Topik Terkait: Nafsu Manusia (halaman 2)

  • Memaknai Keberkahan Ramadan (20): Puasa Melatih Diri Mengendalikan Hawa Nafsu
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 23:03 WIB
    Puasa bukan sekadar menahan makan, minum dan kenyamanan duniawi lainnya. Esensi menahan atau imsak justeru ada pada menahan dorongan hawa nafsu dalam diri manusia.
  • Usia 40 Tahun, Umur yang Rawan Bagi Manusia, Begini Penjelasannya?
    Muslimah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 08:52 WIB
    Setiap muslim di usia 40 tahun, harus mulai sibuk menjalani hidupnya dengan ibadah, amal shalih, menuntut ilmu, menjaga perilaku, menjaga syahwat, dan meninggalkan ketamakan pada dunia.
  • Inilah Nestapa Manusia di Padang Mahsyar
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 14:01 WIB
    Seluruh manusia kelak di hari kiamat, akan digiring ke Padang Mahsyar dengan berbagai kondisi yang berbeda sesuai dengan amalnya. Inilah gambaran nestapa manusia di padang mahsyar itu.
  • Keistimewaan Manusia dari Malaikat, Berikut Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Minggu, 19 Juni 2022 - 21:41 WIB
    Manusia dipilih oleh Allah sebagai khalifah di muka bumi karena memiliki keistimewaan dari seluruh makhluk-Nya termasuk Malaikat. Berikut penjelasan Al-Quran dan Sains.
  • Enam Jenis Bisikan Setan yang Merasuki Manusia
    Muslimah
    Selasa, 17 November 2020 - 18:28 WIB
    Salah satu jalan jin merasuki tubuh manusia adalah melalui bisikan. Yakni penguasaan setan atas diri manusia dengan membuatnya tidak sadar. Misalnya sering menghayal, berandai-andai atau memikirkan sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat sama sekali.
  • Golongan Sebaik-baik Manusia, Nomor 6 Sering Diabaikan
    Tausyiah
    Senin, 10 Januari 2022 - 22:33 WIB
    Siapakah sebaik-baik manusia di muka bumi? Berikut kami rangkum 10 golongan sebaik-baik manusia menurut Hadis Shahih. Semoga kita termasuk di dalamnya.
  • Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360
    Hikmah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 05:07 WIB
    Pengetahun Nabi Muhammad yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360 sangat menakjubkan. Para ilmuwan pun kaget dengan kebenaran Hadis Nabi tersebut.
  • Waspada dengan Jin Si Penguntit Manusia Ini!
    Muslimah
    Rabu, 19 Mei 2021 - 17:14 WIB
    Tahukah Anda, jika kemana pun kita pergi dan beraktivitas, ada jin yang selalu bersama kita? Satu jin, satu manusia lho!. Jin ini selalu menggoda manusia yang diikutinya agar selalu berbuat kejelekan dan dosa.
  • Jaga Pandangan untuk Ketenangan Hati
    Muslimah
    Selasa, 10 November 2020 - 07:01 WIB
    Untuk menuju kondisi nafsu mutmainah, seorang muslimah harus bisa menjaga lisan serta menjaga pandangan. Menjaga pandangan bagi perempuan bukan hanya menjaga matanya, namun juga menjaga dirinya dari pandangan orang-orang yang bukan haknya
  • Mengenal Jin Qorin dan Eksistensinya dalam Menggoda Manusia
    Tips
    Minggu, 13 Februari 2022 - 10:55 WIB
    Jin Qorin adalah jin penguntit manusia yang berasal dari kalangan setan. Dia selalu eksis kemana pun kita pergi dan beraktivitas. Satu jin qorin akan selalu bersama satu orang manusia, dan tugasnya adalah menggoda manusia
  • 5 Sifat Manusia yang Membuat Harta Menjadi Tercela
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:23 WIB
    Al-Quran memandang harta sebagai sarana bagi manusia untuk mendekatkan diri kepada Khaliq-Nya, bukan tujuan utama yang dicari dalam kehidupan. Namun, ada sifat manusia yang justru menjadi celaan terhadap harta itu sendiri.
  • Setan Tertawa Terbahak-bahak Ketika Manusia Berperilaku Seperti Ini
    Muslimah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 08:49 WIB
    Ternyata setan selalu memperhatikan perilaku manusia. Bahkan, setan akan tertawa terbahak-bahak bila melihat manusia tengah menguap. Kok bisa? Kenapa dan apa alasannya?
  • Hikmah Lapar dan Mendidik Nafsu saat Puasa
    Tausiyah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 16:48 WIB
    Betapa agungnya ibadah puasa hingga Allah Ta&rsquoala berfiman dalam satu hadits Qudsi yang diriwayatkan langsung oleh Nabi Muhammad shallallallahu alaihi wa salam (SAW).
  • Ini 20 Malaikat yang Menyertai Manusia dan Tugasnya
    Hikmah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 18:34 WIB
    Meyakini keberadaan Malaikat merupakan salah satu rukun Iman. Berapa jumlah para Malaikat yang menyertai manusia? Berikut penjelasannya.
  • Memahami Makna Manusia Pengemban Tugas Kekhalifahan
    Tausyiah
    Kamis, 20 April 2023 - 04:00 WIB
    Tugas kekhalifahan yang diemban itu hanya bersifat perantara, tidak mencapai tingkat sang pemberi wewenang. Juga tidak sampai merendah hingga pada tingkatan seseorang yang tidak mempunyai kewenangan.
  • Istiqamah Bertawakkal, Allah Janjikan Rezeki
    Muslimah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 19:26 WIB
    Sikap tawakkal sangat disukai Allah Subhanahu wa taala. Dengan bertawakkal kepada Allah setiap perbuatan akan diridhai-Nya, bahkan Allah Taala akan memberikan rezeki
  • Fenomena Fitnah Akhir Zaman, Nafsu dan Syahwat Mendominasi
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 16:39 WIB
    Dunia sudah menghadapi akhir zaman, yang tanda-tandanya sudah mulai bermunculan. Salah satu ciri akhir zaman ini adalah kemunculan keburukan dan fitnah yang sangat mengerikan.
  • Iman Manusia Naik Turun, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah
    Tips
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 17:57 WIB
    Bila Anda tiba-tiba merasa lemah iman itu adalah hal yang wajar, tetapi jangan dibiarkan berlarut. Berikut doa yang diajarakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
  • 3 Sumber Keburukan Manusia yang Disebutkan Dalam Al-Quran
    Tips
    Rabu, 15 Desember 2021 - 08:20 WIB
    Syaikul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Tazkiyatun Nafs menyatakan bahwa sumber keburukan manusia itu adalah kelalaian, hawa nafsu (syahwat), kezaliman dan kebodohan.
  • Belajar dari Thalut, Raja Beriman yang Berhasil Menundukkan Nafsu
    Hikmah
    Senin, 18 Mei 2020 - 20:19 WIB
    Thalut adalah seorang raja beriman pemimpin Bani Israel pada masa Nabi Daud alaihissalam masih remaja. Ada pelajaran berharga dari kisah Raja Thalut melawan Jalut yang zalim.