Amalan-amalan Sunnah di Hari Jumat untuk Muslimah, Yuk Amalkan!

Jum'at, 25 November 2022 - 07:42 WIB
loading...
A A A
7. Memakai Pakaian Yang Terbaik

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk salat jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Dalam hadis tersebut, Nabi mendorong umatnya tidak hanya kaum laki-laki namun juga perempuan untuk membeli pakaian khusus dan terbaik supaya bisa dikenakan pada hari yang istimewa yaitu hari Jum'at. Akan tetapi, sangat disarankan untuk pria dan wanita muslim untuk mengenakan pakaian berwarna putih pada hari Jumat.

“Kenakanlah pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian.” (H.R. Tirmidzi)

8. Membaca Surat Al-Kahfi

Tidak hanya untuk kaum lelaki, kaum wanita juga mempunyai kesempatan yang serupa untuk membaca Surat Al Kahfi pada hari Jum'at. Hari Jumat yang dimaksud di sini adalah karena hari Jumat yang menurut perhitungan kalender hijriyah yaitu mulai Kamis petang pada saat matahari terbenam sampai hari Jum'at petang saat matahari terbenam.

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

9. Memotong Kuku

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang tata cara memotong kuku dan ini biasanya dilakukan pada hari Kamis, Jumat atau hari lainnya. Akan tetapi tidak ada dalil yang shahih yang memberikan batasan tentang waktu memotong kuku di hari tertentu. Akan tetapi, para ulama umumnya menganjurkan untuk memotong kuku yang kotor ini ada hari Jumat.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)