12 Manfaat Beriman pada Hari Akhir

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 14:49 WIB
loading...
A A A
Keempat, mengingatkan seorang muslim bahwa kehinaan dan kerugian yang sebenarnya adalah apabila seseorang masuk ke dalam neraka.

Allah berfirman:

رَبَّنَا إِنَّكَ مَنْ تُدْخِلِ النَّارَ فَقَدْ أَخْزَيْتَهُ ۖ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ

“Wahai Rabb kami Sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukan kedalam neraka,maka sungguh Engkau telah menghinakannya dan tidak ada penolong bagi orang-orang yang zhālim” ( QS Al Imran :192)

Kelima, menguatkan kesabaran seorang muslim di dalam menghadapi musibah-musibah dunia yang menimpanya.

Dia menyadari bahwasanya dirinya dan apa yang dia miliki adalah milik Allāh,dan akan kembali kepada Allah.



Keenam, beriman kepada hari akhir mendidik seorang muslim supaya senantiasa ikhlās dalam beramal karena dia menyadari bahwasanya amalan yang ikhlās lah yang dapat bermanfaat dihari kiamat.

Ketujuh, mengingatkan seorang muslim tentang pentingnya bersegera dalam bertaubat dan beristighfar dari dosa. Karena dosa adalah sebab bencana di akhirat.

Kedelapan, mengingatkan seorang muslim untuk senantiasa bersabar di atas ketaatan kepada Allah dan bersabar dalam menjauhi kemaksiatan. Dan semua itu jauh lebih ringan daripada azab di akhirat.

Kesembilan, mengingatkan seorang muslim akan besarnya nikmat islam dan iman yang Allāh berikan kepadanya

Karena dengan sebab itulah Allah SWT akan memberikan kebahagiaan kepadanya didunia dan di akhirat.

Kesepuluh, mengingatkan seorang muslim akan bahaya kekafiran, kesyirikan, dan kemunafiqkan. Ketiganya adalah penyebab kekekalan di dalam neraka.

Kesebelas, mendorong seorang muslim untuk semanggat berdakwah di jalan Allah, mengajak saudara seislam untuk berpegang teguh dengan agamanya dan mengajak orang kafir untuk masuk Islam, supaya terhindar dari azab yang kekal.

Keduabelas, menginggatkan kita tentang pentingnya berdo’a kepada Allah, meminta kebahagiaan akhirat. Di antara doa didalam Al Qur'an adalah:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Wahai Rabb kami,berikanlah kepada kami kebaikan didunia dan kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari adzab neraka” ( QS Al Baqarah : 201)



Mewakili Rukun Imam Lainnya
Prof Muhammad Quraish Shihab dalam bukunya berjudul " Wawasan Al-Quran , Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat" menyebut ada dua hal pokok berkaitan dengan keimanan yang mengambil tempat tidak sedikit dalam ayat-ayat Al-Qur'an. Pertama adalah uraian serta pembuktian tentang keesaan Allah SWT; dan kedua adalah uraian dan pembuktian tentang hari akhir .

Al-Qur'an dan hadis Nabi SAW tidak jarang menyebut kedua hal itu saja untuk "mewakili" rukun-rukun iman lainnya. Quraish Shihab menjelaskan bahwa keimanan kepada Allah berkaitan erat dengan keimanan kepada hari kemudian. Memang keimanan kepada Allah tidak sempurna kecuali dengan keimanan kepada hari akhir.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2575 seconds (0.1#10.140)