Pahala Kurban : Sebanyak Bulu Hewan yang Dikurbankan

Rabu, 06 Juli 2022 - 18:30 WIB
loading...
Pahala Kurban : Sebanyak Bulu Hewan yang Dikurbankan
Pahala kurban ini sangat luar biasa yang diberikan Allah kepada hambaNya karena ibadah kurban merupakan wujud syukur kepada Allah sekaligus menghidupkan syariat Nabi Ibrahim alaihissalam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Pahala berkurban di antaranya adalah mendapatkan pahala sebanyak bulu hewan yang dikurbankan. Oleh karena itu, menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha dan hari-hari tasyriq merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Ada hadis Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah “Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan”.



Dengan pahala dan keutamaan yang sebanyak itu, kurban akan menjadi motivasi bagi setiap Muslim untuk menyembelih hewan kurban pada setiap Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, hewan yang disembelih ini disebut juga udhhiyyah (hewan kurban). Yakni hewan yang disembelih oleh seseorang dalam rangka beribadah kepada Allah Azza wa Jalla pada hari raya Idul ‘Adha dan tiga hari setelahnya. Ibadah ini termasuk di antara ibadah-ibadah yang paling afdhal (terbaik).

Allah Azza wa Jalla menyebutkannya beriringan setelah perintah shalat dalam firman-Nya :

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ


"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berkorbanlah.' (QS Al-Kautsar : 1-2)

Rasulullah menegaskan, ibadah kurban menjadi amalan yang paling dicintai Allah di hari raya Idul Adha :

“Tidak ada amalan anak Adam pada Hari Kurban yang lebih dicintai Allah ketimbang berkurban.Hewan kurban itu akan datang pada Hari Kiamat dengan tanduk, kuku dan rambutnya.(HR Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Lalu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda :

“Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah (hewan kurban), sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang degan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.”(HR Ibnu Majah dan Al-Hakim).

Pahala kurban ini sangat luar biasa yang diberikan Allah kepada hambaNya karena ibadah kurban merupakan wujud syukur kepada Allah sekaligus menghidupkan syariat Nabi Ibrahim alaihissalam yang kemudiannya disyariatkan kepada Nabi Muhammad Shallalahu'alaihi wa sallam.



Wallahu'alam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)