudi dari isfahan (sekarang masuk wilayah Iran_red) memakai baju tebal berjahit.

2. Kelompok-kelompok Menyempal dan Khawarij

Menurut riwayat Ibnu Majah, Rasulullah Muhammad Shallallahu alahi wa sallam bersabda, bahwa akan tumbuh pemuda yang fasih baca Al Qur'annya tapi hanya sampai di kerongkongan. Setiap kali kelompok dri mereka muncul, maka pantas dihancurkan. Kemunculannya lebih dari dua puluh ribu kali hingga sampai kedatangan Dajjal.

3. Pelaku Bid'ah dan Kesesatan

Hudzaifah radhiyallahu'anhu pernah mendengar sabda Rasulullah Muhammad Shallallahu alahi wa sallam, bahwa setiap umat ada majusinya atau orang-orang yang tidak percaya takdir. Kalau berjumpa dengan orang yang semacam ini, maka Nabi Muhammad Shallallahu alahi wa sallam melarang untuk menghadiri jenazahnya dan membesuknya di kala sakit karena mereka adalah pengikut Dajjal.

4. Kaum Wanita

Berdasarkan riwayat Ahmad, kebanyakan yang terpengaruh dengan fitnah Dajjal adalah kaum wanita. Ibnu Umarradhiyallahu'anhu, ia berkata: RasulullahShallallahu 'alaihi wa sallambersabda:

"Dajjal akan turun di lembah air Murqonah' ini, maka orang yang datang kepadanya kebanyakan kaum wanita, sehingga seseorang akan pergi menemui sahabat karibnya, ibunya, anak perempuanya, saudara perempuannya, dan kepada bibinya untuk meneguhkan hatinya karena kuatir mereka akan pergi menemui Dajjal." [HR Ahmad)

Hadis ini sama sekali bukan bermaksud merendahkan wanita. Dalam buku “al-Mausū’ah fī al-Fitan wa al-Malāhim wa Asyrāti as-Sā’ah”, Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh menjelaskan, banyak di kalangan perempuan yang mengikuti Dajjal karena gampang tergoda dengansyahwat dunia,dan tidak begitu mengedepankan akalnya sebagaimana laki-laki.

5. Setan

Dalam hadis riwayat Amru bin Ash radhiallahu anhu, disebutkan sabda Rasulullah Shallallahu alahi wa sallam, bahwa di laut ada setan-setan yang dipenjara oleh Nabi Sulaiman yang kelak akan keluar membacakan sesuatu kepada umat manusia (HR. Muslim).

Kemungkinan keluarnya setan-setan ini adalah menjelang atau saat Dajjal muncul. Dalam sebagian riwayat disebutkan bahwa kelak setan-setan akan berjalan di bagian depan Dajjal yang menyerukan fitnahnya di berbagai negara dan kota yang dmasuki Dajjal.

6. Tukang Sihir
halaman ke-1
preload video