Takut Miskin Karena Banyak Anak? Inilah Jawaban Al-Qur'an

Rabu, 13 Juli 2022 - 14:30 WIB
loading...
A A A
4. Banyak anak, banyak rezeki

Asalkan rezeki dijemput, tidak bermalas-malasan. Dalam Al-Quran, kita diberi rezeki dengan kehadiran anak. Allah menyebut memberi rezeki anak dan baru kemudian orang tuanya. Allah Ta'ala berfirman,

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا


“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kami-lah yang akan memberi rizqi kepada mereka dan juga kepadamu”. (QS Al-Isra’:31)

5. Banyak yang perhatian ketika kita sudah tua

Usia tua bukan harta dan jabatan lagi yang penting, tetapi perhatian orang terdekat. Berbahagia sekali jika punya banyak anak yang shalih lagi berbakti. Anak shalih akan selalu ingat keutamaan besar berbakti kepada orang tua.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ridha Allah bergantung kepada keridhaan orang tua dan murka Allah bergantung kepada kemurkaan orang tua” (HR. Bukhari dalam adabul Mufrad)

6. Semakin banyak anak yang mendoakan orang tuanya

Bisa jadi Orang tua kaget di akhirat, karena ia mendapat kedudukan tinggi. Ia bertanya-tanya, ternyata karena doa anak-anaknya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sungguh, Allah benar-benar mengangkat derajat seorang hamba-Nya yang shalih di surga,” maka ia pun bertanya: “Wahai Rabbku, bagaimana ini bisa terjadi?” Allah menjawab: “Berkat istighfar anakmu bagi dirimu”.(HR. Ahmad, Ibnu Katsir berkata, isnadnya shahih)

Namun demikian, Ustadz Raehanul bahraen mengingatkan bahwa mendidik dan memberi nafkah anak adalah wajib atau kewajiban orang tua. Sedangkan banyak anak adalah sunnah. Sehingga perlu bijak mengatur jarak kelahiran anak, agar anak memperoleh haknya yaitu ASI full dua tahun, sang ibu bisa ada jeda antara melahirkan (menimbang kesehatan ibu), serta orang tua juga bisa mendidik dan memberikan perhatian yang cukup.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)