Inilah Khasiat Membaca Al-Qur'an Surat Fatir

Selasa, 10 Januari 2023 - 09:34 WIB
loading...
Inilah Khasiat Membaca Al-Quran Surat Fatir
Ada banyak khasiat dari kita membaca dan mengamalkan Surat Fatir, salah satunya dapat mempermudah jalan dalam mencari rezeki. Foto ilustrasi/ist
A A A
Banyak khasiat membaca Al-Qur'an Surat Fatir, karena di dalam surat ini disebutkan bahwa Allah adalah pencipta langit dan bumi, pencipta para malaikat, pencipta alam semesta, yang semua itu menjadi bukti atas kekuasaan dan kebesaran-Nya. Surat Fatir sendiri berarti 'Pencipta', yang terdiri dari 45 ayat dan termasuk golongan surat Makiyyah.

Surat Fathir juga merupakan surat terakhir di urutan surat-surat di dalam Al Qur'an yang dimulai dengan lafaldz Alhamdulillah. Tentang manfaat dan khasiat membaca Surat Fatir ditemui dalam hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, dan tafsir dari Surat Fatir sendiri.

Baca juga: Dampak Luar Biasa bagi Rumah yang Sering Dibacakan Ayat-ayat Al-Qur'an

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut khasiat membaca Surat Fatir ini, di antaranya sebagai berikut:

1. Jalan menuju surga dari pintu yang dikehendaki.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang membaca Surat Fathir karena mengharapkan apa yang ada di sisi Allah, maka Dia akan mendekatkannya kepada delapan pintu surga, dan setiap pintu itu berkata, ‘Mendekatlah dan masuklah dariku ke surga.’ Lalu ia pun masuk dari pintu mana pun yang dikehendakinya.’”

2. Sebagai doa untuk mempermudah datangnya rezeki

Khasiatnya bisa diperoleh dengan cara membaca Surat Fathir ayat 2 secara konsisten dan istiqamah pada setiap saat. Berikut bacaannya:

مَا يَفۡتَحِ اللّٰهُ لِلنَّاسِ مِنۡ رَّحۡمَةٍ فَلَا مُمۡسِكَ لَهَا ۚ وَمَا يُمۡسِكۡ ۙ فَلَا مُرۡسِلَ لَهٗ مِنۡۢ بَعۡدِه ؕ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ


"Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (QS. Fatir: 2)

3. Sebagai doa agar diberi keteguhan dan terhindar dari sifat was-was.

Caranya, amalkan dan baca Surat Fathir ayat 16-17. Berikut bacaannya:

اَيُّهَا النَّاسُ اَنۡتُمُ الۡفُقَرَآءُ اِلَى اللّٰهِۚ وَاللّٰهُ هُوَ الۡغَنِىُّ الۡحَمِيۡدُ


“Wahai manusia! Kamulah yang memerlukan Allah; dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu), Maha Terpuji." (QS. Fatir: 16)

اِنۡ يَّشَاۡ يُذۡهِبۡكُمۡ وَيَاۡتِ بِخَلۡقٍ جَدِيۡدٍۚ


“Jika Dia menghendaki, niscaya Dia membinasakan kamu dan mendatangkan makhluk yang baru (untuk menggantikan kamu).” (QS. Fatir: 17)

4. Dapat menyempurnakan pahala

Dalam ayat ke 30 disebutkan:

اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَۙ
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3015 seconds (11.252#12.26)