Topik Terkait: Menikah Di Bulan Suro

  • Benarkah Muharam Bulan Terlarang untuk Menikah?
    Muslimah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 12:23 WIB
    Bagi sebagian kalangan terutama masyarakat di Pulau Jawa, menikah di bulan Muharam ternyata sangat ditabukan atau dilarang, terutama di bulan Suro atau hari Asyura (hari ke-10 bulan Muharram). Benarkah demikian?
  • Bulan yang Baik untuk Menikah Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 09:06 WIB
    Adakah bulan yang baik untuk menikah menurut Islam? Dan ternyata, dalam Islam tidak ada ketentuan dan tidak mengenal bulan baik atau bulan buruk dalam urusan pernikahan
  • Benarkah Menikah di Bulan Muharram atau Suro Dilarang?
    Muslimah
    Senin, 01 Agustus 2022 - 16:25 WIB
    Di kalangan masyarakat Jawa masih ada anggapan bahwa menikah di Bulan Suro atau Asyura (hari ke-10 bulan Muharram) adalah hal terlarang untuk menggelar hajatan. Benarkah demikian?
  • Benarkah Menikah di Bulan Muharram Dilarang dalam Islam?
    Muslimah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 15:32 WIB
    Menikah di bulan Muharram bagi sebagian kalangan terutama masyarakat di Pulau Jawa sangat ditabukan atau dilarang, terutama di bulan Suro atau hari Asyura (hari ke-10 bulan Muharram). Benarkah demikian?
  • Doa Malam 1 Suro, Lengkap dengan Arab dan Artinya
    Tips
    Senin, 17 Juli 2023 - 15:15 WIB
    Doa malam 1 Suro ini banyak mengandung permohonan ampun terkait dosa yang telah dilakukan setiap muslim selama setahun ke belakang dan juga meminta perlindungan dari godaan setan untuk setahun kedepan.
  • Menikah di Bulan Suro, Benarkah Dilarang Atau Hanya Mitos?
    Hikmah
    Selasa, 30 November 2021 - 23:25 WIB
    Menikah di Bulan Suro bagi sebagian masyarakat Indonesia khususnya Jawa merupakan hal terlarang untuk menggelar hajatan. Benarkah dilarang atau hanya mitos?
  • Keutamaan Menikah di Bulan Syawal, Salah Satunya Mengikuti Sunnah Rasulullah
    Tips
    Kamis, 27 April 2023 - 05:10 WIB
    Keutamaan menikah di bulan Syawal perlu diketahui kaum muslim terutama bagi yang ingin melangsungkan pernikahan. Salah satunya mengikuti sunnah Rasulullah SAW.
  • Bolehkah Menikah di Bulan Dzulhijjah? Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 Juli 2022 - 09:33 WIB
    Bolehkah menikah di bulan Dzulhijjah? Pertanyaan ini masih banyak terjadi di kalangan umat, sehubungan keistimewaan bulan haji yang dianggap bulan baik untuk pernikahan.
  • Hukum Menikah di Bulan Syawal antara Mitos Jahiliyah dan Sunah Rasul
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 20:05 WIB
    Pada zaman jahiliyah, orang-orang Arab menghindari menikah di bulan Syawal. Mereka menganggap Syawal sebagai bulan yang kurang baik. Mempelai bisa-bisa akan mengalami kesulitan.
  • Ini Alasan Menikah di Bulan Syawal Disunnahkan
    Tausyiah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 21:57 WIB
    Banyak di antara umat muslim memilih melangsungkan pernikahan di bulan Syawal. Apa sebenarnya alasan menikah di bulan Syawal disunnahkan?
  • Bagaimana Hukum Menikah di Tanah Suci? Begini Penjelasan Hadis
    Hikmah
    Senin, 12 Februari 2024 - 09:57 WIB
    Bagaimana hukum menikah di Tanah Suci? Pertanyaan ini muncul menyusul pihak otoritas Arab Saudi yang memperbolehkan akad nikah dilakukan di 2 kota suci Makkah dan Madinah tersebut.
  • Ini 3 Keutamaan dan Keistimewaan Menikah di Bulan Rajab
    Muslimah
    Kamis, 03 Februari 2022 - 07:35 WIB
    Bulan Rajab merupakan bulan istimewa dan memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Salah satu keutamaannya, bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun ibadah sunnah lainya
  • Benarkah Dzulhijjah Bulan untuk Menikah? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 11:08 WIB
    Di masyarakat kita masih ada pemahaman bahwa ketika ingin melaksanakan pernikahan sebaiknya digelar pada bulan Dzulhijjah atau bulan yang dikenal dengan Lebaran Haji? Benarkah demikian dan adakah keutamaannya?
  • Kalender Jawa Islam: Perbedaan 1 Muharram dan 1 Suro
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 17:22 WIB
    Sejatinya, tidak ada perbedaan antara 1 Muharram dan 1 Suro. Sistem penanggalan Jawa dan Kalender Hijriah ini sama-sama mengacu pada Qamariah. Hanya tahunnya dan penamaan bulan saja yang berbeda.
  • Bulan Syawal Musim Kawin, Berikut Doa Pengantin Baru
    Tips
    Rabu, 11 Mei 2022 - 17:57 WIB
    Banyak di antara umat muslim memilih menikah di bulan Syawal untuk mengikuti sunnah Rasulullah yang berumah tangga dengan Sayyidah Aisyah pada bulan Syawal.
  • Indahnya Berbagi, Ini Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 03:00 WIB
    Bersedekah di bulan Ramadan memiliki keutamaan luar biasa. Inilah kesempatan terbaik menuai banyak pahala dan ampunan Allah yang Maha luas.
  • Dalil-dalil Keutamaan Amalan Bulan Muharram
    Tausyiah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:03 WIB
    Menyambut bulan Muharram atau awal tahun baru Islam, umat muslim dianjurkan menyambutnya dengan memperbanyak amal ibadah maupun amalan. Karena banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan amaliyah (amalan ibadah sunnah) pada bulan tersebut.
  • Benarkah Rajab Bulan Istimewa untuk Menikah?
    Muslimah
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 17:04 WIB
    Salah satu keutamaan bulan Rajab, bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun ibadah sunnah lainya. Benarkah demikian?
  • Jangan Menunda Menikah Agar Rezeki Lancar
    Muslimah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 18:41 WIB
    Ingin rezeki lancar? Jangan menunda menikah. Kok bisa, kenapa? Karena sesungguhnya pernikahan adalah kenikmatan yang besar yang Allah anugerahkan kepada hamba-hamba-Nya baik laki-laki maupun perempuan.
  • 15 Peristiwa Penting Bulan Rajab: Isra Miraj hingga Runtuhnya Turki Utsmani
    Dunia Islam
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Peristiwa penting bulan Rajab perlu diketahui kaum muslim untuk menambah khazanah pengetahuan kita. Tak hanya Isra Miraj dan perubahan kiblat, ada banyak peristiwa penting lainnya.