10 Prestasi Muawiyah, Salah Satunya Membangun Armada Laut Pertama dalam Islam

Senin, 05 Desember 2022 - 21:19 WIB
loading...
A A A
8. Membangun Armada Laut Pertama dalam Islam
Ketika Muawiyah memegang kepemimpinan Syam, panglima perangnya kala itu adalah 'Amr bin Ash. Namun sang jenderal itu tak lama setelahnya bergerak untuk membuka negeri Mesir.Sehingga kepemimpinan sipil dan juga militer akhirnya tertumpu menjadi tanggung jawab Mu'awiyah secara penuh.

Ia melakukan pembangunan dan pembenahan sistem ketentaraan Islam yang dianggap sebagai salah satu yang terpenting dalam sejarah. Di antaranya membentuk armada laut pertama dalam sejarah Islam. Muawiyah dikenal sebagai penguasa Lautan yang ditakuti musuh-musuh Islam.



9. Sukses dalam Perang Laut Melawan Romawi
Ketika masa kekhalifahan Ustman bin 'Affan, wilayah kegubernuran Homs yang tadinya dipimpin Umair bin Sa'ad digabungkan ke wilayah Syam yang dipimpin Muawiyah. Begitu juga dengan wilayah lain seperti Palestina.

Di masa inilah Muawiyah mendesak posisi Romawi hingga terpojok ke Konstantinopel, baik lewat aksi peperangan darat maupun laut. Yang menakjubkan, armada lautnya berhasil memenangkan pertempuran. Bahkan tercatat laksamana laut yang bertugas kala itu Abdullah bin Qais terlibat dalam 50 kali operasi di laut. Tak satupun kapal tenggelam atau ada pasukannya yang terbunuh.

10. Kemakmuran Negeri Syam
Kemakmuran dan kenyamanan di negeri Syam benar-benar dibuka Allah. Kaum muslimin kala itu merasakan kesejahteraan luar biasa yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Namun, hal ini membuat khawatir para sahabat Nabi kala itu. Khalifah Ustman pun sering mengingatkan para sahabat tentang pentingnya zuhud dan mengingatkan bahaya fitnah dunia. Sahabat seperti Abu Dzar juga terang-terangan menasihati para pejabat tak terkecuali Muawiyah untuk tidak hidup bermewah-mewahan.

Demikian 10 prestasi Muawiyah sebelum menjabat Khalifah memimpin Dinasti Umayyah. Meskipun kiprahnya menuai pro kontra di kalangan sahabat, namun ada banyak pelajaran berharga yang dapat kita petik. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)