Topik Terkait: Hikmah Puasa Syawal

  • Inilah Hikmah dan Manfaat Puasa 6 Hari di Bulan Syawal
    Tausyiah
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 09:44 WIB
    Setelah merayakan Idul Fitri, umat Islam dianjurkan mengamalkan 6 hari puasa Syawal. Banyak keistimewaan dan hikmah serta manfaat dari puasa Syawal ini. Apa saja hikmah dan manfaatnya?
  • 10 Hal Terkait Puasa Syawal: Pertama, Dasar dan Fadilah
    Tips
    Rabu, 10 April 2024 - 16:45 WIB
    Ada beberapa hal yang perlu diketahui umat Islam seputar puasa sunah Syawal. Hari ini kita baru emasuki 1 Syawal 1445 Hijriyah bertepatan Rabu, 10 April 2024.
  • Jadwal Puasa Sunnah Bulan Mei 2022 Bertepatan Syawal
    Tips
    Rabu, 04 Mei 2022 - 10:05 WIB
    Jadwal puasa sunnah bulan Mei 2022 bertepatan Syawal 1443 Hijriyah perlu diketahui kaum muslimin. Puasa di bulan ini akan menjadi penyempurna puasa Ramadhan.
  • Batas Puasa Syawal 2024 Sampai Kapan?
    Tausyiah
    Senin, 29 April 2024 - 15:10 WIB
    Batas puasa Syawal tahun 2024 sampai kapan? Pertanyaan ini menjadi penentu kapan berakhirnya waktu melaksanakan puasa sunnah Syawal selama 6 hari tersebut.
  • Jangan Lewatkan Pekan ini Jadwal Terakhir Puasa Sunnah Syawal
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 20:15 WIB
    Bagi Anda yang belum melaksanakan puasa sunnah Syawal sama sekali, masih ada kesempatan untuk menunaikannya. Pekan ini atau 6 hari ke depan adalah waktu terakhir.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Inilah Hikmah dan Manfaat Puasa Sunnah Syawal
    Muslimah
    Minggu, 16 Mei 2021 - 15:25 WIB
    Setelah menyelesaikan puasa Ramadhan, umat Islam juga dianjurkan mengamalkan 6 hari puasa Syawal setelah merayakan Idul Fitri. Banyak keistimewaan dan hikmah serta manfaat dari puasa Syawal ini. Apa saja hikmah dan manfaatnya?
  • Pahala Puasa Syawal 6 Hari, Seolah-olah Puasa Setahun
    Tausyiah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 17:17 WIB
    Disunnahkan berpuasa enam hari di bulan Syawal, meskipun dilaksanakan dengan terpisah-pisah. Keutamaan tidak akan tetap diraih bila berpuasa di selain bulan Syawal.
  • Hukum 6 Hari Puasa Syawal Saat Masih Punya Utang Puasa Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 16:45 WIB
    Para ulama berselisih pendapat dalam masalah, apakah boleh mendahulukan puasa sunnah (termasuk puasa enam hari di bulan Syawal) sebelum melakukan puasa qadha Ramadhan.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Sunnah Syawal
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • Puasa Syawal Haruskah Berturut-turut? Ini Pendapat 4 Mazhab
    Tips
    Selasa, 03 Mei 2022 - 22:19 WIB
    Setelah Ramadhan berlalu, saatnya umat muslim menunaikan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal. Haruskah puasa sunnah 6 Syawal ini dikerjakan berturut-turut?
  • Tata Cara Puasa Syawal, Fadilah dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Kamis, 05 Mei 2022 - 11:05 WIB
    Tata cara puasa Syawal berikut fadilah dan niatnya penting untuk diketahui umat muslim. Salah satu puasa yang dianjurkan adalah puasa sunnah 6 hari pada bulan Syawal.
  • Bolehkah Puasa Syawal di Hari Jumat?
    Tips
    Senin, 22 April 2024 - 15:34 WIB
    Bolehkah puasa Syawal di hari Jumat? Pertanyaan ini diajukan sebab sebagaimana kita ketahui, terdapat hadis yang melarang kita mengkhususkan puasa sunah di hari Jumat.
  • Hikmah Puasa Ramadan dan 7 Manfaatnya Bagi Tubuh
    Tausyiah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Hikmah puasa Ramadan dan manfaatnya bagi tubuh penting diketahui umat muslim. Puasa berasal dari kata shaum atau shiyam yang artinya menahan. Berikut ulasannya.
  • Menggabungkan Puasa Syawal dan Qadha Ramadan Beserta Niatnya
    Tips
    Rabu, 24 April 2024 - 11:23 WIB
    Bolehkah bolehkah menggabung puasa sunnah 6 hari Syawal dengan qadha Ramadan, terutama yang masih punya utang puasa Ramadan?
  • Kisah Laki-laki Selamat di Alam Kubur Berkat Puasa Sunnah Syawal
    Hikmah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 17:15 WIB
    Puasa sunnah enam hari di bulan Syawal hukumnya memang sunnah, namun fadilahnya dapat menyelamatkan seseorang dari siksa kubur. Berikut kisahnya.
  • Benarkah Puasa Syawal 6 Hari Sama Dengan Puasa Setahun?
    Muslimah
    Kamis, 20 Mei 2021 - 16:08 WIB
    Amalan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal, seringkali disebut seperti puasa setahun penuh. Benarkah demikian? Apa saja keistimewaan puasa sunnah ini?
  • Puasa Ramadan dan Lima Hikmah di Dalamnya
    Tausyiah
    Minggu, 24 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Puasa Ramadan memiliki lima pelajaran. Antara lain, puasa diawasi dan dinilai sendiri Allah, miniatur kehidupan, melatih berbagi, melatih kejujuran dan puasa mencetak orang takwa.
  • Puasa Syawal, Pahalanya Seperti Puasa Setahun Penuh
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Puasa Syawal adalah puasa 6 hari di bulan Syawal. Puasa ini hukukmnya sunnah. Puasa Syawal biasanya dilakukan segera setelah hari raya Idul Fitri.
  • Pelaksanaan Puasa Syawal Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Sabtu, 13 April 2024 - 05:15 WIB
    Dalam praktik atau pelaksanaannya, puasa 6 hari di bulan Syawal ini masih banyak yang belum memahami. Bahkan muncul pertanyaan, haruskah dilaksanakan berturut-turut atau boleh dicicil?
  • Bolehkah Puasa Syawal Dikerjakan Tidak Berurutan?
    Tausyiah
    Selasa, 25 April 2023 - 08:37 WIB
    Bolehkah puasa Syawal dikerjakan tidak berurutan? Hal ini sering ditanyakan kaum muslim mengingat waktunya yang cukup panjang di bulan Syawal dan melaksanakannya selama 6 hari. Bagaimana menurut syariat?