Benarkah Rasulullah SAW Bertasbih Menggunakan Batu Kerikil?

Kamis, 21 Juli 2022 - 17:33 WIB
loading...
A A A
Lebih jauh, adz-Dzahabi menyebutkan sederetan penyakit yang dibawa al-Quddami dalam kitab al-Lisan, seraya mengatakan, "Telah dinyatakan dhaif oleh Ibnu Adi dan ad-Daruquthni."

Ibnu Hibban juga mengatakan, "Orang ini terbukti telah banyak membolak-balik berita, di antaranya lebih dari seratus lima puluh riwayat dari Malik yang dibolak-baliknya. Demikian pula, ketika meriwayatkan dari Ibrahim bin Sa'ad, sebagian besar di antaranya juga dibolak-baliknya."



Al-Hakim dan an-Naqqasy mengatakan, "Orang ini (al-Quddami) telah meriwayatkan dari Malik hadis-hadis maudhu'." Sementara, Abu Na'im berkomentar, "Ia telah meriwayatkan hadis-hadis mungkar."

"Saya sendiri tidak menemukan bahwa Shalih bin Ali an-Naufali ada yang mengisahkannya," ujar al-Albani.

Selain itu, katanya lagi, hadis ini telah menyalahi riwayat sahih dari Ibnu Umar ra yang mengatakan, "Aku telah melihat Rasulullah SAW membiasakan bertasbih dengan tangan kanannya."

Riwayat ini telah dikeluarkan oleh Abu Daud (I/235) dengan sanad yang sahih, dan dinyatakan oleh an-Nawawi dalam kitab al-Adzkar (halaman 23) sebagai hadis hasan.

Begitu juga oleh al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Nata 'ijul-Afkar (I/19/Q), serta telah dikeluarkan oleh an-Nasa'i dalam kitabnya, 'Amalul-Yaum wal-Lailah.

Dalam Sunan Abu Daud dan yang lainnya diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kaum wanita untuk bertasbih dengan menggunakan jari-jari tangannya. Inilah sunnahnya melakukan tasbih.

"Jadi, tasbih dengan menggunakan tangan kiri atau dengan kedua tangannya atau dengan batu kerikil berarti menyalahi sunnah, terlebih dengan menggunakan tasbih yang dewasa ini kita kenal," ujar al-Albani.

Menurutnya, adapun ulama sekarang yang merasa cukup berdalil dengan keumuman hadis untuk menggunakan jari-jari tangan dan lainnya merupakan kelalaian mereka. "Sebab, sesuatu yang umum tidaklah mengharuskan untuk beramal dengannya."

Di samping itu, kata al-Albani lagi, mereka juga tidak mengenali hadis tentang kebiasaan Rasulullah SAW dalam bertasbih yang hanya menggunakan jari-jari tangan kanannya. "Tentu saja, hal ini tidaklah layak bagi orang yang termasuk ahli ilmu. Maka, berhati-hatilah dan janganlah sekali-kali termasuk orang yang lalai," ujar Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2844 seconds (0.1#10.140)