Topik Terkait: Buah Dan Sayuran Yang Disebut Al Quran (halaman 2)

  • 4 Keutamaan Surat Al-Fath dan Khasiatnya
    Tips
    Minggu, 26 Juni 2022 - 22:17 WIB
    Surat Al-Fath (kemenangan) merupakan surat ke-48 dalam Al-Quran terdiri atas 29 ayat. Surat ini memiliki keutamaan dan khasiat yang luar biasa.
  • Inilah Tips Cantik dan Awet Muda Sesuai Al-Quran dan Sunnah
    Muslimah
    Minggu, 27 Juni 2021 - 11:24 WIB
    Tampil cantik dan indah merupakan dambaan setiap perempuan. Tak heran bila banyak perempuna melakukan beragam cara untuk mendapatkan itu.Tapi, tahukah bahwa ada berbagai rangkaian ibadah yang dapat membantu seseorang selalu terlihat cantik dan awet muda?
  • Ra Tafkhim: Pengertian dan Contoh Bacaannya
    Tips
    Selasa, 06 Juni 2023 - 17:47 WIB
    RaTafkhim merupakan salah satu cabang dari hukum bacaan ilmu tajwid. Dengan belajar menggunakan hukum bacaan yang satu ini akan bisa membaca Alquran dengan fasih, baik dan benar.
  • Bolehkah Memegang Mushaf Al-Quran Tanpa Wudhu? Ini Pendapat 4 Mazhab
    Tausyiah
    Sabtu, 16 September 2023 - 09:22 WIB
    Bolehkah memegang atau menyentuh Kitab Suci Al-Quran tanpa wudhu? Berikut pendapat empat Mazhab populer ahlus sunnah waljamaah (Hanafi, Maliki, Syafii dan Hambali).
  • Juz 29 Al Qur’an Berisikan Surat Apa Saja?
    Tips
    Senin, 06 Mei 2024 - 16:56 WIB
    Juz 29 dalam Al Quran terdiri atas sejumlah surat berbeda. Dimulai dari surat Al Mulk dan diakhiri dengan surat Al Mursalat.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Tadabbur An-Nur Ayat 34: Kesempurnaan Al-Quran Menceritakan Kisah Orang-orang Terdahulu
    Hikmah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 14:35 WIB
    Tadabbur An-Nur Ayat 34, kesempurnaan al-Quran menceritakan kisah orang-orang terdahulu. Allah subhanahu wa taala telah mneurunkan ayat-ayat yang memberi penjelasan dan menjadi pelajaran bagi orang yang bertakwa.
  • Dampak Luar Biasa bagi Rumah yang Sering Dibacakan Ayat-ayat Al-Quran
    Muslimah
    Senin, 16 Mei 2022 - 09:04 WIB
    Rumah yang sering dibacakan ayat-ayat Al-Quran akan memiliki dampak yang luar biasa. Hal itu diisyaratkan oleh seorang sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yakni Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu.
  • Mushaf Al-Quran: Benda Paling Bidah
    Tausyiah
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 23:07 WIB
    Kalau ada benda yang paling bidah di dunia ini, maka jawabannya adalah mushaf Al-Quran 30 juz. Lho, kok bisa? Sebab, di zaman Nabi Muhammad, benda itu tidak ada.
  • Ketika Al-Quran Bisa Menjadi Pembela atau Musuh Kita
    Muslimah
    Senin, 18 Oktober 2021 - 19:15 WIB
    Sebagai Kalamullah, Al-Quran bisa bermanfaat dan menjadi pembela umat muslim. Sebaliknya, Al-Quran ternyata bisa pula menjadi musuh. Bagaimana maksudnya dan kapan hal tersebut bisa terjadi?
  • 5 Doa Sebelum Membaca Al-Quran, Nomor 4 Latunkan Doa untuk Orang Tua
    Tips
    Selasa, 27 Desember 2022 - 11:05 WIB
    Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah Allah subhanahu wataala mengganjar seseorang yang membaca Al-Quran setiap huruf yang ia baca dengan pahala yang besar.
  • Presiden yang Fasih Membaca Al-Quran
    Dunia Islam
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 16:21 WIB
    Membaca Al-Quran dengan fasih bagi kalangan biasa, mungkin sudah biasa. Tetapi jika yang membacanya adalah seorang presiden tentu menjadi luar biasa. Berikut presiden yang fasih membaca Al-Quran.
  • 3 Aspek dalam Al-Quran yang Jadi Bukti Kebenaran Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Ketiga aspek yang dimaksud adalah: Pertama, aspek keindahan dan ketelitian redaksi-redaksinya. Kedua adalah pemberitaan-pemberitaan gaibnya. Ketiga, isyarat-isyarat ilmiahnya
  • Ayat-ayat Al-Quran yang Memberi Motivasi dan Semangat Hidup
    Tips
    Rabu, 24 November 2021 - 13:32 WIB
    Motivasi memiliki pengaruh yang kuat bagi seseorang untuk melakukan sesuatu atau memberikan semangat yang selalu berhasil membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik.
  • Tadabbur Al-Hasyr Ayat 1: Semua yang di Langit dan Bumi Bertasbih kepada Allah
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 20:38 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang keagungan Allah dimana semua makhluk yang ada di langit maupun di bumi bertasbih kepada Allah. Berikut penjelasannya.
  • Idulfitri dalam Al-Quran: Ada Kaitannya dengan Kisah Adam dan Hawa
    Tausyiah
    Selasa, 09 April 2024 - 13:44 WIB
    Dosa memang mengakibatkan manusia menjauh dari posisinya semula. Baik kedekatan posisinya terhadap Allah maupun sesama manusia. Demikianlah salah satu kesan yang diperoleh dari sekian banyak ayat Al-Quran.
  • Bacalah Ayat-ayat Al-Quran agar Diberi Kelapangan Hati, Yuk Amalkan!
    Tips
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:55 WIB
    Doa dari ayat-ayat Al-Quran untuk memohon dan diberi kelapangan hati ini, seyogyanya dapat diamalkan oleh setiap muslim. Apa saja ayatnya?
  • Kisah di Balik Surat Al Fil, Kuasa Allah Menyerang Pasukan Gajah yang Hendak Hancurkan Kakbah
    Hikmah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:36 WIB
    Surat Al-Fil adalah salah satu surat ke- 105 dalam Al-Quran yang berisi kisah menakjubkan tentang kehancuran pasukan gajah yang hendak menghancurkan Kakbah.
  • Cara Menghafal Al-Quran dengan Mudah dan Cepat
    Tips
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 15:16 WIB
    Cara menghafal Al-Quran dengan mudah dan cepat mesti diawali dengan niat yang tulus. Berikut Cara Menghafal Al-Quran sebagaimana dijelaskan oleh Ustaz Adi Hidayat (UAH).
  • 15 Ilmu Ini Harus Dikuasai Jika Ingin Menafsirkan Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 05 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Siapa yang memakai pendapat sendiri tentang isi Al-Quran, maka ia telah melakukan kesalahan walaupun pendapatnya benar. Untuk menafsirkan Al-Quran, diperlukan keahlian dalam 15 bidang ilmu.
  • Anjuran Bersabar Tercantum dalam Puluhan Ayat Al Quran
    Tausyiah
    Kamis, 25 Januari 2024 - 09:21 WIB
    Sabar termasuk akhlak yang paling mulia dan utama. Sabar mendapat banyak perhatian dari Al-Quran di dalam surat-surat-Nya, baik Makkiyah atau yang Madaniyah.