Doa Agar Terhindar dari Pikun, Utang Tak Terbayar dan Siksa Kubur

Selasa, 02 Agustus 2022 - 22:36 WIB
loading...
Doa Agar Terhindar dari Pikun, Utang Tak Terbayar dan Siksa Kubur
Rasulullah SAW mengajarkan doa agar dilindungi dari sifat-sifat jelek dan segala keburukan. Foto/SINDOnews
A A A
Bagi yang ingin dijauhkan dari sifat-sifat jelek ada baiknya mengamalkan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam berikut. Dalam beberapa riwayat, Nabi menganjurkan umatnya membiasakan doa perlindungan ini.

Doanya singkat, namun redaksinya tergolong komplet karena berisi meminta perlindungan dari segala sifat jelek dan keburukan. Di antaranya, penyakit pikun, malas, utang tak terbayar, fitnah Dajjal, siksa kubur dan sebab yang mendatang dosa.

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْحَكَمِ عَنْ شُعَيْبٍ عَنْ اللَّيْثِ عَنْ يَزِيدَ بْنِ الْهَادِ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْكَسَلِ وَالْهَرَمِ وَالْمَغْرَمِ وَالْمَأْثَمِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

"Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Abdul Karim dari Syu'aib dari Al laits dari Yazid Ibnu Al Had dari Amru bin Syu'aib dari Ayahnya dari Kakeknya ia berkata; "Aku mendengar Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam mengucapkan: "ALLAHUMMA INNI A'UUDZU BIKA MINAL KASALI WAL HARAMI WAL MAGHRAMI WA MA'TSAMI WA A'UUDZU BIKA MIN SYARRIL MASIIHID DAJJAL WA A'UUDZU BIKA MIN ADZAABIL QABRI WA A'UUDZU BIKA MIN ADZAABIN NAAR." (Hadis Sunan An-Nasa'i 5395)

Berikut Bacaan Doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْكَسَلِ وَالْهَرَمِ وَالْمَغْرَمِ وَالْمَأْثَمِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahumma Inni A'uudzu Bika Minal Kasali wal Harami wal Maghrami wa Ma'ssami wa A'uudzu Bika min Syarril Masiihid Dajjal wa A'uudzu Bika min Adzaabil Qabri wa A'uudzu Bika min Adzaabin Naar.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan, pikun, utang yang tidak terbayar, sebab yang mendatangkan dosa. Aku berlindung kepada-Mu dari Al-Masih Dajjal. Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa neraka." (HR An-Nasa'i 5395)

Doa serupa juga diketengahkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu. Namun redaksinya sedikit berbeda dari doa yang di atas.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Allahumma inni a'udzu Bika minal 'Ajzi, wal Kasali, wal Jubni, wal Haromi, wal Bukhl. Wa a'udzu bika min 'adzabil Qobri wa min Fitnatil Mahyaa wal Mamaat.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian." (HR Al-Bukhari 6367 dan Muslim 2706)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2111 seconds (0.1#10.140)