3 Keutamaan Surat Al-Hajj yang Jarang Diketahui

Selasa, 06 September 2022 - 23:53 WIB
loading...
3 Keutamaan Surat Al-Hajj yang Jarang Diketahui
Surat Al-Hajj termasuk di antara surat-surat yang ajaib dalam Al-Quran. Surat ini diturunkan pada malam dan siang hari. Foto/Ist
A A A
Keutamaan Surat Al-Hajj perlu diketahui umat muslim. Surat Al-Hajj tergolong dalam surat Makkiyah terdiri dari 78 ayat.

Kandungan surat ini menjelaskan huru-hara hari Kiamat, larangan menyembah berhala hingga membahas hukum berbicara dusta. Dinamai Surat Al-Hajj, karena surat ini mengemukakan hal-hal yang berhubungan dengan ibadah haji, seperti ihram, thawaf, sa'i, wuquf di Arafah, mencukur rambut, syi'ar-syi'ar Allah, dan faedah-faedah dan hikmah-hikmah disyariatkannya haji.

Berikut 3 Keutamaan Membaca Surat Al-Hajj

1. Mendapat Kesempatan untuk Menunaikan Ibadah Haji
Imam Ja'far as-Sadiq mengungkapkan bahwa Siapa yang membaca Surat Al-Hajj setiap tiga hari sekali akan mendapatkan kesempatan untuk pergi haji pada tahun yang sama. Dan jika dia meninggal di jalan, dia akan diberikan Jannah".

Seseorang sempat bertanya "Apa yang akan terjadi jika orang yang melakukan haji adalah orang berdosa?". Maka Imam Ja'far as-Sadiq menjawab: "Hukumannya akan dikurangi."

2. Dapat Mencegah Seseorang Berbuat Jahat
Hal ini terkandung dalam Surat Al-Hajj Ayat 73-74, Allah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ لَنْ يَّخْلُقُوْا ذُبَابًا وَّلَوِ اجْتَمَعُوْا لَهٗ ۗوَاِنْ يَّسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْـًٔا لَّا يَسْتَنْقِذُوْهُ مِنْهُۗ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوْبُ

Artinya: "Wahai manusia! Telah dibuat suatu perumpamaan. Maka dengarkanlah! Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak akan dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Sama lemahnya yang menyembah dan yang disembah." (QS Al-Hajj: 73)

مَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖۗ اِنَّ اللّٰهَ لَقَوِيٌّ عَزِيْزٌ

Artinya: "Mereka tidak mengagungkan Allah dengan sebenar-benarnya. Sungguh, Allah Maha Kuat, Maha Perkasa." (QS Al Hajj : 74)

Tafsir dari ayat ini menunjukkan betapa perkasanya Allah dan kita hanyalah manusia yang kecil di mata-Nya. Sehingga kita harus bertakwa dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

3. Mendekatkan Jodoh Bagi Perempuan
Keutamaan lain dari Surat Al-Hajj ini dapat memudahkan jodoh khsusunya bagi perempuan. Dalam Surat Al-Hajj Ayat 27, Allah berfirman:

وَاَذِّنۡ فِى النَّاسِ بِالۡحَجِّ يَاۡتُوۡكَ رِجَالًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَامِرٍ يَّاۡتِيۡنَ مِنۡ كُلِّ فَجٍّ عَمِيۡقٍ

Artinya: "Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh." (QS Al-Hajj: 27)

Dalam Kitab Mujarobat karya Syaikh Ahmad Dairobi al-Kabir disebutkan, siapa yang membaca ayat ini sebanyak 70 kali setelah sholat fardhu atau setelah sholat sunnah Hajat maka akan mendapat jodoh yang diinginkannya, atas izin Allah.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)