7 Fakta Rasulullah SAW Sangat Mencintai Hasan dan Husain

Jum'at, 25 November 2022 - 05:10 WIB
loading...
A A A
Periwayatan oleh Muawiyah ini juga menjadi bukti bahwa beliau juga menghormati dan mencintai Sayyidina Hasan. Aqra' bin Haris masuk ke rumah Rasulullah SAW dan mendapati beliau sedang mencium Hasan atau Husain. Aqra berkata: "Anda menciuminya? Aku punya anak sepuluh dan belum pernah mencium satupun dari mereka." Lalu Rasulullah bersabda:

من لايرحم لايرحم

"Siapa yang tidak menyayangi, dia tidak akan disayangi." (HR Muslim)

5. Sering Bermain dengan Rasulullah SAW
Sahabat Jabir berkata: "Aku masuk ke rumah Nabi, ternyata beliau sedang merangkak seperti hewan tunggangan yang ditunggangi oleh Hasan dan Husain. Beliau kala itu bersabda:

نعم الجمل جملكما ونعم العدلان انتما

Artinya: "Sebaik-baik tunggangan adalah tunggangan kalian berdua, dan sebaik-baik pengendara adalah kalian berdua." (HR at-Thabrani)

Ya'la bin Murrah berkata: "Hasan dan Husain pernah berlomba lari menuju Rasulullah ﷺ. Salah seorang dari mereka mendahului yang lain. Rasulullah meletakkan tangannya di lehernya, kemudian beliau memeluk dan menciumnya sambil bersabda:

اني احبهما فاحبهما

"Aku mencintai mereka berdua, maka cintailah mereka." (HR Ahmad)

6. Mendoakan Keduanya Secara Khusus
Ibnu Abbas berkata: "Rasulullah SAW pernah memintakan perlindungan kepada Allah untuk Hasan dan Husain dalam doanya:

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لامَّةٍ

Artinya: "Aku meminta perlindungan kepada Allah untuk kalian berdua dari seluruh setan, binatang beracun dan dari sihir pandangan mata." (HR at-Tirmidzi)

7. Rasulullah SAW Membanggakan Hasan Sebagai Juru Damai Umatnya
Diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dari Abu Bakrah, "Aku melihat Nabi di atas mimbar, sementara Hasan di sampingnya.
Kadang beliau melihat hadirin dan kadang beliau melihat Hasan, lalu Beliau bersabda:

ابني هذا سيِّد، ولعلَّ اللهَ أن يُصلحَ به بين فئتين من المسلمين

Artinya: "Cucuku ini adalah pemimpin. Semoga Allah menjadikannya pendamai antara dua kelompok besar Islam yang bertikai."

Maka perdamaian antara Hasan dan sahabat Muawiyah bin Abu Sufyan adalah salah satu peristiwa besar dalam sejarah umat Islam yang sarat hikmah dan keteladanan.

Dalam riwayat disebutkan, Rasulullah SAW sering mengecup bibir Sayyidina Hasan karena beliau akan wafat diracuni oleh orang terdekatnya. Sedangkan adiknya Husain sering dicium oleh Rasulullah SAW di bagian lehernya karena akan Syahid dengan leher terputus. Demikian kisah dua sosok manusia yang sangat dicintai baginda Rasulullah SAW itu. Semoga Allah berkenan mengumpulkan kita bersama keduanya. Aamiin!



Wallahu A'lam
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)