Ingin Tahu Kematian, 23 Orang Ini Bangunkan Mayat Berusia 100 Tahun

Minggu, 12 Juli 2020 - 05:00 WIB
loading...
A A A


Selanjutnya, Ibrahim pernah meminta kepada Allah agar menunjukkan bagaimana Dia menghidupkan orang mati. Allah memerintahkannya agar menyembelih empat ekor burung dan mencincangnya, lalu disebar di puncak empat gunung, kemudian memanggilnya. Tiba-tiba bagian-bagiannya berkumpul, ruhnya kembali dan bangkit dengan bertasbih kepada Tuhannya.

Pada masa Nabi Isa orang-orang juga melihat bagaimana dia menghidupkan orang-orang mati, dan Allah menghidupkan orang-orang yang meninggalkan negeri mereka karena takut mati sementara jumlah mereka ribuan setelah mereka mati.

Baca juga
: Sumpah Nabi Sulaiman yang Tidak Dikabulkan Allah Ta'ala

Hikmah
Kembali ke hadis soal 23 orang yang berdoa kepada Allah untuk menghidupkan mayat yang sudah berusia 100 tahun. Allah mengabulkan doa mereka.

Menurut Syaikh Umar, orang yang menceritakan dampak kematiannya yang telah berlangsung dalam waktu yang sekian lama, ini menunjukkan beratnya penderitaan manusia dalam urusan kematiannya, walaupun dia orang yang saleh sekalipun. Laki-laki ini termasuk orang yang saleh, buktinya adalah dia banyak melakukan salat, bekas sujud begitu jelas terlihat di antara kedua matanya. ( )

Menurut Syaikh Umar ada beberapa pelajaran dan faedah atas ini.

1. Anjuran menyampaikan berita dan kisah Bani Israil. Jika berita itu termasuk yang dimuat di dalam Al-Qur'an dan Sunnah, maka tidak ada masalah untuk menyampaikannya. Jika ia hanya dinukil di buku-buku, maka jika ia bertentangan dengan kaidah pokok terkait dengan hak Allah dan hak para RasulNya, ia tidak boleh disampaikan kecuali jika disertai penjelasan tentang penyimpangannya. Jika memang murni baik, maka tidak apa-apa untuk disampaikan.



2. Kemampuan Allah menghidupkan orang mati. Allah menghidupkan orang mati yang bercerita tentang kematiannya kepada sekelompok Bani Israil.



3. Anjuran salat dua rakaat sebelum berdoa dengan perkara yang besar, sebagaimana orang-orang yang diceritakan oleh Rasulullah dalam hadis ini juga telah melakukannya. ( )

4. Menetapkan karomah bagi hamba-hamba Allah yang saleh. Allah menghidupkan seorang mayit yang bercerita tentang kematiannya kepada mereka.

5. Kadangkala Allah menjawab doa orang-orang saleh, walaupun jawaban itu mengakibatkan terjadinya perkara luar biasa di luar kebiasaan manusia. ( )
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)