Topik Terkait: Gunung Merapi (halaman 2)

  • Kisah Sufi Sayed Shah Qadiri: Jalan Gunung
    Hikmah
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 16:54 WIB
    Kepercayaan yang sebenarnya merupakan sesuatu yang lain. Mereka yang mampu memiliki kepercayaan yang sebenarnya adalah yang pernah mengalami sesuatu
  • Air Sampai ke Gunung, Allah Mengangkat Bait al-Ma’mur ke Langit
    Hikmah
    Selasa, 28 April 2020 - 11:49 WIB
    Tatkala air telah naik sampai ke gunung, Dia angkat Bait al-Mamur itu ke langit. Ia disebut dengan Al-bait al-Mamur al-Atiq karena ia diselamatkan dari Banjir Besar.
  • Kaki Gunung Hail di Arab Saudi, Bukan Sekadar Gurun
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 08:43 WIB
    Arab Saudi tak gersang lagi. Di wilayah Hal menawarkan pemandangan ngarai, dataran, gurun Al-Nafud, dan kaki gunung yang indah. Wilayah ini terletak di barat laut Arab Saudi.
  • Nabi Sulaiman Kendarai Kuda ke Langit Dibantu Kumpulan Angin yang Menyerupai Gunung
    Hikmah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Allah SWT memberi kemampuan kepada Nabi Sulaiman untuk menundukkan angin agar dapat membantu kepentingannya. Suatu ketika Nabi Sulaiman mengumpulkan angin menyerupai gunung.
  • Khotbah Jumat: Beratnya Amanah, Gunung Pun Enggan untuk Memikulnya
    Tausyiah
    Jum'at, 08 September 2023 - 05:10 WIB
    Khotbah Jumat kali ini mengulas tentang kewajiban menjaga amanah. Tema ini bisa menjadi nasihat berharga bagi yang diberi amanah jabatan ataupun kedudukan.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Bau Busuk dan Angkernya Kuburan Abu Lahab, Paman Sekaligus Musuh Nabi SAW
    Hikmah
    Senin, 01 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Paman Nabi ini mati secara mengenaskan. Sebelum mati, ia menderita sakit parah yang menebarkan aroma busuk sehingga tak ada yang sudi mendekatinya. Bagaimana kondisi kuburannya kini?
  • Jalan Gunung: Ahli Logika Cenderung Buram Matanya, Benarkah?
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 06:15 WIB
    Seorang bijaksana berkata, Harus diakui, para ahli logika cenderung buram matanya, dan mesti meminta orang lain membantunya. Tetapi, soal yang terjadi kali ini adalah sebaliknya.
  • Keistimewaan Jabbal Qasiyun, Ketika Kiamat Terjadi Hanya Gunung Ini yang Bertahan
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 12:04 WIB
    Jabbal Qasiyun di Damaskus, Suriah, diyakini banyak keistimewaannya. Ada yang mengatakan tatkala terjadi gempa bumi dahsyat pada Hari Kebangkitan, tak akan menyentuh gunung ini.
  • Doa Ketika Gunung Meletus, Jangan Lupa Amalkan!
    Tips
    Selasa, 06 Desember 2022 - 15:22 WIB
    Doa ketika gunung meletus atau zikir-zikir lain saat terjadi bencana sangat penting kita panjatkan dan kita wiridkan sebagai bentuk kita meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Taala.
  • Temuan Gunung Berapi Bawah Laut dan Isyarat Surah At-Tur Ayat 1-8
    Tausyiah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 11:58 WIB
    Banyak pihak yang menghubungkan temuan gunung berapi raksasa di bawah laut Samudera Hindia dengan isyarat dalam Al-Quran surat At-Tur ayat 1-8. Bagaimana ulama menafsirkan ayat ini?
  • Kisah Tragis Utsman bin Affan (2): Ketika Rasulullah Bicara dengan Gunung Uhud dan Hira
    Hikmah
    Rabu, 18 November 2020 - 13:11 WIB
    Kepada Gunung Uhud Rasulullah bersabda: Tenanglah (engkau) wahai Uhud, tidaklah yang di atasmu melainkan seorang Nabi, shiddiq dan dua orang syahid
  • Kiamat Mendekat: Sungai Efrat Kian Surut, Tinggal Tunggu Munculnya Gunung Emas
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 14:42 WIB
    KIamat mendekat. Sungai Eufrat kian mengering. Para ahli memperingatkan bencana krisis kemanusiaan. Kini, tinggal kita tunggu apa yang disabdakan Rasulullah SAW.
  • Kuburan Busuk Abu Lahab: Begini Bengisnya Keluarga Si Gendut Ini kepada Nabi SAW
    Hikmah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Abu Lahab dan istrinya, Ummu Jamil, berang. Mereka meminta kedua putranya agar menceraikan putri-putri Rasulullah SAW. Haram jika kalian berdua tidak menceraikan kedua putri Muhammad!
  • Kiamat Sudah Dekat (1): Tanda Itu Datang dari Sungai Eufrat dan Kongo
    Hikmah
    Senin, 15 Maret 2021 - 16:36 WIB
    Sekira 4.774 km dari Sungai Eufrat, tepatnya di wilayah Republik Kongo, Afrika, ribuan orang berbondong-bondong menyerbu sebuah gunung emas di Luhihi, di Provinsi Kivu Selatan.
  • Abu Nawas Menyanggupi Memindahkan Istana Raja ke Atas Gunung
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 17:05 WIB
    Baginda ingin istananya dipindah ke puncak gunung, seperti para jin memindahkan singgasana Ratu Bilgis di dekat istana Nabi Sulaiman. Maka dipanggillah Abu Nawas untuk misi itu.
  • Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.
  • Amalkan Qunut Nazilah Secara Pribadi, Jangan Disertai  Kutukan
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 08:56 WIB
    Muhammadiyah menganjurkan umat Islam banyak beristighfar, bertaubat,&nbsp dan berdoa kepada Allah dalam menghadapi wabah virus corona. Selain itu, meningkatkan membaca al-Quran, berzikir, bersalawat atas Nabi, dan membaca qunut nazilah secara individu.
  • Mendalami Al-Quran Kini Lebih Mudah dengan Layanan Tafsir Digital
    Hikmah
    Rabu, 01 April 2020 - 20:13 WIB
    Al-QURAN diturunkan ke dunia oleh Allah Taala sebagai petunjuk jalan yang benar. Berbagai keistimewaan dijanjikan Allah bagi siapapun yang membaca dan mengamalkan isi Al-Quran.