Topik Terkait: Gerhana Bulan (halaman 3)

  • 8 Peristiwa Bulan Rajab yang Sangat Bersejarah Bagi Umat Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Februari 2022 - 16:29 WIB
    Banyak peristiwa bulan Rajab yang sangat bersejarah bagi umat Islam. seperti diketahui, Rajab adalah bulan ke tujuh dalam kalender Islam dan merupakan salah satu bulan dari empat bulan yang dimuliakan (bulan haram) oleh Allah Subhanahu wa taala.
  • Benarkah Perbuatan Buruk di Bulan Ramadhan, Dosanya Dilipatgandakan?
    Muslimah
    Senin, 11 April 2022 - 20:07 WIB
    Berbagai amalan kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan, pahalanya akan dilipatgandakan. Bagaimana dengan hal sebaliknya? Benarkan perbuatan buruk yang dilakukan di bulan suci ini, dosanya pun dilipatgandakan?
  • Alasan Kenapa Syaban Disebut Bulan Bersholawat
    Hikmah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 21:13 WIB
    Setiap bulan dalam kalender Islam memiliki hikmah dan hakikat sendiri. Inilah alasan kenapa Syaban disebut sebagai bulan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Inilah 7 Tips Sehat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
    Tips
    Kamis, 21 April 2022 - 13:56 WIB
    Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh memerlukan stamina dan kondisi tubuh yang prima. Nah, agar kita dapat menjaga tubuh tetap sehat serta tetap semangat menjalankan ibadah puasanya, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan.
  • Penjelasan Gus Baha Tentang Hakikat Gerhana Bulan
    Tausyiah
    Kamis, 25 November 2021 - 05:07 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) memberi penjelasan menarik terkait gerhana bulan yang terjadi Jumat lalu 19 November 2021.
  • Dalil-dalil Keutamaan Amalan Bulan Muharram
    Tausyiah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:03 WIB
    Menyambut bulan Muharram atau awal tahun baru Islam, umat muslim dianjurkan menyambutnya dengan memperbanyak amal ibadah maupun amalan. Karena banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan amaliyah (amalan ibadah sunnah) pada bulan tersebut.
  • Mengapa Bulan Ramadhan Wajib Disambut dengan Gembira? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:11 WIB
    Bukanlah termasuk orang yang beriman jika datangnya Bulan Ramadhan disambut dengan bersedih hati. Ibarat kerabat dekat atau sahabat yang hendak berkunjung ke rumah, maka harus disambut dengan gembira dan antusias.
  • Pra-Islam: Masyarakat Jahiliah Jadikan Bulan Rajab sebagai Bulan Berkurban
    Hikmah
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 10:32 WIB
    Dalam tradisi Arab, asyhurul hurum merupakan salah satu alasan bagi mereka untuk berhenti berperang. Pada era Jahiliah masyarakat Arab menyembelih kurban di bulan tersebut.
  • Amalan Sunah Bulan Dzulqadah yang Penuh Kebajikan
    Tips
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 08:19 WIB
    Ada beberapa amalan sunah di bulan Dzulqadah yang bisa mendekatkan diri pada Allah subhanahu wa taala, dan hendaknya bisa kita amalkan.
  • Inilah Keutamaan Bulan Syawal Beserta Amalan yang Bisa Dilakukan
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 18:02 WIB
    Bulan Syawal menjadi bulan dalam kalender Islam yang memiliki banyak keutamaan selain bulan Ramadhan. Selain dengan adanya Hari Raya Idul Fitri tepat pada tanggal 1 Syawal, bulan ini juga memiliki berbagai keutamaan di dalamnya.
  • Kisah Kedermawanan Nabi Muhammad SAW di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Kamis, 06 April 2023 - 04:02 WIB
    Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam (SAW) adalah orang paling dermawan. Kedermawanan beliau lebih dahsyat lagi di bulan suci Ramadan melebihi angin berembus.
  • Jumat Pertama Bulan Syawal, Perbanyak Doa dan Selawat di Waktu Mustajab
    Hikmah
    Jum'at, 12 April 2024 - 05:15 WIB
    Hari ini (12/4) merupakan hari Jumat pertama di bulan Syawal, dan dianjurkan buat kaum muslim agar dijadikan momentum untuk memperbanyak doa dan selawat.
  • 3 Amalan Utama di Bulan Muharram, Apa Saja?
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 23:10 WIB
    Malam ini kita telah memasuki 1 Muharram 1445 Hijriah, bulan yang sangat dimuliakan Allah. Ada tiga amalan utama di bulan Muharram yang perlu diketahui dan diamalkan umat Islam.
  • Bolehkah Menikah di Bulan Dzulhijjah? Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 Juli 2022 - 09:33 WIB
    Bolehkah menikah di bulan Dzulhijjah? Pertanyaan ini masih banyak terjadi di kalangan umat, sehubungan keistimewaan bulan haji yang dianggap bulan baik untuk pernikahan.
  • Amalan-amalan Sunah di Bulan Muharram yang Bertabur Pahala
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 15:00 WIB
    Muharram termasuk bulan yang dimuliakan Allah SWT. Saking mulianya, ia dijuluki dengan syahrullah (bulan Allah). Muharram dikatakan mulia karena di dalamnya terdapat amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk melakukannya.
  • Bulan Ramadhan, IWAPI Berbagi Kasih Bersama Anak Yatim Piatu dan Dhuafa
    Dunia Islam
    Rabu, 20 April 2022 - 13:34 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan suci, dimana umat muslim berlomba mencari pahala dengan memberikan santunan kepada mereka yang berhak.
  • Adakah Keutamaan Menikah di Bulan Dzulhijjah?
    Muslimah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 13:43 WIB
    Di masyarakat kita masih ada pemahaman bahwa ketika ingin melaksanakan pernikahan sebaiknya digelar pada bulan Dzulhijjah atau bulan yang dikenal dengan Lebaran Haji? Benarkah demikian dan adakah keutamaannya?
  • 9 Peristiwa Bersejarah di Bulan Syawal yang Penting Diketahui Umat Islam
    Hikmah
    Senin, 24 April 2023 - 08:58 WIB
    Bulan Syawal 1444 Hijriah sudah kita masuki, dan ternyata banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Istimewa ini. Peristiwa penting apa saja?
  • Arab Saudi Ajak Umat Islam Lihat Bulan Sabit Ramadhan pada Minggu Malam
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 April 2021 - 20:01 WIB
    Mahkamah Agung (MA) Arab Saudi mengajak semua Muslim di seluruh negeri untuk melihat bulan sabit bulan suci Ramadhan pada Minggu malam.
  • Doa-doa di Bulan Syaban, Yuk Amalkan!
    Tips
    Selasa, 20 Februari 2024 - 08:31 WIB
    Ada doa-doa yang dianjurkan diamalkan memasuki bulan Syaban 1445 hijriah ini. Doa merupakan intisari ibadah dan senjata orang beriman.