Bahaya Bermaksiat di Bulan Ramadhan, Dosanya Dilipatgandakan

Kamis, 14 April 2022 - 22:04 WIB
loading...
Bahaya Bermaksiat di Bulan Ramadhan, Dosanya Dilipatgandakan
Hendaknya umat muslim menjauhi perkara maksiat pada bulan Ramadhan karena dosanya dilipatgandakan. Foto/dok ponpesduacirebon.id
A A A
Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan setiap muslim wajib memuliakannya dengan menjauhi segala perkara maksiat. Dalam Hadis juga disebutkan bahwa setiap amalan yang dikerjakan di bulan Ramadhan pahalanya dilipatgandakan.

Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad berkata:

نوافل رمضان بمنزلة الفرائض في غيره من الشهور، من حيث الثواب. وفرائضه مضاعفة على الفرائض في غيره إلى سبعين ضعفا

Artinya: "Ibadah sunnah pada bulan Ramadhan pahalanya seperti pahala ibadah fardhu di bulan lainnya. Dan ibadah fardhu pada bulan Ramadhan pahalanya dilipatgandakan sampai 70 kali lipat dari bulan lainnya."



Umat muslim jangan terlena karena perkara maksiat yang dikerjakan seseorang juga dilipatgandkan dosanya pada bulan ini. Dalam hadis dijelaskan:

فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ فَإِنَّ الْحَسَنَاتِ تُضَاعَفُ فِيهِ وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ

Artinya: "Takutlah kalian terhadap bulan Ramadhan. Karena pada bulan ini, kebaikan dilipatkan sebagaimana dosa juga dilipat-gandakan." (HR. at-Thabrani)

Berkata Habib Salim Asy-Syatiri:

وتعظم النظرة ووزرها في الأماكن المقدسة وفي الأوقات الفاضلة كليالي رمضان، وكذلك أيضا في الأماكن المقدسة من المساجد والحرمين الشريفين ونحوها.

Artinya: "Melakukan maksiat di waktu-waktu yang mulia, seperti malam-malam Ramadhan dan di tempat-tempat yang suci seperti Makkah, Madinah, dosanya dilipatgandakan."

Karena itu, hendaknya umat muslim memperhatikan aktivitasnya di bulan ini. Jangan sampai kemuliaan Ramadhan ternodai dengan perkara-perkara maksiat. Ada tujuh anggota badan yang mesti dijaga agar terhindar dari dosa dan maksiat. Ketujuh anggota badan tersebut adalah mata, telinga, lidah, perut, kemaluan, tangan dan kaki.
Bahaya Bermaksiat di Bulan Ramadhan, Dosanya Dilipatgandakan

Tulisan ini dikirim oleh Ali Musthafa Siregar, Mahasiswa Fakultas Syari'ah Universitas Al-Ahgaff Hadhramaut Yaman.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)