Kiamat 15 Ramadhan Tahun Ini? Begini Pendapat Para Ustaz Kondang

Minggu, 26 April 2020 - 17:45 WIB
loading...
Kiamat 15 Ramadhan Tahun Ini? Begini Pendapat Para Ustaz Kondang
Jika seorang budak wanita telah melahirkan tuannya; jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju serta pengembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi. Ilustrasi/Ist
A A A
DAI kondang Ustaz Abdul Somad, Ustaz Adi Hidayat, sampai kader Nahdlatul Ulama KH Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafiq berbicara tentang kiamat. Pendapat mereka sama: Kiamat sudah pasti terjadi dan itu harus diimani. Soal kapan hari akhir itu datang, hanya Allah yang tahu.

Para dai itu bicara dalam jaringan atau daring di sejumlah saluran Youtube saat ceramah dalam pengajian, di berbagai kesempatan. "Kita sudah berada di gerbong pintu kiamat," ujar Ustaz Rahmat Baequni.

Hanya saja, Gus Muwafiq mengingatkan fenomena kiamat akan selalu muncul dalam situasi sulit seperti saat ini di tengah wabah corona atau Covid-19. Biasanya, dalam kondisi seperti itu muncul dua sikap di tengah masyarakat: optimistis dan pesimistis. "Kalau yang optimis, mau kiamat kiamatlah karena kiamat itu sudah pasti terjadi," kata Gus Muwafiq dalam Gusmuwafiqchannel. ( )

Dia menjelaskan, yang kita hadapi saat ini adalah kehidupan. Kehidupan yang masih punya harapan besar. Corona hanyalah cubitan kecil. Walau imbasnya bagi kehidupan besar. "Andai pun kita tahu besok kiamat, hari ini kita harus tetap menanam. Urusan besok kiamat adalah urusan besok. Tugas kehidupan itu adalah menjalankan kehidupan, sepantasnya kita hidup," katanya.

Tema masalah kiamat menjadi sorotan setelah viral video yang yang memberi informasi bahwa kiamat akan datang pada hari Jumat 15 Ramadhan tahun ini. Tanda-tanda tentang itu juga disampaikan. Wabah corona, masjid-masjid yang ditutup, Ka'bah terkunci, serta kemungkinan tidak ada penyelenggaraan haji pada tahun ini menjadi dalih.

Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji, KH Miftah Maulana Habiburrahman atau yang populer dipanggil Gus Miftah mengaku mendapat banyak pertanyaan seputar kiamat belakangan ini. Pada pengajian online di IG akun @gusmiftah, Jumat lalu, Kyai nyetrik ini juga mendapat pertanyaan yang sama. "Bener nggak Gus, kiamat akan terjadi 15 Ramadhan tahun ini?" tanya peserta.

Gus Miftah kembali menegaskan, bahwa kiamat sudah pasti akan terjadi, namun soal kapan waktunya, hanya Allah yang tahu. "Apakah benar terjadi 15 Ramadhan besok, kita lihat saja nanti. Pada tanggal itu kita adakan pengajian lagi kayak begini. Jadi andai kiamat benar-benar terjadi pada hari itu, kita tenang. Kita sedang beribadah ketika hari akhir itu datang," ujar Gus Miftah serius. ( )

Sedangkan Gus Muwafiq mengingatkan bahwa cerita tentang kiamat itu sudah sering diprediksi. "Tapi kan selalu meleset," ujarnya.

Ustaz Rahmat Baequni menyebut ada tiga tanda-tanda bahwa kita berada di pintu gerbang kiamat. Pertama, orang-orang yang berkata jujur didustakan. Kedua, para pendusta dibenarkan. Ketiga, para penghianat diangkat jadi pemimpin satu bangsa, satu kaum. "Kalau itu semua sudah terjadi maka kita berada di pintu gerbong kiamat," katanya.

Rasulullah, kata Ustaz Rahmat, di mana hari-hari itu akan muncul tiga hal. Diangkatnya ilmu dari bumi dengan meninggalnya para ulama.

"Sesungguhnya Allah tidak mengangkat ilmu dari muka bumi dicabut begitu saja. Allah mencabut ilmu dari muka bumi dengan wafatnya para ulama yang lurus. Dibunuh diwafatkan karakternya dipersekusi dan semacamnya. Setelah itu ulama yang muncul di tengah umat adalah ulama-ulama yang su'u. Ciri-ciri mereka memberikan petunjuk bukan dari Al-Quran. dan mereka memberikan sunah bukan dari sunahku," ujar Ustaz Ahmat mengutip sebuah hadis. ( )

5 Hak Prerogatif Allah
Sementara itu, Ustaz Adi Hidayat mengatakan bahwa soal kiamat banyak disampaikan Allah di dalam Al-Quran. "Hanya saja, soal saatnya kapan hanya Allah yang tahu," katanya.

Bahkan malaikat Jibril saja tidak tahu sehingga bertanya hal itu kepada Nabi Muhammad SAW. "Itu hadis qudsi," katanya.

Senada dengan Gus Miftah, Ustaz Adi mengingatkan yang perlu disiapkan adalah kalau nanti diwafatkan, bekal apa yang akan dibawa.

Kapan kiamat terjadi adalah hak prerogatif Allah SWT.

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS Al Lukman : 34)

Dari ayat itu ada 5 hak prerogatif Allah yang tidak bisa diganggu gugat. Hanya Allah sendiri yang menurunkannya, dan mengetahui kapan turunnya.

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan secara khusus lima perkara gaib, maka Dia mengumumkan pengetahuan-Nya, bahwa pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu.

Dia mengenal yang tersembunyi sebagaimana Dia mengenal yang zahir (tampak). Di antara hikmah-Nya yang sempurna adalah Dia menyembunyikan kelima perkara ini karena dalam menyembunyikannya terdapat maslahat sebagaimana telah diketahui dengan jelas bagi orang yang memikirkannya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)