Kisah Zionis Menekan Sultan Ottoman untuk Menguasai Bumi Palestina

Kamis, 13 Oktober 2022 - 14:02 WIB
loading...
A A A
Herzl dengan gigih dan penuh semangat terus berusaha untuk menemui Sultan Abdul Hamid hingga akhirnya usaha yang dia lakukan berhasil dia petik buahnya, setelah dua tahun dia tekun berusaha, yakni tahun 1899-1901 M. Ini terbukti dengan terjalinnya hubungan Herzl secara langsung dengan kalangan pejabat-pejabat istana Yaldaz.

Berkat bantuan mereka itulah, Herzl berhasil menemui Sultan selama dua jam. Pada penemuan ini Herzl mengusulkan pada Sultan untuk mendirikan bank-bank Yahudi yang kaya di Eropa dengan bantuan pemerintahan Utsmani dengan imbalan orang Yahudi bisa berdiam di Palestina.

Selain itu dia juga menjanjikan pada Sultan Abdul Hamid untuk meringankan beban utang pemerintahan Utsmani yang telah berlangsung sejak tahun 1881 M. Herzl juga berjanji pada Sultan untuk merahasiakan pembicaraan yang terjadi dengannya.

Pada saat Sultan bertemu dengan Herzl ini, Sultan lebih banyak mendengar daripada berbicara. Sultan membiarkan Herzl berbicara panjang lebar untuk memberikan kesempatan padanya mengeluarkan semua apa yang ada di dalam benaknya, baik yang berupa pemikiran, proyek dan langkah-langkah yang akan dia ambil.

Apa yang dilakukan Sultan ini membuat Herzl yakin bahwa dia telah berhasil dalam melakukan tugas dan misinya. Namun akhirnya dia sadar dan tahu bahwa dia telah gagal merayu Sultan Abdul Hamid II. Dia sadar bahwa sebenarnya dirinya sedang menempuh jalan buntu.

Setelah usaha Herzl dalam merayu Sultan Abdul Hamid gagal, Herzl mengatakan, “Jika Sultan memberikan Palestina kepada orang-orang Yahudi, kami akan menanggung semua urusan ekonomi Sultan di pundak kami. Sedangkan di Benua Eropa, maka sesungguhnya kami akan membangun semua benteng yang kuat untuk membendung Asia. Kami akan membangun sebuah peradaban yang akan mengikis semua keterbelakangan. Kami akan tetap berada di seluruh benua Eropa untuk menjaga eksistensi kami.”



Pada hakikatnya, Sultan Abdul Hamid memandang sebuah keharusan orang-orang Yahudi itu tidak tinggal di Palestina. Agar orang-orang Arab tetap terjaga kebangsaannya yang natural.

Mengenai hal ini, Sultan mengatakan, “Namun demikian orang-orang Yahudi memiliki jumlah yang cukup di tengah kita. Maka jika kita menginginkan agar orang-orang Arab tetap memiliki kelebihannya sendiri, wajib bagi kita untuk memalingkan pemikiran tentang usaha menjadikan orang-orang Yahudi sebagai penduduk Palestina. Sebab jika tidak, sesungguhnya orang-orang Yahudi jika diam di sebuah negeri mereka akan menguasai semua sumber daya alamnya dalam jangka waktu yang sangat singkat. Jika demikian, maka ini berarti kita telah menjerumuskan saudara-saudara seagama kita ke dalam kematian yang pasti."

Pemerintahan Utsmani dalam banyak kesempatan telah berusaha untuk menjauhkan orang-orang Yahudi Utsmani dari pemikiran Herzl dan gerakan Zionis.

Walaupun Herzl gagal dalam usaha meluluhkan Sultan Abdul Hamid II, namun dia menulis; “Tanah itu harus dikuasai melalui orang-orang Yahudi dengan cara sedikit-sedikit dan tanpa menggunakan sarana-sarana kekerasan. Kami akan berusaha untuk mendorong orang-orang fakir dari penduduk setempat untuk pindah ke negeri tetangga, dengan jaminan mereka akan mendapatkan pekerjaan dan dengan ancaman adanya bahaya jika mereka tetap tinggal di negeri kita.”

“Sesungguhnya penguasaan atas tanah itu akan berhasil dicapai melalui para agen-agen rahasia yang berada dalam perusahaan-perusahaan Yahudi, yang setelah itu akan menjadikan dirinya sebagai orang yang akan menanggung harga penjualan tanah pada orang-orang Yahudi. Lebih dari itu, perusahaan-perusahaan Yahudi itu akan bertugas untuk menjadi konsultan dalam jual beli harta milik yang tak bergerak, dan hendaknya penjualannya hanya diberikan pada orang-orang Yahudi.”

Herzl juga menulis, “Dari pembicaraan yang saya lakukan dengan Sultan Abdul Hamid ll saya menetapkan bahwa tidak mungkin kita menarik faedah apa-apa dari Turki, kecuali jika ada perubahan politik di dalamnya dengan cara menimbulkan perang di tengah mereka dan mereka kalah dalam perang tersebut, atau melibatkan mereka dalam sebuah konflik antarbangsa atau dengan cara dua-duanya "‘



Sesungguhnya Sultan Hamid mengetahui tujuan-tujuan orang-orang Yahudi, sebagaimana ini terlihat dalam catatan hariannya: "Ketua gerakan Zionis Herzl tidak akan pernah sekali-kali bisa meyakinkan saya dengan pemikiran-pemikirannya. Mungkin saja perkataannya. 'Masalah orang orang Yahudi akan selesai pada saat orang-orang Yahudi telah mampu mengendalikan bajak di tangannya.’ Adalah sebuah ungkapan yang benar dalam pandangannya, bahwa dia memberikan jaminan tanah bagi saudara-saudaranya dari kalangan Yahudi. Namun dia lupa bahwa kecerdikan saja tidak cukup untuk menyelesaikan semua persoalan.”

“Orang-orang Zionis itu tidak hanya ingin melakukan kegiatan pertanian di Palestina. Mereka menginginkan banyak hal. Seperti pembentukan pemerintahan dan memilih wakil-wakilnya. Saya tahu dengan sebaik-baiknya ambisi mereka. Namun orang-orang Yahudi itu hanya melihat di luaran, bahwa saya akan menerima usaha mereka, sebagaimana saya sanggup membendung mereka untuk tidak melakukan pengabdian di tengah istana saya, maka saya juga akan memusuhi setiap cita-cita dan ambisi mereka di Palestina.”

Soal Al-Quds
Sedangkan mengenai Al-Quds, Sultan Abdul Hamid ll mengatakan; "Kenapa kita harus meninggalkan Al-Quds. Sesungguhnya dia adalah tanah kita di setiap waktu dan masa, dan akan senantiasa demikian adanya. Dia adalah salah satu dari kota-kota suci kita, dan berada di tanah Islam. Al-Quds selamanya harus berada di tangan kita.”

Maksud Sultan Abdul Hamid dalam mendengarkan apa yang dikatakan oleh Theodore Herzl adalah, untuk mengetahui pertama, hakikat rencana-rencana orang Yahudi. Kedua, mengetahui kekuatan orang-orang Yahudi di seluruh dunia. Ketiga, menyelamatkan pemerintahan Utsmani dari ancaman bahaya Yahudi.

Sultan Abdul Hamid mulai membentuk agen-agen internal dan eksternal untuk memantau apa yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Mereka diminta untuk menuliskan laporan.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)