Topik Terkait: Al Jazeera (halaman 130)

  • Keunggulan Al-Quran...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 April 2022 - 12:48 WIB
    Al-Quran yang secara harfiah berarti bacaan sempurna karena tiada satu bacaan pun sejak manusia mengenal tulis baca yang dapat menandingi Al-Quran Al-Karim, bacaan sempurna lagi mulia itu.
  • Konsep Zakat Syari’ah...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 20:19 WIB
    Seperti halnya salat, Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani juga membagi zakat menjadi dua: zakat syariah dan zakat thariqah. Zakat thariqah menjurus ke zakat pahala. Apa itu?
  • Kisah OKI Gagal Cegah...
    Dunia Islam
    Rabu, 01 November 2023 - 09:35 WIB
    Kelemahan negara-negara Islam, kerancuan loyalitas dan ideologinya serta tidak diadopsinya kerja yang sungguh-sungguh sebelumnya, telah menjadikan OKI sebagai lembaga yang hampir tidak memiliki tujuan.
  • Begini Ciri-ciri Wali...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 17:56 WIB
    Segala pengalaman spiritual merupakan pengekangan, sebab sang wali diperintahkan untuk menjaga hal-hal itu. Segala yang diperintahkan untuk dijaga menimbulkan pengekangan.
  • Kisah Berkesan Bersama...
    Hikmah
    Minggu, 06 Desember 2020 - 07:05 WIB
    Berikut lanjutan kisah Ustaz Miftah el-Banjary ketika bertemu ulama Kharismatik Tegal Al-Habib Thahir bin Abdullah Alkaff di Kairo Mesir 2013 silam.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Begini Khasiat Surat...
    Hikmah
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 12:22 WIB
    Khusus keistimewaan surat Az-Zumar, barangsiapa yang meletakkannya di atas lengannya maka dia akan disukai oleh banyak orang dan mereka akan memuji kebaikannya
  • 5 Tipe Wanita Menurut...
    Muslimah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 09:34 WIB
    Sebagai muslimah, Al-Quran telah memberi tuntunan kepada orang yang beriman agar tidak salah dalam memiliki kepribadian tersebut, termasuk kepribadian mana yang diinginkan muslimah.
  • Letak Gua Ashabul Kahfi...
    Tausyiah
    Selasa, 15 November 2022 - 02:35 WIB
    Letak gua ashabul kahfi yang ada di surat Al-Kahfi diisyarakan pada ayat 17. Ayat ini mengulas tempat tinggal pemuda ashabul kahfi, mereka mendiami gua yang berada di sebuah gunun.
  • Jiwa Hewani dan Jiwa...
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Februari 2023 - 09:42 WIB
    Hati adalah sumbu lampu ini, dan jika penyaluran minyaknya diputus karena suatu alasan, maka matilah lampu itu. Seperti itulah kematian jiwa hewani.
  • 3 Golongan Manusia pada...
    Tausiyah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 08:30 WIB
    Pada hari kiamat manusia akan terbagi menjadi tiga golongan besar. Adapun tiga kelompok manusia ini diceritakan dalam Alquran Surah Al-Waqiah (hari kiamat).
  • Inilah Kisah Nabi Adam...
    Hikmah
    Sabtu, 13 April 2024 - 15:25 WIB
    Di dalam Al-Quran, banyak kisah tentang para Nabi dan Rasul terdahulu salah satunya kisah tentang Nabi Adam alaihissalam. Di surat Al Baqarah misalnya.
  • Keutamaan Surat Al Kafirun...
    Tips
    Rabu, 10 November 2021 - 17:24 WIB
    Surat Al-Kafirun yang dimulai dengan ayat yang berbunyi Qul yaaaaa ayyuhal kaafiruun, merupakan surat ke 109 dalam Al-Quran yang berada dalam juz terakhir (jus Amma).
  • Surat At-Tin Lengkap...
    Tips
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 21:47 WIB
    Surat At-Tin lengkap Arab latin, terjemahan dan keutamaan sangat baik ditadaburi dan dihafal oleh kaum muslim. Surat ini memiliki keutamaan istimewa bagi yang rutin membacanya.
  • Imam Hasan Al-Basri...
    Hikmah
    Minggu, 07 November 2021 - 11:21 WIB
    Hasan al-Basri memiliki seorang tetangga yang bernama Simeon, dia adalah seorang pemuja api. Suatu hari Simeon jatuh sakit dan ajalnya hampir tiba. Ini yang dilakukan Imam Hasan al-Basri.
  • Tak Hanya Duduki Masjid...
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 16:29 WIB
    Para pemukim Yahudi Israel memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur untuk memperingati hari kelima Sukkot.Di sisi lain, lima orang dicurigai meludahi umat Kristen di Kota Tua Yerusalem
  • Definisi Istri dalam...
    Muslimah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 14:29 WIB
    Menjadi istri saleha adalah dambaan setiap muslimah dan tentu saja yang diinginkan para lelaki muslim. Bagaimana kriteria dan defisi istri saleha ini dalam Al-Quran?
  • Hadis Berikut Ini Dinilai...
    Hikmah
    Rabu, 06 September 2023 - 05:15 WIB
    Hadis berikut ini dinilai banyak ulama sangat penting sehingga banyak dikajian. Hadis ini sangat penting untuk dihafal dan disebarkan karena hadis ini senjata dalam mengingkari kemungkaran, ujar Imam An-Nawawi.
  • Ketika Jatuh Sakit,...
    Hikmah
    Senin, 11 Oktober 2021 - 16:54 WIB
    Suatu hari Rabiah Al-Adawiyah jatuh sakit. Dia ditanya apa penyebabnya. Aku memandang Firdaus, jawabnya, Dan Tuhanku mendisiplinkanku. Ketika pemuka Basrah ingin membantu, ia menolak.
  • 8 Nasihat Imam Hatim...
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 17:41 WIB
    Siapa yang tak kenal Imam Hatim Al-Asham (wafat 237 H), seorang ulama besar Khurasan yang mendapat julukan Al-Asham (yang tuli). Berikut 8 nasihatnya yang menggugah hati.
  • Tanda Datangnya Kiamat...
    Muslimah
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 10:50 WIB
    Salah satu tanda segera datangnya kiamat adalah kemunculan banyak perempuan al-Mutabariijat. Siapakah itu dan apa ciri-ciri wanita al-Mutabarrijat tersebut?