Manfaat Surat Al-Mulk Dibaca Setiap Hari, Jadi Pembela di Hari Kiamat Kelak

Senin, 17 Oktober 2022 - 15:20 WIB
loading...
Manfaat Surat Al-Mulk Dibaca Setiap Hari, Jadi Pembela di Hari Kiamat Kelak
Manfaat surat Al-Mulk dibaca setiap hari, akan menjadi pembela di Hari Kiamat. Bagi seorang muslim yang rutin mengamalkannya, maka ia akan dihindarkan dari api neraka. Foto ilustrasi/ist
A A A
Manfaat surat Al-Mulk dibaca setiap hari, akan menjadi pembela di Hari Kiamat. Bagi seorang muslim yang rutin mengamalkannya, maka ia akan dihindarkan dari api neraka.

Surat Al Mulk adalah salah satu surat yang diturunkan di Makkah terdiri dari 30 ayat dan ada di juz 29, atau juz yang biasa disebut dengan 'Juz Tabarak'. Surat Al Mulk adalah surat penyelamat di Hari Kiamat kelak. Disebut Al Mulk, karena surat ini bicara tentang kepemilikan Allah Subhanahu wa ta'ala atas alam semesta yang bergerak atas perintah Allah Ta'ala. Karena segala sesuatu di alam semesta adalah milik Allah Subhanahu wa ta'ala.



Sebuah hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya di dalam Alquran terdapat suatu surat yang berisikan 30 ayat yang dapat memohonkan ampunan bagi pembacanya hingga ia mendapat ampunan, yaitu Tabarakal Ladzi Biyadihil Mulku (surat Al-Mulk)."

Dalam kitab Amaliy Al Hafiz Ibnu Hajar, riwayat dari Ibnu Abbas, dia berkata bahwa salah seorang sahabat Nabi membuat tenda di dekat sebuah kuburan, padahal dia tidak mengetahui bahwa tempat itu adalah kuburan. Tiba-tiba dia menyadari bahwa itu adalah kuburan seseorang, dia mendengarnya sedang membaca surat Al-Mulk hingga khatam.

Maka ia datang kepada Nabi dan bertanya, "Wahai Rasulullah, aku telah memasang tendaku di dekat sebuah kuburan, sedangkan aku tidak menyadari bahwa tempat itu adalah kuburan. Tiba-tiba kudengar dari dalamnya seseorang membaca surat Al-Mulk sampai selesai."

Maka Rasulullah bersabda:

"Itu adalah surat penangkal dan juga penyelamat, yang menyelamatkan pembacanya dari siksa kubur."

Surat Al-Mulk akan menjadi pembela di Hari Kiamat bagi siapa saja Muslim yang rutin membacanya, sehingga ia akan dihindarkan dari api neraka.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menginginkan agar setiap Muslim menyimpan surat tersebut di dalam hatinya. Dalam hadits riwayat Imam Thabrani dari Ibnu Abbas, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وددتُ أنها في جوفِ كلِّ إنسانٍ من أمَّتِي


"Sungguh aku menginginkan bila surat (Al-Mulk) ini dihafal di dalam kalbu setiap umatku."

Dalam riwayat Turmudzi, dari Jabir, disebutkan bahwa Rasulullah masih belum tidur sebelum membaca Alif Lam Mim Tanzil (Surat As Sajdah) dan Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (Al Mulk).

Hadisnya : "Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Mis’ar At Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir bahwa, “Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidur hingga beliau membaca Alif laam miim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al Mulk) ( HR At Tirmidzi)

Keutamaan Surat Al Mulk

Banyak keutamaan surat al mulk yang dapat diambil dari kebiasaan membaca Surat Tabarok (Al-Mulk) tersebut, di antaranya:

1. Diampuni dosanya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud. Hadis tersebut shohih dan telah di-shohih-kan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi, sedangkan at-Tirmidzy dan Albani menghasankannya)

2. Dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)