Kisah Penghafal Al-Qur'an yang Murtad di Akhir Hayatnya

Rabu, 20 Juli 2022 - 18:30 WIB
loading...
Kisah Penghafal Al-Quran yang Murtad di Akhir Hayatnya
Sungguh memilukan kisah seorang Tabiin penghafal Quran yang murtad di akhir hidupnya. Ia terpesona dengan kecantikan seorang wanita Romawi yang membuatnya lupa akan keimanannya. Foto/ilustrasi
A A A
Sebuah kisah miris sekaligus memilukan, seorang penghafal Al-Qur'an (hafizh) pada masa-Tabi'in meninggal dengan tidak membawa imannya. Ia murtad karena terpesona dengan kecantikan seorang wanita.

Benarlah apa yang disampaikan Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam 14 abad lebih lalu. Beliau bersabda: "Sesungguhnya ada orang yang melakukan perbuatan ahli surga, seperti yang tampak pada banyak orang, padahal sebenarnya ia ahli neraka. Dan ada orang yang melakukan perbuatan ahli neraka, seperti yang tampak pada banyak orang, padahal ia termasuk ahli surga."

Dalam riwayat yang shahih Beliau berpesan: "Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya." (HR Al-Bukhari 6607)

Kisah penghafal Qur'an yang murtad di akhir hayatnya ini patut kita jadikan ibrah. Berikut kisahnya diceritakan Ustaz Abdul Mu'thi Al-Maidani dalam "Nasihat Sahabat".

Lelaki gagah termasuk golongan Tabi'in itu (270 H) namanya sebaik-baik nama. Di medan perang, ia dikenal sangat berani mengayunkan pedangnya menebas satu demi satu tubuh pasukan Romawi.

Selain hafal Al-Qur'an, ia terkenal akan keilmuannya, kezuhudannya, ibadahnya, puasa Daudnya, serta ketakwaan dan keimanannya? Namun tak dinyana, terjadi musibah di akhir hayatnya.

Dia mati dengan tidak membawa iman keislamannya. Murtad sebagai Nasrani. Padahal dahulunya ia hafal semua isi Kitabullah.

Namun semua hilang tak tersisa kecuali dua ayat saja. Ayat apakah itu? Apa yang melatarbelakangi dia keluar dari agama Allah?

Pedangnya masih berkilat di tengah padang pasir yang gersang. Ia hantarkan pasukan Romawi itu ke Neraka dengan pedangnya. Tak disangka pula, nantinya dirinya pun dihantar ke Neraka oleh seorang wanita Romawi.

Tidak dengan pedang, melainkan dengan asmara. Dikisahkan, kaum Muslimin sedang mengepung kampung Romawi. Tiba-tiba mata 'Abdah tertuju kepada seorang wanita Romawi di dalam benteng.

Kecantikan dan pesona wanita pirang itu begitu dahsyat mengobrak-abrik relung-hatinya. Dia lupa, bahwa tak seorang pun dijamin lolos dari su'ul khatimah.

Tak tahan, ia pun mengirimkan surat cinta kepada wanita itu. Isinya kurang lebih: "Adinda, bagaimana caranya agar aku bisa sampai ke pangkuanmu?"

Perempuan itu menjawab: "Masuklah agama Nasrani, maka aku jadi milikmu."

Syahwat telah memenuhi relung hati Abdah, sampai-sampai ia melupakan imannya dan Al-Qur'an yang ada di hatinya. Ia seakan-akan menjadi buta dan tuli.

خَتَمَ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Artinya: "Allah telah mengunci mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat." (QS. Al-Baqarah: 7)

Pesona wanita Romawi itu telah mengubur imannya di dasar samudera. Demi tubuh cantik nan fana itu ia rela meninggalkan Islam.

Abdah pun menikahi prempuan itu di dalam benteng Romawi. Kaum Muslimin yang menyaksikan ini sangat terguncang.

Bagaimana bisa seorang hafiz yang hatinya dipenuhi Al-Qur'an meninggalkan Allah? Ketika dibujuk untuk bertaubat, ia tak bisa.Ketika ditanyakan kepadanya: "Di mana Al-Qur'an mu yang dulu?"

Ia menjawab: "Aku telah lupa semua isi Al-Qur'an kecuali dua ayat saja."
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4147 seconds (0.1#10.140)