Kriteria Memilih Pasangan dalam Islam, Ini yang Harus Dilakukan Muslimah

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 16:05 WIB
loading...
A A A
Namun kebutuhan akan nafkah ini jangan sampai dijadikan kriteria dan tujuan utama. Jika sang calon suami dapat memberi nafkah yang dapat menegakkan tulang punggungnya dan keluarganya kelak, itu sudah mencukupi. Karena Allah dan Rasul-Nya mengajarkan akhlak zuhud (sederhana) dan qana’ah (menyukuri apa yang dikarunai Allah) serta mencela penghamba dan pengumpul harta.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Celakalah hamba dinar, celakalah hamba dirham, celakalah hamba khamishah dan celakalah hamba khamilah. Jika diberi ia senang, tetapi jika tidak diberi ia marah.” (HR. Bukhari).

Selain itu, bukan juga berarti calon suami harus kaya raya. Karena Allah pun menjanjikan kepada para lelaki yang miskin yang ingin menjaga kehormatannya dengan menikah untuk diberi rizeki.

Allah Ta'ala berfirman:

وَأَنكِحُوا الْأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاء يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ


“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kalian. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya.” (QS. A- Nur: 32)

Tapi bukankah jodoh itu sudah ditentukan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala? Bagaimana kita bisa memilih-milih calon suami yang baik? Yakinlah, bahwa Allah akan memilihkan suami yang terbaik akhlak dan agamanya, jika para muslimah juga memperbaiki ibadahnya kepada Allah. Tugas muslimah hanya memperbaiki diri agar menjadi lebih baik.


Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2589 seconds (0.1#10.140)