Topik Terkait: Perang Al Qadisiyah (halaman 487)

  • Ini Mengapa Eksodus...
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 10:40 WIB
    Setelah lepas dari kejaran Firaun, Bani Israil eksodus dari Mesir ke Palisttina. Eksodus Bani Israil memerlukan waktu yang cukup panjang sampai mereka secara resmi tinggal di Palestina.
  • Mendoakan Anak agar...
    Tips
    Sabtu, 04 November 2023 - 10:00 WIB
    Setiap orang tua berharap anak-anaknya bisa hidup berkah dan kaya raya. Untuk itu, ada doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, untuk anak-anak kita agar kaya dan hidupnya barokah
  • Inilah Hadis yang Sangat...
    Dunia Islam
    Minggu, 05 November 2023 - 05:10 WIB
    Ada satu Hadis Nabi yang sangat ditakuti kaum Yahudi terjadi di akhir zaman nanti. Ketakutan kaum Yahudi ini menjadi fakta bahwa mereka sebenarnya mengakui kebenaran Hadis Nabi SAW.
  • Bolehkah Aqiqah Selain...
    Tausyiah
    Senin, 06 November 2023 - 16:24 WIB
    Bolehkah Aqiqah selain kambing? Seperti diketahui, semua ulama sepakat bahwa hewan yang boleh digunakan untuk mengaqiqahi anak yang lahir adalah kambing atau domba.
  • Kiamat Sudah Dekat,...
    Tips
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 12:30 WIB
    Kehidupan manusia saat ini sudah mendekati akhir zaman, dan sebagai umat muslim kita meyakini kiamat sebagai salah satu rukun iman yang ke-lima yang pasti akan terjadi.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Ini Mengapa Tidak Semua...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Oktober 2023 - 19:58 WIB
    Tidak semua bangsa Yahudi mendukung gerakan Zionis yang mencita-citakan berdirinya negeri Yahudi di Palestina. Mereka yang kini kejam terhadap bangsa Palestina itu berasal dari Yahudi Askhemazim.
  • Perjanjian Lama Tradisi...
    Hikmah
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 16:56 WIB
    Sebelum tersusun menjadi kumpulan pasal-pasal, Perjanjian Lama merupakan tradisi rakyat yang tidak mempunyai sandaran, kecuali dalam ingatan manusia.
  • Inilah Cara Terbaik...
    Muslimah
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 10:39 WIB
    Ada cara bersedekah yang terbaik bagi kaum muslimah. Seperti apakah sedekahnya kaum Hawa ini? Dalam Islam, dorongan bersedekah berlaku untuk semua muslim, terutama kaum wanita.
  • Allah Taala Memberikan...
    Hikmah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 10:25 WIB
    Umat Islam meyakini bahwa Allah SWT telah memberikan negeri Palestina kepada Bani Israel dalam jangka waktu tertentu ketika mereka berada pada jalan yang lurus sesuai dengan perintah Allah.
  • Kisah Leluhur Bani Israel:...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Oktober 2023 - 06:15 WIB
    Yaqub memiliki saudara kembar bernama Ishu. Kedua saudara kembar ini saling bersaing dan bersengketa. Konflik tersebut membuat kalut keluarga Nabi Ishaq.
  • 7 Keindahan dan Keunikan...
    Dunia Islam
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 00:43 WIB
    Hagia Sophia adalah situs warisan dunia yang megah di Istanbul, Turki. Bangunan itu adalah salah satu tujuan wisata yang paling mengesankan dan bersejarah di dunia.
  • Puasa Daud dan 10 Keutamaannya...
    Tips
    Rabu, 01 November 2023 - 17:13 WIB
    Puasa Daud dapat diartikan sebagai puasa sunnah yang dikerjakan dengan cara sehari puasa, kemudian sehari berbuka. Sesuai namanya puasa ini adalah puasa yang rutin dilakukan Nabi Daud alaihissalam.
  • Lirik Sholawat Busyrolana...
    Tips
    Kamis, 02 November 2023 - 17:13 WIB
    Sholawat Busyrolana merupakan syair berisi pujian-pujian kepada Nabi Muhammad ? dan ungkapan kebahagiaan karena bisa berziarah ke makam beliau di Madinah.
  • Menyiapkan Generasi...
    Muslimah
    Senin, 06 November 2023 - 12:15 WIB
    Dalam kondisi di era akhir zaman ini, membela Islam adalah kewajiban setiap muslim. Sebagai orang tua, kita wajib membina dan menyiapkan anak-anak kita menjadi pembela Islam tepercaya.
  • Mengapa Hari Sabtu Terlarang...
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 16:08 WIB
    Meski ada 7 nama hari, namun di dalam dasar hukum islam Al-Quranul Karim hanya ada 2 hari yang disebut, yaitu hari Jumat dan hari Sabtu. Kenapa demikian dan apa alasannya?
  • Mengapa Allah Tidak...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Oktober 2023 - 05:10 WIB
    Mengapa Allah tidak membinasakan Zionis Israel? Pertanyaan ini sering terlontar menyusul invasi militer Israel ke wilayah Palestina yang sudah melampaui batas.
  • Suka Ikut Kajian? Ini...
    Muslimah
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 12:20 WIB
    Belajar dan terus menuntut ilmu merupakan salah satu yang dianjurkan untuk kaum muslimah. Karena kaum muslimah juga mempunyai peran dan tanggung jawab tersendiri dalam kehidupan ini.
  • Ini Mengapa Ibnu Katsir...
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 15:20 WIB
    Ibnu Katsir tidak sekadar memasukkan riwayat-riwayat tersebut tanpa seleksi terlebih dahulu. Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir melakukan penilaian kritis terhadap sebagian besar riwayat Israiliyyat yang ada.
  • Doa Setelah Membaca...
    Tips
    Senin, 23 Oktober 2023 - 15:45 WIB
    Doa setelah membaca surat Yasin untuk orang meninggal berikut ini dinukil dari buku Kedahsyatan Membaca Al Quran yang ditulis oleh Amirulloh Syarbini, Sumantri Jamhari dan Randi Renggana.
  • Palestina Tanah Para...
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 14:31 WIB
    Palestina adalah kota suci berdasarkan nash al Quran al Karim. Selain itu wilayah tersebut adalah tanah para nabi. Rasul yang pernah tinggal di Palestina antara lain Nabi Ibrahim.