Kompleksitas Dunia Modern dan Solusi Islam

Senin, 02 Januari 2023 - 13:43 WIB
loading...
A A A
Ketiga, Islam mengajarkan bahwa tabiat kehidupan dunia itu memang identik dengan cobaan (liyabluwakum). Karennya manusia beriman mempersiapkan diri untuk teruji.

Keempat, Islam mengajarkan bahwa tugas manusia dalam kehidupan adalah menjalani proses (wa quli'maluu). Dan proses itu sendiri merupakan tujuan hidup (ibadah). Karenanya manusia beriman menikmati semua proses dengan segala warna warninya.

Kelima, Islam juga mengajarkan bahwa dengan iman semua pasti membawa kepada kesuksesan. Berkali-kali iman dan amalan keimanan dalam Al-Quran diakhiri dengan "la'allakum tuflihuun" (agar kalian sukses).

Keenam, Islam pada akhirnya mengajarkan bahwa tingkatan tertinggi dari cita-cita kehidupan manusia adalah kebahagiaan ukhrawi yang pasti dan abadi. "Maka barangsiapa yang diselamatkan dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga sungguh dia telah beruntung." (QS Ali Imran)

Semoga di awal tahun ini kita semua semakin sadar bahwa Islam adalah ajaran keselamatan (salvation) dari ancaman kebangkrutan dunia modern yang semakin senja. Tentu yang terpenting adalah agar Umat ini kembali menguatkan keyakinan bahwa Islam adalah rahmatan lil-alamin yang membawa kebaikan dunia dan akhirat. Insya Allah!

Jamaica City, 1 Januari 2023

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)