Topik Terkait: Keistimewaan Manusia

  • 7 Tahapan Penciptaan Manusia, Ini Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Selasa, 28 Juni 2022 - 23:40 WIB
    Salah satu tanda kebesaran Allah adalah menjadikan manusia dari setetes air mani (Nuthfah) kemudian berkembang menjadi makhluk sempurna. Berikut tujuh tahapannya.
  • 6 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan
    Muslimah
    Kamis, 08 April 2021 - 18:23 WIB
    Ibadah puasa apalagi di bulan Ramadhan merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab untuk mendapatkan ampunan dosa-dosa, dilipatgandakan kebaikan, dan pengangkatan derajat.
  • Keutamaan dan Keistimewaan Malam Nuzulul Quran
    Muslimah
    Jum'at, 23 April 2021 - 15:38 WIB
    Ada satu malam di bulan Ramadhan yang menjadi saksi sebuah peristiwa penting bagi Umat Islam, yakni turunnya Al-Quran untuk pertama kalinya. Peristiwa ini disebut Nuzulul Quran.
  • Keistimewaan Sedekah di Waktu Subuh, Langsung Didoakan Malaikat
    Tips
    Sabtu, 18 Februari 2023 - 19:29 WIB
    Banyak ulama menganjurkan umat muslim selalu bersedekah, salah satunya rutin mengamalkan sedekah di waktu subuh. Mengapa di waktu subuh? Adakah keistimewaannya? Dan bagaimana Dalilnya?
  • Keistimewaan Hari Jumat, Saatnya Muslimah Meningkatkan Amal Ibadah
    Muslimah
    Jum'at, 12 November 2021 - 06:30 WIB
    Seorang muslimah hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya. Seperti meningkatkan jumlah rakaat sholat sunnah, memperbanyak pemberian sedekah, membaca Al-Quran
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Keistimewaan Wanita Tarim: Tak Kenal Musik, Hari-harinya Adalah Ibadah
    Muslimah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:38 WIB
    Wanita-wanita Tarim, Hadhramaut Yaman sering dijuluki bidadarinya bumi. Aurat mereka terjaga dalam balutan jubah-jubah berwarna hitam gelap.
  • 5 Hal yang Meracuni Hati Manusia
    Muslimah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:52 WIB
    Hati manusia ibarat panglima dalam keseluruhan tubuhnya, sementara anggota tubuh ibarat tentaranya. Mereka semua akan menaati panglimanya, melaksanakan perintahnya dan tidak akan menyelisihinya.
  • 10 Keistimewaan Umar bin Khattab, Ditakuti Setan Hingga Punya Tempat Khusus di Surga
    Hikmah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 18:00 WIB
    Sayidina Umar bin Khattab radhiyallahu anhu adalah sababat Nabi yang memiliki banyak keutamaan dan berjasa besar untuk Islam. Berikut 10 keistimewaan Umar yang dijuluki Al-Faruq.
  • Inilah Karakter Buruk Manusia yang Disebutkan dalam Al Quran
    Muslimah
    Jum'at, 12 Maret 2021 - 09:01 WIB
    Disamping kedahsyatan penciptaan manusia dan struktur yang ada dalam tubuhnya, manusia juga dianugerahi beberapa karakter buruk yang jika tidak diobati, maka akan merugikan manusia itu sendiri.
  • Malaikat Mu’aqibat, Inilah Malaikat Para Penjaga Manusia
    Muslimah
    Sabtu, 20 Maret 2021 - 16:59 WIB
    Hal-hal ajaib yang mustahil terjadi dalam perhitungan logika manusi, ternyata terjadi bukan karena keberuntungan, tetapi sejatinya ada malaikat penjaga dan pendamping yang diutus untuk setiap manusia.
  • Pentingnya Kalkulasi Perjalanan Hidup Manusia
    Tausyiah
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 22:33 WIB
    Begitu banyak manusia yang kecenderungan hidupnya hanyalah jamaa maalan (mengakumulasi kekayaan) dan addadah (menghitung-hitungnya).
  • Waspada, Inilah 8 Pintu Masuk Setan Dalam Menggelincirkan Manusia
    Muslimah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 15:36 WIB
    Setan tidak pernah lelah akan terus mencari cara untuk selalu menggoda manusia yang imannya lemah untuk menjadi temannya kelak di neraka. Mereka masuk melalui pintu-pintu yang paling mudah ditembus dalam diri manusia.
  • 3 Sumber Keburukan Manusia yang Disebutkan Dalam Al-Quran
    Tips
    Rabu, 15 Desember 2021 - 08:20 WIB
    Syaikul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Tazkiyatun Nafs menyatakan bahwa sumber keburukan manusia itu adalah kelalaian, hawa nafsu (syahwat), kezaliman dan kebodohan.
  • Keistimewaan Tarim (2), Rumah dan Jalanannya Dipenuhi Cahaya
    Hikmah
    Rabu, 21 April 2021 - 22:33 WIB
    Kota Tarim Hadhramaut Yaman dianggap sebagai salah satu negeri yang paling diberkahi karena merupakan tempat berkumpulnya wali-wali Allah. Berikut perkataan Ulama tentang Tarim
  • Inilah Golongan Manusia yang Mendapat Naungan Allah SWT di Hari Kiamat
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 14:29 WIB
    Ada beberapa golongan manusia yang dihiraukan (dipedulikan) Allah Subhanahu Wa Taala di hari kiamat kelak. Siapa saja golongan itu dan bagaimana dalilnya?
  • 4 Golongan Manusia Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani
    Tausyiah
    Senin, 22 Mei 2023 - 18:15 WIB
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani (wafat 561 Hijriyah) dikenal sebagai ulama bergelar Sulthanal Auliya (pemimpin para Wali). Beliau membagi manusia ke dalam 4 golongan.
  • Mengapa Manusia Diberi Ujian Hidup? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:29 WIB
    Setiap manusia akan diberi ujian masing-masing dalam menjalani kehidupan dunia sesuai ketetapan Allah Subhanahu wa taala. Ujian manusia ini diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar dan tidak.
  • Memahami Makna Manusia Pengemban Tugas Kekhalifahan
    Tausyiah
    Kamis, 20 April 2023 - 04:00 WIB
    Tugas kekhalifahan yang diemban itu hanya bersifat perantara, tidak mencapai tingkat sang pemberi wewenang. Juga tidak sampai merendah hingga pada tingkatan seseorang yang tidak mempunyai kewenangan.
  • Enam Jenis Bisikan Setan yang Merasuki Manusia
    Muslimah
    Selasa, 17 November 2020 - 18:28 WIB
    Salah satu jalan jin merasuki tubuh manusia adalah melalui bisikan. Yakni penguasaan setan atas diri manusia dengan membuatnya tidak sadar. Misalnya sering menghayal, berandai-andai atau memikirkan sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat sama sekali.
  • Tadabbur Surat An-Nisa Ayat 28: Manusia Diciptakan Bersifat Lemah
    Hikmah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 21:31 WIB
    Tadabbar ayat Al-Quran kali ini mengkaji Surat An-Nisa Ayat 28 di mana Allah menciptakan manusia bersifat lemah (dhaif). Berikut penjelasannya.