Topik Terkait: Maaf Memaafkan Sebagai Akhlak Mulia

  • Memaafkan, Akhlak Mulia yang Dapat Menghapus Dosa-dosa
    Muslimah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Bermusuhan adalah perbuatan yang sangat dilarang oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam untuk dilakukan kaum muslimin. Rasul menganjurkan untuk saling memaafkan. karena sikap ini bisa menghapus dosa-dosa.
  • Pemaaf, Salah Satu Sifat Mulia Nabi Muhammad SAW yang Jadi Cermin Akhlak Muslim
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:55 WIB
    Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam adalah manusia yang paling pemaaf dan berlapang dada. Pemaaf ini juga merupakan salah satu sifat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam
  • Pemaaf, Sifat Mulia yang Sangat Disukai Allah SWT
    Muslimah
    Senin, 24 April 2023 - 12:16 WIB
    Salah satu sifat mulia adalah pemaaf, bahkan ditegaskan di antara akhlak mulia kekasih Allah adalah, kala mereka bermuamalah dengan sesama manusia, mereka ridha dengan apa yang mereka terima.
  • Amalan Hebat di Malam Hari, Ustaz Yusuf Mansur Ingatkan tentang Keutamaan Memaafkan
    Dunia Islam
    Minggu, 19 Februari 2023 - 09:56 WIB
    Ustaz Yusuf Mansur mengingatkan amalan hebat malam hari dengan ganjaran Allah SWT berupa surga. Seperti dikutip dari akun Instagram Partai Perindo.
  • Sikap Memaafkan adalah Ibadah yang Agung
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 16:29 WIB
    Dalam Islam, sikap memaafkan ternyata merupakan ibadah yang agung. Memaafkan merupakan amalan penghuni surga dan pahalanya besar.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • 3 Keutamaan Sifat Memaafkan, Nomor 1 Lebih Mulia dari Akhlak Terpuji
    Tips
    Sabtu, 24 September 2022 - 17:23 WIB
    Sifat memaafkan orang lain banyak keutamaannya. Sebab memaafkan merupakan sifat terpuji dan bagian dari akhlak mulia yang telah diperintahkan oleh Allah Shubhanahu wa Taalla pada para nabi serta hamba -Nya.
  • Doa Agar Dikaruniai Akhlak Mulia yang Diajarkan Nabi
    Tausyiah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 21:42 WIB
    Tidak ada manusia yang dalam dirinya terkumpul kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Berikut doa agar dikaruniai akhlak mulia.
  • Inilah 4 Gelar Mulia untuk Muslimah yang Menjaga Kehormatannya
    Muslimah
    Senin, 14 November 2022 - 13:10 WIB
    Bagi seorang muslimah, menjaga kehormatan, kesucian dam rasa malu (kemaluan) adalah termasuk perkara yang paling penting untuk diperhatikan, yaitu dengan mengambil setiap sebab yang menghantarkan kepada penjagaan terhadap rasa malu tersebut.
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (4): Bulan Menempa Karakter dan Akhlak Mulia
    Tausyiah
    Kamis, 30 Maret 2023 - 00:21 WIB
    Di antara keberkahan Ramadan yang tidak kalah pentingnya adalah dipersiapkan sebagai bulan untuk menempa karakter kemanusiaan kita. Karakter yang dimaksud adalah akhlak mulia.
  • Akhlak dan Adab Seorang Muslimah yang Diberitahukan Al Quran dan Hadis
    Muslimah
    Selasa, 28 November 2023 - 10:15 WIB
    Akhlak dan adab merupakan salah satu hal penting, apalagi bagi seorang muslimah, dan semua akhlak yang baik untuk seorang muslimah sudah diberitahukan didalam Al Quran dan hadis
  • Inilah 5 Dasar Akhlak Mulia
    Muslimah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 13:14 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlak serta kondisi keilmuan pribadi masing-masing. Bukan hanya sekedar ilmu duniawi, lebih dari itu, yakni ilmu agama.
  • Mengenal 9 Wanita Mulia Yang Dijamin Masuk Surga
    Muslimah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 07:40 WIB
    Siapa saja wanita-wanita mulia yang patut dicontoh oleh muslimah zaman sekarang? Setidaknya, sejarah Islam pernah mencatat wanita-wanita mulia yang Allah jamin masuk surga
  • 5 Akhlak Dasar yang Wajib Dimiliki Seorang Muslim, Nomor 1 Sangat Gampang Dilakukan
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juni 2022 - 14:39 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlaknya. Akhlak yang baik seorang muslim harus mengejawantah dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa demikian? Akhlak dasar apa yang harus dimiliki setiap muslim ini?
  • Ringan Meminta Maaf, Kunci Menjaga Kepercayaan
    Muslimah
    Senin, 18 Januari 2021 - 06:59 WIB
    Tidak bisa dipungkiri bahwa kita adalah makhluk yang punya banyak kelemahan. Sering lupa dan berbuat salah. Maka dari itu mudahkanlah diri untuk meminta maaf ketika berbuat salah.
  • Mewujudkan Khaer Ummah: Pentingnya Wawasan Iqra dan Revolusi Akhlak
    Tausyiah
    Jum'at, 16 September 2022 - 23:18 WIB
    Poin ketiga ini yang saya simpulkan dalam kata-kata wawasan Iqra. Bahwa umat ini harus kembali menyadari urgensi iqra tidak saja dalam agama.
  • Akhlak Muslim Terbaik Selalu Tersenyum dan Berlapang Dada
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 05:15 WIB
    Seorang muslim disunahkan untuk senantiasa tersenyum, menjaga emosi dari marah, dan selalu berlapang dada, dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebaik-baiknya akhlak dan pribadi muslim ini.
  • Ingin Terhindar dari Perbuatan Zina? Jadikan Surah An-Nur Ayat 33-34 sebagai Doa
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 16:30 WIB
    Manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit. Ingin terhindar dari perbuaan zina? Maka bacalah Surat An-Nur ayat 33-34 setiap selesai mendirikan salat fardhu.
  • Mengenal 4 Wanita Mulia Pemimpin Bidadari Surga, Siapa Saja?
    Muslimah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 08:15 WIB
    Ada 4 wanita mulia yang berasal dari bumi yang akan menjadi pemimpin para bidadari surga kelak. Siapa saja wanita tersebut, dan apa saja kemuliaannya?
  • Ngerinya Perasaan Dendam, Dapat Menghancurkan Pikiran dan Akhlak
    Muslimah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 18:49 WIB
    Makin besar dendam, maka seseorang akan semaksimal mungkin mencari cara untuk mencemarkan dan mencelakakan orang lain. Dicari sedemikian rupa cara agar orang yang membuat kecewa itu bisa merasakan hal serupa.
  • Ketika Musibah Datang sebagai Peringatan
    Muslimah
    Senin, 14 Desember 2020 - 06:35 WIB
    Musibah menjadi peringatan bagi orang-orang yang meyakini Allah sebagai Rabb-nya, akan tetapi keyakinannya tidaklah kuat. Lisannya berikrar syahadatain, tubuhnya menjalankan salat, tetapi hatinya mudah sekali goyah dan terbawa godaan syaitan.