4 Manfaat Surat Yasin untuk Orang yang Masih Hidup

Senin, 25 Juli 2022 - 15:57 WIB
loading...
4 Manfaat Surat Yasin untuk Orang yang Masih Hidup
Setidaknya ada 4 manfaat surat Yasin untuk orang yang masih hidup. Salah satunya, mendapatkan keberkahan, memperoleh kebahagiaan, dan dosa-dosa diampuni Allah SWT. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Setidaknya ada 4 manfaat surat Yasin untuk orang yang masih hidup. Salah satunya, mendapatkan keberkahan, memperoleh kebahagiaan, dan dosa-dosa diampuni Allah SWT.

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al-Qur’an dengan 83 ayat. Surat ini sendiri termasuk dalam golongan surat Makkiyah karena turun sebagai wahyu kepada Rasulullah SAW saat berada di Mekkah , sebelum hijrah ke Madinah .



Biasanya surat Yasin dibaca untuk mereka yang menghadapi sakaratul maut. Dalam buku "Rahasia 7 Surat Pilihan" tulisan Mohamad Zaki Abdul Hali disebutkan sebuah hadis dari Abu Dawud dan Ibnu Majah dalam kitab sunnahnya, Ma'qil bin Yasar menyebut bahwa Rasulullah pernah berkata:

اقْرَءُوا عَلَى مَوْتَاكُمْ يس

Bacakanlah surah Yasin kepada orang mati di antara kamu.”

Dalam kitab Subulus Salam karya Ash-Shon'ani, pengertian mautakum dalam hadis di atas adalah orang yang dalam sakaratul maut.

Riwayat Abu Darda dan Abu Dzar, Rasulullah bersabda, “Tiada yang meringankan siksa seseorang setelah meninggal dunia ketika sakaratul maut melainkan dibacakan surat Yasin di sisinya.”

Lalu, apa manfaat surat Yasin bagi orang yang masih hidup? Setidaknya ada 4 manfaat.

1. Orang yang membaca Yasin akan diijabah segala hajatnya. Dalam kitab Fadhail Al-A'mal karya Maulana Muhammad Zakariya al-Kandahlawi, dari Atha bin Abi Rabah, Rasulullah bersabda:

من قرأ يس حين يُصبِح أُعطِى يُسْرَ يومِه حتى يُمسِى

“Barang siapa membaca Yasin pada permulaan hari, dipenuhi segala keperluannya.” Kemudian akan diampunkan dosa bagi yang membacanya pada malam dan siang hari, dosa yang telah lalu.



2. Dari hadis tersebut juga dikatakan, "akan diampunkan dosa bagi yang membacanya pada malam dan siang hari, dosa yang telah lalu".

Al-Hasan pernah mendengarkan Abu Hurairah ra yang berkata bahwa Rasulullah bersabda tentang keutamaan membaca surat Yasin. Inti dari hadis tersebut adalah barangsiapa yang membaca surat Yasin pada malam hari, maka InsyaAllah terampuni dosanya pada pagi harinya.

Selain itu, ada juga riwayat lain yang mengatakan hal dengan inti serupa. Dalam riwayat Anas ra melalui kitab shahihnya dari Jundub Bin Abdullah ra berbunyi barangsiapa membaca surat Yasin pada malam hari dan berharap ridha Allah SWT, maka ampunan akan datang padanya.

3. Pahala membaca surat Yasin seperti membaca dan mengkhatamkan 10 kali Al-Qur'an.

Rasulullah SAW bersabda:

“مَن قرأ يس كَتَب الله بقراءتها قراءة القرآن عشر مرات دون يس”

Barangsiapa membaca Yasin Allah mencatat bacaannya layaknya bacaan Al-Quran 10 kali di luar Surat Yasin.” (HR al-Hakim).
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)