Bolehkah Puasa Muharram Sebulan Penuh? Ini Jawaban Buya Yahya

loading...
Bolehkah Puasa Muharram Sebulan Penuh? Ini Jawaban Buya Yahya
Buya Yahya menjelaskan hukum puasa Muharram selama sebulan penuh. Foto/Ist
Kita sudah memasuki 11 Muharram 1444 Hijriyah bertepatan Selasa (9/8/2022). Muharram dikenal sebagai bulan haram yang dimuliakan Allah dan Rasul-Nya.

Dalam satu kajian Buya Yahya (pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon), ada yang bertanya tentang hukum puasa Muharram. Apakah boleh kita berpuasa sebulan penuh di bulan Muharram?

Baca Juga: Keutamaan Bulan Muharram dan Amalan yang Dianjurkan

Berikut penjelasan Buya Yahya dilansir dari Channel Youtube Al-Bahjah TV. Kata Buya Yahya, puasa di bulan Muharram merupakan puasa terbaik setelah puasa di bulan Ramadhan.

Sehingga menurut Buya Yahya umat muslim dibolehkan puasa selama sebulan penuh pada bulan Muharram. Namun ada ulama yang mengatakan makruh bila melakukan puasa sebulan penuh di bulan Muharram.

Meskipun begitu umat Islam harus mengetahui tanggal-tanggal penting untuk berpuasa supaya mendapat banyak keutamaan dan pahala.

Buya Yahya menyampaikan bahwa puasa pada 10 hari pertama bulan Muharram adalah hari-hari yang istimewa. Hal ini merujuk pada puasa Asyura yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram.

Anjuran ini termaktub dalam hadits riwayat Imam at-Tirmidzi dari jalur Abi Qatadah, Rasulullah SAW bersabda:

عن أبي قتادة : أن النبي صلى الله عليه و سلم قال صيام يوم عاشوراء إني أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله

"Dari Qatadah, Nabi bersabda, "Puasa hari Arafah saya berharap kepada Allah dapat menghapuskan (dosa) tahun sebelum dan tahun sesudahnya. Dan puasa hari Asyura saya berharap kepada Allah dapat menghapus (dosa) tahun sebelumnya." (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)

Selain berpuasa di bulan Muharram umat Islam juga dianjurkan memperbanyak amal ibadah dan amal saleh dan juga memperbanyak sedekah.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Sunnah Muharram Lengkap dengan Huruf Arab, Latin dan Artinya

Berikut penjelasan Buya Yahya saat kajian diunggah Channel Youtube Al-Bahjah TV:
(rhs)
preload video