Topik Terkait: Sapi Kurban (halaman 2)

  • Berikut Dalil Hukum...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 04:33 WIB
    Salah satu pendapat yang menonjol adalah sunnah atau sunnah muakkad bagi yang mampu. Maknanya bukan wajib bagi yang mampu. Mereka yang berpendapat demikian berpijak pada beberapa hadis.
  • Jenis-jenis Hewan Kurban,...
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 10:23 WIB
    Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak jenis hewan kurban yang biasa dikonsumsi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua hewan ternak bisa menjadi hewan kurban.
  • Bolehkah Membagikan...
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:10 WIB
    Bagaimana hukumnya membagikan daging kurban yang sudah matang? Sah atau tidak? Pertanyaan ini seringkali muncul dalam pembagian daging kurban Iduladha.
  • Apa Bacaan Sebelum Menyembelih...
    Tips
    Jum'at, 14 Juni 2024 - 13:45 WIB
    Apa bacaan doa sebelum menyembelih hewan kurban? Pertanyaan ini sangat penting dan wajib dicari tahu agar ibadah kurban yang dilakukan sesuai ketentuan syariat dan mendapat ganjaran pahala.
  • Khutbah Idul Adha: Kurban...
    Tausyiah
    Kamis, 30 Juli 2020 - 13:34 WIB
    Zakat fitrah yang mengiringi Idul Fitri dan kurban yang mengiringi Idul Adha adalah bukti bahwa Islam menggariskan agar hari raya melahirkan kegembiraan bersama.
  • Pahala Kurban : Sebanyak...
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 18:30 WIB
    Pahala berkurban di antaranya adalah mendapatkan pahala sebanyak bulu hewan yang dikurbankan. Oleh karena itu, menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha dan hari-hari tasyriq merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.
  • Lahirnya 5 Ekor Sapi...
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 September 2022 - 08:01 WIB
    Lahirnya 5 ekor sapi merah sempurna pertanda Kiamat sudah dekat adalah kepercayaan kaum Yahudi dan Nasrani, bukan ajaran Islam. Sapi merah juga tidak terkait dengan Surat Al-Baqarah.
  • Mana Lebih Baik Kurban...
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 15:07 WIB
    Mana lebih baik atau lebih afdhol berkurban dengan hewan jantan atau betina? Berikut jawaban Mazhab Syafii dinukil dari Kitab Al-Majmu Syarh Al-Muhadzdzab
  • Begini Perbedaan Ibadah...
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 20:01 WIB
    Perbedaan ibadah aqiqah dan kurban masih sering dipertanyakan . Ini tak lepas dari hewan yang dikurbankan, namun keduanya sangat jelas memiliki perbedaan yang tak bisa disamakan.
  • Israiliyyat yang Disampaikan...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 06:00 WIB
    Ibnu Katsir menjelaskan bahwa riwayat dari Qatadah merupakan riwayat israiliyat yang dikategorikan dapat dinukil namun tidak boleh dibenarkan dan tidak boleh didustakan.
  • 8 Kesalahan dalam Ibadah...
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 12:55 WIB
    Hari Raya Iduladha identik dengan ibadah kurban. Bagi umat Muslim yang berniat untuk mendapat limpahan pahala, bisa segera berkurban di momen tersebut.
  • Hukum Menjual Sesuatu...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 17:31 WIB
    Jumhur ulama mengatakan tidak boleh. Abu Hanifah mengatakan boleh menjualnya dengan selain dinar dan dirham. Yakni (ditukar) dengan barang-barang.
  • Bolehkah Kurban dengan...
    Tips
    Senin, 06 Juni 2022 - 23:25 WIB
    Bolehkah kurban dengan kambing betina? Mana lebih baik, berkurban dengan hewan jantan atau betina? Pertanyaan ini sering muncul menjelang Hari Raya Idul Adha.
  • Hukum Kurban Tapi Belum...
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:20 WIB
    Bagaimana hukum kurban tapi belum melaksanakan aqiqah, manakah yang harus didahulukan menurut syariat? Pertanyaan semacam ini, masih banyak terjadi di masyarakat.
  • Mengenal Mazhab Zhahiri,...
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 22:40 WIB
    Empat mazhab populer Hanafi, Maliki, Syafii dan Hanbali telah sepakat hewan kurban adalah unta, sapi, kambing. Namun, bagi Mazhab Zhahiri, ayam boleh dijadikan sebagai kurban.
  • 2 Hikmah Ibadah Kurban,...
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juni 2024 - 09:15 WIB
    Mencontoh Nabi Ibrahim yang diperintahkan agar menyembelih buah hatinya, lalu ia meyakini kebenaran mimpinya maka Allah menggantikannya dengan sembelihan yang besar.
  • Perempuan Boleh Menyembelih...
    Tips
    Jum'at, 14 Juni 2024 - 16:09 WIB
    Ibnu Qudamah berkata dalam kitab al-Mughni, Ibnul Mundzir berkata, Semua ulama -yang telah aku hafal- sepakat membolehkan sembelihan oleh wanita dan anak-anak.
  • Apakah Kurban Wajib...
    Tips
    Selasa, 21 Juni 2022 - 07:17 WIB
    Apakah kurban wajib atau sunnah? Jumhur ulama berpendapat bahwa ibadah kurban itu hukumnya sunat muakkad. Maknanya, tidak wajib tetapi makruh meninggalkannya bagi mereka yang mampu.
  • Idul Adha, Kurban, dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:15 WIB
    Baik pada ibadah haji maupun Idul Adha, sosok Ibrahim AS menjadi figur sentral. Hampir semua amalan yang ada pada dua bentuk ritual Islam itu terkait dengan sejarah hidup nabi Ibrahim AS.
  • Memilih Hewan Kurban...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 16:02 WIB
    Rasulullah SAW memilih hewan kurban yang sehat, tidak cacat. Beliau melarang untuk berkurban dengan hewan yang terpotong telinganya atau patah tanduknya.