Topik Terkait: Nabi Hud (halaman 2)

  • Nama Nabi Isa dalam Beberapa Bahasa dan Ciri-cirinya
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Desember 2022 - 23:09 WIB
    Nama Nabi Isa alaihissalam dalam beberapa bahasa menarik untuk diketahui. Dalam perspektif Islam, Nabi Isa merupakan seorang Rasul Allah yang diutus untuk Bani Israil.
  • 9 Pembeda Nabi Muhammad SAW Dibanding Nabi-Nabi Lain
    Tausyiah
    Rabu, 03 Januari 2024 - 14:18 WIB
    Imam Chirri menyebut 9 pembeda antara Nabi Muhammad SAW dengan nabi-nabi lain. Hal ini disampaikan saat menjawab pertanyaan Prof Wilson tentang bagaimana kedudukan Muhammad di antara nabi-nabi.
  • Inilah Kemuliaan Wajah Rasulullah dan Ketampanan Nabi Yusuf
    Hikmah
    Senin, 06 Januari 2020 - 16:21 WIB
    Nabi Muhammad SAW dan Nabi Yusuf AS, keduanya memiliki keistimewaan yang masyhur. Namun, Nabi Muhammad memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Nabi Yusuf.
  • Kisah Nabi Ibrahim Dapat Bocoran Perihal Azab Negeri Kaum Luth
    Hikmah
    Rabu, 29 Desember 2021 - 16:33 WIB
    Jauh sebelum Allah SWT menurunkan azab kepada penduduk di lima kota: Sabah, Sarah, Amarah, Duma, dan Sodom, ternyata Nabi Ibrahim telah mendapatkan bocoran info tersebut.
  • Perayaan Maulid Nabi Ajang Silaturahmi dan Inklusivitas
    Dunia Islam
    Kamis, 28 September 2023 - 13:54 WIB
    Nilai utama dari perayaan atau peringatan Maulid Nabi adalah mempererat silaturahmi antara satu dengan yang lain, terutama bagi saudara sesama muslim.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Beda Pendapat Tentang Nabi Ilyas Adalah Nabi Idris
    Hikmah
    Kamis, 03 Juni 2021 - 19:20 WIB
    PARA ulama berbeda pendapat mengenai siapa sebenarnya yang dimaksud dengan Ilyas. Setidaknya ada dua pendapat : Pendapat pertama mengatakan beliau adalah Idris.
  • Samson, Nabi Tanpa Pengikut yang Membawa Pedang di Padang Mahsyar
    Hikmah
    Jum'at, 05 November 2021 - 14:16 WIB
    Samson adalah Nabi tanpa pengikut yang membawa pedang di padang Mahsyar. Orang Ibrani menyebutnya Simson. Sedangkan orang Arab Samun. Nama ini diinggriskan menjadi Samson.
  • Surat al-Qashash Ayat 23-28: Kisah Pertemuan Nabi Musa dengan Nabi Syu’aib
    Hikmah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 15:35 WIB
    Surah al-Qashash ayat 1-50 berisi kisah tentang Nabi Musa mulai dari dilahirkan hingga perlawanannya terhadap Firaun. Pada ayat 23 28 berisi pertemuan Nabi Musa dan Nabi Syuaib.
  • Kehidupan Nabi Sebelum Menikah
    Hikmah
    Rabu, 30 Mei 2018 - 09:30 WIB
    Di masa mudanya, Nabi Muhammad SAW tidak memiliki pekerjaan tetap. Namun banyak riwayat menyebutkan bahwa beliau bekerja sebagai penggembala kambing di perkampungan Bani Sa&rsquoad.
  • Doa Nabi Musa saat Kelelahan dan Kelaparan
    Tips
    Jum'at, 29 September 2023 - 16:20 WIB
    Pada saat itu, Musa bernaung di bawah sebatang pohon sambil merasakan lapar dan haus karena sudah beberapa hari tidak makan kecuali daun-daunan. Selanjutnya Musa berdoa:
  • Cak Nur: Nabi Ibrahim, Musa dan Isa Adalah Tokoh Muslim
    Tausyiah
    Selasa, 31 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Cak Nur mengatakan bahwa Nabi Ibrahim, dan demikian pula dengan semua Nabi, termasuk Musa dan Isa semuanya adalah tokoh-tokoh yang muslim dan mengajarkan islam.
  • Fenomenalnya Nabi Musa, Salah Satunya Perjumpaan dengan Nabi Khidir
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 11:10 WIB
    Peristiwa perjumpaan antara Nabi Musa dan Nabi Khidir, kata Khatib, menjadi sangat fenomenal karena keduanya dinilai mewakili dua kutub: ilmu zahir dan ilmu batin.
  • 8 Doa Nabi Musa dalam Al-Quran Lengkap dengan Kisahnya
    Hikmah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 23:59 WIB
    Nabi Musa alaihissalam adalah satu di antara lima Rasul yang mendapat gelar Ulul Azmi (golongan Rasul pilihan karena ketabahannya). Berikut 8 doanya diabadikan dalam Al-Quran.
  • Pandangan Para Mufasir Tentang Pengangkatan Nabi Isa ke Langit
    Hikmah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 22:57 WIB
    Ibnu Abbas dalam tafsirnya punya pandangan berbeda dari kebanyakan pengetahuan kaum muslimin bahwa Nabi Isa dikhianati muridnya bernama Judas atau lebih dikenal Judas Iscariot.
  • 5 Perkara: Tugas Nabi Yahya untuk Disampaikan kepada Bani Israil
    Hikmah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 14:58 WIB
    Nabi Yahya as diutus Allah SWT untuk Bani Israil dengan misi utama menyampaikan lima perkara. Lima perkara itu antara lain tidak berbuat syirik, mengerjakan sholat, dan berpuasa.
  • 12 Peristiwa Dahsyat yang Mengiringi Kelahiran Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 18:03 WIB
    Kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau 22 April 571 M merupakan peristiwa agung yang termasuk karunia besar bagi umat manusia.
  • Sayyidah Ummu Salamah, Istri Nabi Nan Rupawan dan Berumur Panjang
    Hikmah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 03:22 WIB
    Ummu Salamah adalah istri Nabi yang terakhir kali meninggal dunia. Ia diberkahi umur panjang dan mengetahui pembunuhan Hussein bin Ali, sehingga membuatnya pingsan.
  • 12 Nabi yang Diutus untuk Kaum Bani Israil
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:21 WIB
    Ada 12 nabi yang diutus untuk kaum Bani Israil. Mereka diutus Allah Subhanahu wa taala dengan tujuan berdakwah dan menyeru manusia kembali ke jalan yang lurus.
  • Kisah Nabi Musa Menampar Wajah Malaikat Maut
    Hikmah
    Kamis, 05 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Syeikh Umar Sulaiman Al-Asyqor (Guru Besar Universitas Islam Yordania) mengulas kisah Nabi Musa menampar wajah Malaikat Maut yang berwujud manusia dalam kitabnya.
  • Selamat Memperingati Maulid Nabi, Ini Bukti Kelahiran Rasulullah Disertai Cahaya
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 11:03 WIB
    Malam itu tidak seperti malam biasanya. Di Arasy, para Malaikat bergemuruh melafazkan dzikir memuji keagungan Allah. Malam yang gelap gulita berubah menjadi malam terang bertabur keberkahan.