Adab Makan yang Diajarkan Rasulullah SAW dan Dalil Hadisnya

Minggu, 08 Januari 2023 - 13:43 WIB
loading...
Adab Makan yang Diajarkan Rasulullah SAW dan Dalil Hadisnya
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan adab makan karena di dalamnya terdapat keberkahan dan nilai ibadah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan adab makan karena di dalamnya terdapat keberkahan dan nilai ibadah. Adab makan yang dicontohkan Rasulullah ini juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan.

Selain mengawalinya dengan kalimat 'Bismillah', Baginda Nabi Muhammad SAW juga membaca doa yang mengandung pujian kepada Allah Ta'ala. Di antara adab makan yang dipraktekkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dapat kita jumpai dalam beberapa hadis, sebagai berikut:


1. Membaca basmallah sebelum makan

Bagi seorang muslim, setiap akan melakukan aktivitas hendaknya diawali dengan membaca basmallah. Ini merupakan adab yang sangat mulia, termasuk juga dalam adab makan. Hal ini berdasarkan hadis:

“Apabila salah seorang di antara kalian hendak makan, maka ucapkanlah: ‘Bismillaah’, dan jika ia lupa untuk mengucapkan bismillah di awal makan, maka hendaklah ia mengucapkan: ‘Bismillaah awwaalahu wa aakhirahu’ (dengan menyebut Nama Allah di awal dan akhirnya). (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ahmad)

2. Memulai dengan tangan kanan.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu,anhu dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila salah seorang dari kalian makan, makanlah dengan tangan kanan dan minumlah dengan tangan kanan, karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim)

3. Makan dalam Keadaan Duduk

Meski ada riwayat menyebutkan Nabi shallallohu 'alaihi wa sallam pernah minum sambil berdiri, namun lebih afdholnya dan lebih selamat adalah posisi duduk. Dari Anas bin Malik berkata:

عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ نَهَى أَنْ يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِمًا


"Dari Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri. "Qatadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), "Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?" Anas menjawab: "Itu lebih parah dan lebih jelek." (HR Muslim)

Berikut 3 jenis duduk yang dianjurkan ketika makan:
- Duduk iq'a (menegakkan kedua telapak kaki lalu duduk di atas kedua tumitnya).
- Duduk bertumpu pada kedua lutut dan punggung telapak kaki.
- Duduk di atas kaki kiri dan menegakkan kaki kanan.

Perlu diingat, bukan berarti makan di atas kursi dilarang oleh syariat. Hanya saja makan dengan posisi duduk lebih menjauhkan seorang hamba dari sifat sombong.

4. Tidak meniup makanan yang masih panas

Bila makanan masih dalam keadaan panas, sebaiknya didinginkan dulu. Tidak diperkenankan meniup pada makanan dan minuman yang masih panas. Apabila hendak bernafas, maka lakukanlah di luar gelas.

Hadis Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang meniup (dalam gelas) ketika minum.” (HR. Tirmidzi hadis hasan menurut Syaikh al-Albani)

5. Tidak mencela makanan.

Setiap muslim dilarang untuk mencela makanan. Ini adab makan yang dicontohkan shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4613 seconds (0.1#10.140)