Jumlah Nabi dan Rasul: Ada Hadis yang Menyebut Sejuta

Rabu, 12 Oktober 2022 - 16:21 WIB
loading...
A A A
Rasulullah SAW menjawab, "Ya, Allah menciptakannya secara langsung dengan tangan kekuasaan-Nya, kemudian meniupkan ke dalam tubuh Adam sebagian dari roh (ciptaan)-Nya setelah bentuknya sempurna."

Selanjutnya Rasulullah SAW bersabda: "Hai Abu Dzar, empat orang (dari mereka) adalah orang-orang Siryani, yaitu Adam, Syis, Nuh, dan Khunu', yakni Idris yang merupakan orang yang mula-mula menulis dengan qalam (pena). Dan empat orang rasul dari Arab, yaitu Hud, Saleh, Syu'aib, dan Nabimu, hai Abu Dzar.

Mula-mula nabi dari kalangan Bani Israil adalah Musa, dan yang terakhir adalah Isa. Mula-mula nabi adalah Adam, dan yang terakhir dari mereka adalah Nabi­mu.

Ibnu Katsir mengemukakan hadis ini secara lengkap diriwayatkan pula oleh Abu Hatim ibnu Hibban Al-Basti di dalam kitabnya yang berjudul Al-Anwa' wal Taqasim, ia menilainya berpredikat sahih.

Hanya saja, Abul Faraj ibnul Jauzi di dalam kitabnya yang berjudul Al-Maudu'at (Hadis-Hadis Buatan) mencurigai hadis ini sebagai buatan Ibrahim ibnu Hisyam.



Ibrahim ibnu Hisyam ini tidak diragukan lagi menjadi pembahasan bagi para Imam ahli Jurh Wat Ta’dil karena hadisnya ini. Akan tetapi, hadis ini telah diriwayatkan melalui jalur lain dari sahabat lainnya. Untuk itu Ibnu Abu Hatim mengungkap hadis dari jalur Abu Umamah yang menceritakan hadis berikut:

Aku bertanya, "Wahai Nabi Allah, berapakah jumlah para nabi itu?"

Nabi SAW menjawab, "124.000 orang, dari jumlah itu ada 315 orang (rasul). Jumlah yang cukup banyak."

Sedangkan Al-Hafiz Abu Ya'la Al-Mausuli menyebut hadis dari Anas yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Allah mengutus 8.000 nabi; 4000 orang kepada kaum Bani Israil dan 4000 orang lainnya kepada seluruh umat manusia.

Abu Ya'la juga meriwayatkan dari Anas yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Saudara-saudaraku dari kalangan para nabi di masa lalu jumlahnya ada 8000 orang nabi, kemudian Isa ibnu Maryam, dan barulah aku sendiri."

Ibnu Katsir meriwayatkannya melalui sahabat Anas dari jalur lain yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Aku diutus sesudah 8000 orang nabi, di antara mereka 4000 orang nabi dari kalangan Bani Israil."

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)