Topik Terkait: Keutamaan Bulan Muharram

  • Keutamaan Bulan Muharram dan Amalan yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Rabu, 27 Juli 2022 - 23:56 WIB
    Beberapa hari lagi kita akan memasuki 1 Muharram 1444 Hijriyah. Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam (Hijriyah) yang memiliki banyak keutamaan.
  • Amalan-amalan yang Dianjurkan di Bulan Muharram
    Tips
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Bulan Muharram termasuk bulan yang dimuliakan Allah Taala. Dan Bulan Maharram tinggal beberapa hari lagi tepatnya pada 10 Agustus 2021, dimulainya 1 Muharram 1443 Hijriyah.
  • Dalil-dalil Keutamaan Amalan Bulan Muharram
    Tausyiah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:03 WIB
    Menyambut bulan Muharram atau awal tahun baru Islam, umat muslim dianjurkan menyambutnya dengan memperbanyak amal ibadah maupun amalan. Karena banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan amaliyah (amalan ibadah sunnah) pada bulan tersebut.
  • 4 Amalan Istimewa yang Dianjurkan di Bulan Muharram
    Tips
    Selasa, 25 Juli 2023 - 14:22 WIB
    Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam (Hijriyah) yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Selain itu, didalamnya juga ada amalan istimewa yang sangat dianjurkan.
  • Keutamaan dan Keistimewaan Puasa 10 Muharram
    Hikmah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 18:48 WIB
    Ada banyak keutamaan dan keistimewaan puasa 10 Muharram atau puasa Asyura yang perlu diketahui umat Islam. Apa yang membuat hari Asyura begitu istimewa dan apa saja keutamaannya?
  • Makna Syahrullah Serta Keutamaan Bulan Muharram Bagi Umat Muslim
    Tips
    Jum'at, 22 Juli 2022 - 14:51 WIB
    Makna Syahrullah berarti Bulan Allah, dan disematkan pada Bulan Muharram. Keutamaan bulan Muharram sendiri yakni salah satu dari empat bulan mulia (bulan haram) dalam Islam
  • Peristiwa Agung Para Nabi di Bulan Muharram yang Dikisahkan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 09:00 WIB
    Bulan Muharram ternyata menjadi saksi terjadinya beberapa peristiwa agung yang diabadikan dalam Al-Quran. Khususnya peristiwa para nabi yang Allah Taala ceritakan dalam Al-Quran ini. Peristiwa agung apa saja?
  • Jadwal Puasa Bulan Muharram dan Amalan Kebaikan di Dalamnya
    Tips
    Minggu, 31 Juli 2022 - 07:00 WIB
    Sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriyah bulan ini disebut oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sebagai Syahrullah (Bulan Allah). Karenanya, bulan ini memilki keutamaan yang sangat besar.
  • Pengunduran Bulan Haram Menambah Kekafiran, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 16:09 WIB
    Di antara bulan-bulan yang dua belas ada empat bulan yang ditetapkan sebagai bulan haram yaitu bulan Zulkaidah, Zulhijah, Muharam dan Rajab. Nah, pada bulan-bulan haram itu tidak dibolehkan berperang
  • Adakah Keutamaan Menikah di Bulan Dzulhijjah?
    Muslimah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 13:43 WIB
    Di masyarakat kita masih ada pemahaman bahwa ketika ingin melaksanakan pernikahan sebaiknya digelar pada bulan Dzulhijjah atau bulan yang dikenal dengan Lebaran Haji? Benarkah demikian dan adakah keutamaannya?
  • Mengenal 3 Macam Puasa Muharram dan Keutamaannya
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 12:15 WIB
    Bulan Muharram atau tahun baru 1445 Hijriyah akan segera kita masuki dan salah satu amalan yang dianjurkan adalah puasa sunnah . Setidaknya ada 3 jenis puasa sunnah yang bisa dilaksanakan di bulan Muharram (awal bulan di tahun baru Islam) ini.
  • Ini Alasan Muharam Dijadikan Bulan Pertama Kalender Hijriah
    Tausyiah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 18:34 WIB
    Banyak yang bertanya mengapa Muharam jadi bulan pertama dalam kalender Hijriah. Mengapa bukan Rabiul Awal yang merupakan bulan peristiwa Hijrah Nabi. Simak ulasan berikut.
  • Peristiwa Rabiul Awal: Hijrah Nabi Muhammad SAW Bukan di Bulan Muharram
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:56 WIB
    Lantaran tahun Hijriah diawali dengan bulan Muharram kemudian banyak pihak menganggap peristiwa hijrah Nabi Muhammad dan umat Islam juga terjadi pada bulan tersebut.
  • Dahsyatnya Keutamaan Sholawat di Bulan Ramadhan, Ini Fadilahnya
    Tausyiah
    Jum'at, 29 April 2022 - 07:45 WIB
    Pada hari-hari terakhir Ramadhan ini hendaknya kaum muslimin memperbanyak Sholawat kepada Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam. Berikut fadilahnya.
  • Minum Susu, Amalan yang Dianjurkan di Malam 1 Muharram
    Hikmah
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 20:36 WIB
    Banyak kebiasaan orang-orang saleh yang bisa ditiru karena fadhilah dan manfaatnya, termasuk amalan menjelang tahun baru Islam (hijriyah). Di antara amalannya itu, yakni meminum susu putih pada malam 1 Muharram.
  • 3 Keutamaan Bulan Muharam dan Beberapa Amalan yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 21:29 WIB
    Keutamaan Muharram sebagai bulan yang diagungkan Allah menarik untuk diketahui umat muslim. Saking mulianya bulan ini, Allah melipatgandakan pahala bagi orang yang beramal saleh.
  • Niat dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh
    Tips
    Kamis, 11 Agustus 2022 - 10:41 WIB
    Puasa ayyamul bidh adalah puasa sunnah yang jatuh setiap tanggal 13,14 dan 15 hijriah setiap bulannya. Puasa Ayyamul Bidh diartikan sebagai puasa pada 3 hari bulan bersinar terang, sehingga malam tampak bercahaya.
  • 7 Keutamaan Umrah di Bulan Ramadan, Nomor 1 Dapat Pahala Ibadah Haji
    Hikmah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 04:05 WIB
    Menunaikan Umrah di bulan suci Ramadan merupakan dambaan setiap muslim. Bukan tanpa alasan, umrah di bulan Ramadan memiliki keutamaan yang tidak didapat di bulan lainnya.
  • Keutamaan bulan Syaban, Salah Satunya adalah Bulan Diangkatnya Amalan Manusia
    Hikmah
    Senin, 12 Februari 2024 - 10:52 WIB
    Ada banyak keutamaan bulan Syaban, yaitu bulan sebagai pintu gerbang menyambut bulan suci Ramadan Dalam kalender Islam, Syaban merupakan bulan ke-8, satubulan sebelum bulan Ramadan.
  • Menghidupkan Zikir di Awal Bulan Zulhijah, Amalan untuk Meraih Keutamaan Bulan Haram
    Tips
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 10:02 WIB
    Keutamaan bulan Zulhijah disebutkan bahwa 10 hari pertamanya dijadikan salah satu media bersumpah oleh Allah Taala yang diabadikan dalam Surah Al-Fajr.